Rini Soemarno Resmikan Unpad-BCE Untuk Tingkatkan Daya Saing BUMN dan Komersialiasi Hasil Riset

0
560
unpad bce

Rini Soemarno Resmikan Unpad-BCE Untuk Tingkatkan Daya Saing BUMN dan Komersialiasi Hasil Riset. Peluncuran Universitas Padjadjaran (Unpad)-BUMN Center of Excellent (BCE) ini digelar pada Senin, 9 Mei 2016 di Hotel Borobudur Jakarta pada acara Seminar Pentahelix yang mengangkat tema “Stimulasi dan Pengaturan Over The Top (OTT) untuk Kemajuan Industri Telematika”

Dikutip dari laman Unpad, Pentahelix merupakan kolaborasi yang melibatkan lima unsur yaitu pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas, dan media. Kerja sama pentahelix ini digagas Unpad untuk mewujudkan Unpad sebagai transformative university yang kegiatannya dapat memberikan dampak pembangunan kepada masyarakat, serta membangun kerja sama interdependensi dengan berbagai pihak.

Logo Unpad-BCE, www.unpad.ac.id

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad yang juga inisiator pendirian BCE Prof. Dr. Hj. Ernie Tisnawati Sule, M.Si., mengatakan, setidaknya ada tiga aspek yang dibutuhkan BUMN saat ini, yaitu aspek pengkajian, pengembangan SDM, dan kolaborasi. Tiga aspek ini yang mendorong pendirian BCE di Unpad.

“BUMN ini adalah potensi yang dimiliki negara, sehingga BUMN itu harus mempunyai daya saing,” ujar Prof. Ernie saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (04/05).

Sementara itu, poin yang disampaikan Menteri Negara BUMN Rini Soemarno ketika meresmikan Unpad-BCE di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin pagi (9/5) seperti dikutip dari RMOL.co diantaranya bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus hadir untuk rakyat sesuai dengan poin ketujuh Nawa Cita. Dan kerjasama Universitas Padjadjaran dengan Kementerian BUMN adalah dalam rangka menciptakan kemandirian bangsa Indonesia sehingga dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di pentas dunia.

@kemristekdikti Menristekdikti bersama Menteri BUMN, Menkominfo, dan Rektor UNPAD luncurkan UNPAD – BCE (BUMN Center of Excellence)

Selain Rini, peluncuran juga dihadiri Menristek dan Dikti M. Nasir, dan Menkominfo Rudiantara, serta Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad. Beberapa direktur utama BUMN juga hadir dalam kegiatan ini.

“BUMN sudah memiliki banyak talenta yang handal. Kita harus masuk dalam kancah pertandingan dengan negara-negara lain untuk menjadi one of the best di dunia,” ujar Rini.

Rini juga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo berpesan kepada dirinya agar BUMN tidak hanya menjadi jago di dalam kandang. BUMN juga diminta agar tidak hanya berkolaborasi dengan sesama BUMN, tetapi juga menjalin kemitraan dengan pihak-pihak lain terutama perguruan tinggi.

Rini menambahkan, dalam kerja sama dengan perguruan tinggi itu, hasil-hasil riset yang ada dapat dikomersialisasikan.

“UNPAD-BCE dapat mengasah kemampuan BUMN sehingga berdaya saing global. Ini selaras dengan program hadir untuk negeri,” demikian Rini.