Hindari 4 Minuman ini Setelah Konsumsi Obat

0
785
Hindari 4 Minuman ini Setelah Konsumsi Obat
Hindari 4 Minuman ini Setelah Konsumsi Obat

Bidhuan.com – Pada umumnya, setelah mengkonsumsi obat kita akan meminum air putih. Hal ini dipercaya akan membuat obat yang di konsumsi tersebut lebih efektif untuk menyembuhkan penyakit. Namun, ada sebagian orang yang malah tidak meminum air putih, atau beberapa saat setelah meminum obat malah minum-minuman yang masuk dalam kategori dilarang untuk diminum setelah mengkonsumsi obat.

Sebab, dengan meminum-minuman yang ada dalam kategori dilarang, khasiat dari obat yang dikonsumsi jadi tidak efektif. Tak hanya itu saja, sifat dan kerja obat dalam pencernaan pun bisa berubah tidak sebagaimana mestinya.

Hal ini disebabkan beberapa jenis antibiotik dan obat dengan kandungan antasida yang biasanya terdapat pada obat maag mengalami interaksi pada beberapa jenis minuman yang ada dalam kategori dilarang tersebut.

[Baca juga: Hati-hati! Sebelum Terapi Antibiotik, Pahami Dulu Tentang Resistensi Antibiotik ]

Salah satu interaksinya ialah dengan terbentuknya gumpalan dari obat-obatan yang dikonsumsi sehingga mengakibatkan penyerapan pada obat  yang ada di dalam tubuh menurun.

Sebagaimana dikutip dari Foodsafetynews, berikut inilah 4 minuman yang dilarang (Minuman yang Berbahaya) untuk dikonsumsi setelah minum obat.

  • Kopi
    Kopi mempunyai kandungan kafein yang mampu meningkatkan efek samping dari obat-obatan yang kita konsumsi. Efek samping tersebut bisa berupa peningkatan denyut jantung, munculnya rasa gugup hingga gangguan tidur. Lalu jenis obat apa yang tidak boleh diminum bersama dengan kopi? Yakni, Obat Anti Asma seperi Teofilin dan Albuterol serta obat-obat lainnya yang dapat merangsang saraf pusat, misalnya Klozapin.
  • Teh
    Yang kedua adalah Teh. Sebab, teh memiliki kandungan senyata tanin yang mampu mengikat zat besi serta kandungan-kandungan pada obat seperti Kolsikin dan Efedrin. Hal ini mengakibatkan penyerapan obat yang dikonsumsi berkurang dan terhambat di dalam tubuh.
  • Alkohol
    Untuk yang satu ini sangat penting. Jangan pernah mengkonsumsi alkohol setelah minum obat. Jika sebelumnya kamu telah mengkonsumsi alkohol, jangan lupa untuk beritahu Dokter atau Apoteker karena efeknya sangat berbahaya sekali.
  • Susu
    Meski merupakan minuman yang menyehatkan, jangan pernah minum susu setelah mengkonsumsi obat. Sebab susu bisa menghambat penyerapan yang terjadi di dalam lambung dan usus. Terutama jika susu diminum bersamaan dengan antibiotik seperti Ofloksasin, Siprofloksasin dan Tetrasiklin.

[Baca juga: Walau Jenggot Sarang Bakteri, Ternyata Berpeluang Bisa Atasi Resistensi Antibiotik ]

SHARE