Obat Anak Batuk Pilek, Jangan biarkan Anak Menderita Berlama-lama!

0
665
Obat Anak Batuk Pilek
Obat Anak Batuk Pilek

Bidhuan.com – Batuk pilek tak hanya dapat dialami oleh orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Untuk menyembuhkan penyakit tersebut dengan cepat, dibutuhkan obat yang tepat, karena anak bisa menderita jika berlama-lama berharap penyakit tersebut sembuh sendiri.

Jika yang menderita orang dewasa, mungkin bisa tahan, tetapi jika yang sakit adalah anak-anak, tentu Anda tak akan tega, apalagi daya tahan tubuh anak bisa drop dengan drastis. Mari baca selengkapnya.

Kandungan dari obat flu secara umum

  • Painkiller, memiliki fungsi untuk meredakan rasa sakit kepala, meredakan nyeri otot, mengatasi tenggorokan kering, serta mengatasi demam.
  • Memiliki anti alergi
  • Dekongestan, dengan fungsi menyembuhkan bersin-bersin, serta melegakan hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek.
  • Untuk obat batuk, entah itu yang bersifat antitusif dan ekspektoran.

Di apotik tersedia berbagai jenis obat batuk dan flu, beberapa ada yang terpisah. Tetapi ada juga yang dalam satu paket. Antara obat batuk flu orang dewasa dengan anak-anak itu tak bisa disamakan.

Anda harus berhati-hati memilih obat, khususnya untuk anak-anak, apalagi untuk bayi. Biasanya untuk bayi cukup diberikan ASI saja, jangan menggunakan obat, kecuali diresepkan oleh dokter. Rata-rata obat batuk flu untuk anak berupa syrup, supaya mereka mudah menggunakannya, berbeda dengan obat dewasa yang sudah menggunakan kapsul.

[Baca juga: Cara Bijak Hindari Overdosis Parasetamol Pada Obat Batuk Pilek Anak ]

Lalu apa saja list obat batuk pilek untuk anak-anak yang dijual bebas, baca ulasannya.

Coparcetin anak

Untuk obat Coparcetin, jangan sampai salah memilih. Coparcetin syrup ada yang untuk dewasa juga, Anda harus memilih yang untuk anak-anak. Untuk yang anak-anak nama produknya adalah Coparcetin Kid Cough.

Tentunya kandungan dari Coparcetin anak dan dewasa berbeda, di mana sudah dapat dipastikan jika kandungan Coparcetin yang untuk dewasa pasti sifatnya lebih keras dibandingkan yang untuk anak.

Aturan pakai untuk anak-anak yakni bagi anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun yakni 3x sehari (tablet). Untuk yang syrup, pada anak-anak berusia 2 hingga 6 tahun, dosisnya 3 hingga 4x sehari, ½ sampai dengan 1 sendok takar, yakni 5 ml.

Ingat! Jangan jadikan informasi ini sebagai patokan tetap, Anda tetap harus konsultasi dengan dokter atau apoteker pada apotik di mana Anda membeli obat tersebut agar tak salah dalam memberikan obat, dan tak salah dosis.

Obat batuk cap ibu & anak

Jika mau lebih aman bisa membeli obat batuk cap ibu & anak, yang kemasannya berwarna merah, kombinasi putih dan ada tulisan mandarin-nya. Untuk lebih pasti langsung saja tanyakan ke apotik tempat Anda hendak membeli obat tersebut.

Beberapa apotik ada yang menjual ada yang tidak, karena ini lebih ke arah obat herbal. Di Indonesia ada yang menjual obat batuk palsu dengan merek ini, jadi Anda harus berhati-hati ketika membeli.

[Baca juga: Pentingnya Pengawasan Terkait Jual-Beli Obat Online Tanpa Resep Dokter ]

Obat ini berupa syrup, dengan rasa yang agak manis. Juga bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru anak.

Bagaimana jika batuk pilek menyerang bayi?

Untuk bayi, jika terserang batuk pilek, karena daya tahan tubuh mereka masih belum sempurna, apalagi diikuti gejala berat, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter anak. Sekian artikel tentang obat anak batuk pilek, jangan biarkan anak menderita berlama-lama! Semoga bermanfaat.