Cara Mengobati Bisul, Cara Tradisional namun Manjur

0
243
Cara Mengobati Bisul
Cara Mengobati Bisul

Bidhuan.com – Bisul adalah gangguan yang menyebabkan perasaan menjadi tidak nyaman. Yang mengalami gangguan yakni pada bagian kulit, di mana terjadi pembengkakan dan peradangan di kulit. Dalam pembengkakan terdapat nanah dan darah, apabila terserang bisul, rasa nyeri akan Anda rasakan khususnya ketika bisul tersentuh.

Walaupun begitu, ketika didiamkan juga terasa nyeri walaupun tak separah ketika tersentuh. Faktor penyebab bisul adalah bakteri. Bakteri tersebut masuk dari pori-pori kulit lalu menyerang dari akar rambut, bisul pun tumbuh karenanya. Tahapan bisul terjadi terbagi menjadi beberapa bagian, yakni:

Tahap pertama bisul

Kulit berubah warna jadi kemerahan dan muncul benjolan kecil yang sakit saat tersentuh.

Tahap kedua bisul

Benjolan seiring waktu akan membesar, muncul nanah pada bagian dalamnya.

Tahap ketiga bisul

Setelah bisul semakin besar, bisul tersebut akan pecah otomatis, kemudian nanah keluar melalui bisul tersebut.

Pengobatan bisul

Cara Mengobati Bisul tradisional asam jawa

Pada Cara tradisional yang pertama, anda dapat menggunakan daun asam jawa, dikombinasikan bersama kunyit. Kombinasi ini bisa mempercepat bisul supaya sembuh. Caranya mudah, siapkan daun asam jawa, plus kunyit, dengan jumlah secukupnya saja. Tumbuk halus kedua bahan tersebut hingga rata.

Selanjutnya Anda oleskan langsung ke bisul asam jawa dan kunyit bubuk itu, balut memakai kain kasa. Lakukan secara rutin.

Cara tradisional daun anyang-anyang muda

Pengobatan tradisional bisul kedua yakni memanfaatkan daun anyang-anyang muda. Sediakan daun anyang-anyang muda kemudian tumbuk sampai benar-benar halus. Sesudahnya langsung saja oleskan pada bisul yang diderita. Lakukan rutin juga.

Cara tradisional Tanaman Obat Herba Bandotan

Selain asam jawa dan daun anyang-anyang muda, anda bisa juga mencoba menggunakan tanaman obat bandotan. Sebagai salah satu tanaman herbal, bahkan sejak jaman nenek moyang. Tanaman obat bandotan sudah sering dipakai dan cukup ampuh. Haluskan bandotan tersebut kemudian oleskan langsung ke gangguan bisul. Secara garis besar, caranya sama seperti bahan tradisional lainnya.

Cara tradisional Herba Bandotan kering

Jika sebelumnya Anda menggunakan herba bandotan segar atau fresh, Anda pun bisa mencoba menggunakan herba bandotan kering sebagai pengobatan bisul. Rebus herba bandotan kering menggunakan 3 gelas air, untuk takaran herba bandotan kering-nya sebanyak 10 gr. Anda rebus sampai air-nya tersisa 1 gelas. Setelah itu, Anda minum air rebusan itu 1 hari 1x hingga bisul sembuh dan tak mengganggu lagi.

Cara tradisional daun cipluka

Anda pun dapat memanfaatkan daun cipluka sebagai bahan herbal penyembuh bisul. Tumbuk daun cipluka sebanyak ½ genggam. Setelahnya, langsung saja aplikasikan ke bisul. Lakukan rutin hingga bisul sembuh. Karena ini bahan herbal maka tidak ada dosisnya, bebas berapa kalipun.

Cara tradisional bunga matahari

Jika sebelumnya menggunakan bahan daun cipluka yang jarang terdengar dan masih asing, maka bunga matahari tentu berbeda. Anda pasti sudah sering mendengar mengenai bunga matahari ini. Anda dapat menyiapkan minyak wijen dan bunga matahari, selanjutnya sangrailah bunga matahari hingga kering kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, dapat ditambahkan minyak wijen, kemudian aduk sampai menjadi adonan. Anda bisa mengoleskan krim tersebut di permukaan bisul pada kulit. Lakukan dengan rutin juga supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Apabila setelah satu minggu bisul tak sembuh-sembuh, cobalah konsultasi ke dokter. Atau Anda bisa mencoba membeli salep bisul di apotik, khususnya yang dijual bebas. Tambahan juga, bahan-bahan tradisional di atas jangan digunakan untuk bisul pada mata, hanya pada bagian luar saja.

[Baca juga: Teknologi Masa Depan Gel Suntik, Sembuhkan Luka dengan Cepat ]

Sekian artikel tentang cara mengobati bisul, cara tradisional namun manjur, semoga bermanfaat.

SHARE