4 Gejala dan Tanda Keracunan Makanan yang Wajib Diwaspadai

0
268
4 Gejala dan Tanda Keracunan Makanan yang Wajib Diwaspadai
4 Gejala dan Tanda Keracunan Makanan yang Wajib Diwaspadai

Bidhuan.comGejala dan tanda keracunan makanan pada awalnya memang tampak seperti masuk angin atau saat kita mengalami gangguan pencernaan. Namun, kondisi tersebut sebaiknya dapat diketahui sedini mungkin dan jangan di abaikan. Segera atasi keracunan makanan dengan cara yang tepat agar tidak berkelanjutan. Lalu, apa saja penyebab keracunan makanan tersebut? Bagaimana ciri-ciri keracunan makanan basi atau kadaluarsa? Mari kita temukan bersama jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Keracunan makanan ialah sebuah kondisi yang timbul akibat dari mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh virus, bakteri, atau organisme menular seperti parasit. Kondisi tersebut jelas akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh, khususnya pada bagian pencernaan seperti usus dan lambung. Yang disertai oleh beberapa tanda keracunan makanan seperti mual, muntah, dan diare.

Penyebab Keracunan Makanan

Penyebab Keracunan Makanan
Penyebab Keracunan Makanan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab keracunan makanan adalah kontaminasi dari virus, bakteri, atau parasit. Selain itu terdapat juga beberapa penyebab umum terjadinya keracunan makanan lainnya, antara lain:

  1. Makanan tidak disimpan dalam suhu yang tepat, khususnya untuk produk makanan seperti daging atau produk dari olahan susu.
  2. Makanan tidak dimasak secara steril sehingga tidak matang merata.
  3. Menyimpan makanan yang telah matang pada ruangan dengan suhu yang hangat terlalu lama.
  4. Mengkosumsi jenis makanan yang sudah melewati batas waktu kadaluarsa.
  5. Kontaminasi silang dari perlengkapan yang digunakan. Semisal, pisau bekas memotong daging mentah kemudian digunakan untuk memotong roti, dll.
  6. Tangan yang kotor atau tidak steril saat mengkonsumsi makanan.

Beberapa penyebab keracunan makanan di atas tadi merupakan penyebab yang paling umum terjadi hingga saat ini. Terlebih untuk mereka yang memang kurang memperdulikan kondisi kesehatan dan kebersihan dalam keseharian.

Baca juga: Hati-hati! Konsumsi Obat dengan 5 Jenis Makanan Ini Bisa Membahayakan

Lalu, bagaimana gejala keracunan makanan kadaluarsa atau makanan basi? Berikut ini adalah penjelasannya.

Gejala dan Tanda Keracunan Makanan :

  • Mual dan Muntah-Muntah (ciri ciri keracunan makanan basi)

Ciri pertama dari tanda keracunan makanan adalah mengalami mual dan muntah. Kondisi ini terjadi berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang memang langsung mengalami mual dan muntah pasca keracunan makanan.

Namun ada juga yang membutuhkan waktu hingga beberapa saat untuk mengalami kondisi tersebut. Muntah-muntah pada keracunan makanan ini biasanya akan terjadi lebih dari dua hari. Bahkan untuk kasus yang terhitung parah, kondisi tersebut biasanya akan terjadi hingga beberapa hari.

  • Diare atau Sering Buang Air Besar (gejala keracunan makanan kadaluarsa)

Gejala lanjutan dari keracunan makanan di atas adalah mengalami diare atau sering buang air besar. Tekstur tinja biasanya akan berubah menjadi cair atau encer dan frekuensi buang air besar menjadi sangat sering.

Dalam kondisi yang sudah parah, selain diare yang akan berlangsung selama beberapa hari atau bahkan mencapai satu minggu, biasanya tinja juga akan bercampur dengan darah dan bagian perut akan terasa sakit.

  • Perubahan Kondisi Mental dan Pandangan Kabur Serta Pusing

Kondisi ini juga merupakan salah satu akibat keracunan makanan yang harus di waspadai. Saat racun dari makanan sudah menyebar, maka akan timbul dampak lain pada penderitanya seperti munculnya rasa kebingungan, penglihatan yang kabur, hingga mulai berbicara yang tidak jelas.

  • Mengalami Dehidrasi Hebat

Gejala lanjutan dari keracunan makanan yang dapat diketahui adalah terjadinya dehidrasi hebat pada tubuh. Kondisi tersebut disertai dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Mulut atau bibir terlihat kering
  2. Sakit kepala
  3. Kelelahan
  4. Denyut jantung berdetak cepat
  5. Mata tenggelam, hingga kesulitan buang air kecil

Demikian tadi adalah beberapa gejala dan tanda keracunan makanan yang harus di waspadai, saat sudah mengalami kondisi tersebut maka sebaiknya segera diatasi dan diobati dengan bantuan medis jika memang sudah parah.

Baca juga: Penyebab, Cara Mengatasi, disertai 3 Nama Obat Keracunan Makanan