5 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan Tubuh

0
137
5 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan Tubuh

Bidhuan.com – Buah merah Papua adalah salah satu jenis buah-buahan yang pohonnya hanya tumbuh di area sekitaran gunung Jayawijaya, Papua. Buah berwarna merah yang memilki nama latin Pandanus Conideus ini diketahui memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Lantas, apa saja manfaat buah merah papua ini untuk kesehatan? Benarkah terdapat manfaat buah merah papua untuk kanker? Untuk mengetahuinya, silahkan ikuti terus ulasan dibawah ini.

Pada dasarnya memang sudah terdapat sangat banyak buah-buahan yang memiliki warna kulit merah merona. Beberapa contohnya seperti buah bit, tomat, apel, buah naga, stroberi, dan masih banyak lagi. Namun, masih ada salah satu jenis buah-buahan berwarna merah yang mungkin dapat dikatakan cukup langka ditemukan seperti buah merah Papua ini.

Mengenal Buah Merah Papua Asal Wamena

Manfaat Buah Merah Papua untuk mengobati penyakit
Manfaat Buah Merah Papua untuk mengobati penyakit

Dinamakan buah merah Papua, karena buah yang hanya ditemukukan di daerah Papua ini memang memiliki kulit pembungkus yang berwarna merah. Bentuknya sendiri seperti jantung pisang namun permukaan kulitnya memiliki duri seperti buah nangka. Ukurannya sendiri pun cukup besar, karena saat matang buah merah Papua ini dapat memiliki panjang hingga 55 cm.

Sedangkan diameternya sendiri mencapai 10 hingga 15 cm dengan bobot atau berat antara 2 hingga 3 kilogram setiap buahnya. Di daerah asalnya, buah merah ini biasanya digunakan untuk membuat hidangan yang disajikan untuk upacara-upacara adat di kalangan masyarakat Wamena.

Baca juga: Kenali Beragam Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Penasaran dengan khasiat buah unik dan langka ini? Inilah manfaat buah merah papua untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan Tubuh :

  • Manfaat Buah Merah Papua untuk Kanker

Salah satu manfaat paling mengejutkan dari buah merah Papua ini adalah dapat menjadi senjata pembunuh pada sel kanker. Hal tersebut diketahui karena buah merah ini mengandung betakaroten serta tokferol yang dapat menjadi anti-kanker.

Dua senyawa tersebut merupakan zat antioksidan yang memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Baca juga: Terapi Kanker Pita Suara (Laring) dengan Photosensitive dan Laser

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain yang dapat dirasakan ketika mengkonsumsi air sari dari buah merah ini adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tentu saja kadar kolesterol tersebut sangat berbahaya, sebab dapat membuat pembuluh darah di jantung jadi menipis.

Namun, saat rutin dan teratur mengkonsumsi sari buah merah papua ini, maka kadar kolesterol jahal atau LDL di dalam tubuh menurun dan kadar kolesterol baik atau HDL akan meningkat.

  • Manfaat Buah Merah untuk Penyakit Lupus

Ya, satu lagi manfaat yang juga mengejutkan dari buah merah asal Papua ini adalah dapat membantu mengobati penyakit lupus. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa penyakit lupus sama berbahayanya seperti penyakit kanker dan penyakit inipun sangat sulit untuk diobati.

Kini, salah satu solusi yang dapat dicoba untuk mengobati penyakit lupus ini adalah dengan mengkonsumsi air sari buah merah Papua. Dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sari buah ini dapat mengembalikan stamina pada penderita penyakit lupus.

  • Meningkatkan Kecerdasan dan Kemampuan Otak Anak

Ternyata buah merah yang berasal dari Papua ini juga diketahui memiliki kandungan yang sangat baik dan dibutuhkan oleh otak anak seperti Omega 3 dan 6. Maka dari itulah air sari buah merah ini sangat baik jika di konsumsi oleh anak-anak semasa pertumbuhan. Dengan mengkonsumsi air sari buah merah secara rutin, maka jangan heran jika tingkat kecerdasan dan kemampuan otak anak akan terus meningkat.

  • Meningkatkan Stamina Pria

Salah satu manfaat lain dari buah merah Papua ini adalah mampu meningkatkan stamina pada tubuh pria dan meningkatkan imun tubuh. Hal tersebut diketahui menurut penelitian yang pernah dilakukan pada penduduk di Wamena, dimana sebagian besar penduduk pria disana dapat memiliki tubuh yang kekar serta stamina yang kuat dan bebas dari jenis penyakit degeneratif sekalipun kondisi tubuh mereka selalu terbuka tanpa busana.

Itulah beberapa manfaat dari buah merah Papua yang dapat dirasakan ketika air sari buah tersebut di konsumsi secara rutin dan teratur. Di Wamena, buah merah ini masih ada yang memiliki bentuk utuh namun ada juga yang sudah dibuat air sari dan ekstrak minyak siap pakai. Semoga informasi manfaat buah diatas dapat menjadi referensi yang bermanfaat.

Baca juga: 3 Manfaat Buah Pisang Bagi Wanita Hamil