Obat Panas Anak Tradisional dan Apotik

0
128
Obat Panas Anak Tradisional dan Apotik
Obat Panas Anak Tradisional dan Apotik

Bidhuan.com – Mungkin Anda sedang mencari obat panas anak? Sekarang Anda dapat melihat informasinya di sini. Memang mencari obat panas itu sesungguhnya tak terlalu sulit, tetapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari informasi terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat memilih metode mana yang paling cocok untuk diberikan pada anak Anda, baik itu metode pengobatan tradisional atau menggunakan pengobatan dengan obat yang dibeli di apotik.

Semuanya tergantung kepada kondisi dan budget Anda juga tentunya. Serta tingkat keparahan kondisi panas anak. Mari baca selengkapnya.

Penyebab panas pada anak bayi

Anak, terutama bayi dapat mengalami panas karena demam. Semua bayi sudah pasti pernah terserang demam. Kondisi tersebut merupakan kondisi yang umum terjadi, termasuk pada anak-anak juga. Jika dilihat dari sisi medis, maka seorang bayi dapat dikatakan terkena demam apabila suhu tubuh mereka sudah sampai ke angka 38 derajat C, dan lebih.

Selain itu bayi juga dapat terkena demam jika beraktivitas terlalu lama pada luar ruangan ketika cuaca sedang panas. Faktor penyebab demam lainnya pada bayi yakni karena baju yang digunakan oleh bayi tersebut terlalu tebal, jadi tubuh bayi akan terlalu panas. Namun kondisi tersebut masih memungkinkan bayi untuk aktif serta mau minum susu. Yang harus mendapat perhatian lebih adalah jika bayi sudah mengalami kondisi seperti tak responsif, tak nafsu makan, kejang, muncul ruam, pernafasan terganggu, dan adanya tanda-tanda dehidrasi.

Obat tradisional demam anak usia bayi

  • Untuk pemberian obat, harus konsultasi terlebih dahulu ke dokter, karena terlalu kecil
  • Mandikan bayi memakai air hangat, namun jangan terlalu panas. Pastikan bayi bisa menghirup udara hangat, dengan begitu pernafasannya pun akan menjadi lancar. Tubuh bayi juga akan menjadi lebih rileks menggunakan cara ini.
  • Berilah ASI, air putih, atau susu formula pada bayi, karena asupan cairan untuk tubuh bayi harus cukup, supaya bayi tak dehidrasi
  • Kenakan pakaian yang nyaman pada bayi yang terserang demam, baju berbahan tipis, jangan memakaikan pakaian yang terlalu tebal dan menumpuk

Obat demam anak usia 6 s/d 24 bulan

Untuk anak yang berusia 6 sampai dengan 24 bulan, Anda sudah bisa memberikan parasetamol anak. Apabila suhu tubuh anak lebih dari 38.90 Celcius. Apabila umur anak lebih dari enam bulan, maka ibuprofen boleh dipakai juga.

Sebelum Anda memberikan obat penurun panas anak wajib baca takaran dosisnya terlebih dahulu, dosis yang digunakan harus sesuai berat badan dan umur anak Anda. Tak boleh memberikan obat demam dengan kandungan aspirin atau asam asetil salisilat untuk anak dengan umur lebih kecil dari 18 tahun.

Lihat apakah demam yang diderita anak Anda sembuh atau tidak dalam 1 hari, jika panas tak kunjung turun, demam tak sembuh-sembuh, segeralah bawa anak Anda ke dokter spesialis anak.

Sanmol, Tempra, dan Proris

Anda juga dapat memberikan Sanmol atau Tempra, pilih salah satunya. Dan diselingi Proris untuk 4 jam satu kali. Kandungan dari Sanmol dan Tempra itu adalah paracetamol, jadi kandungan keduanya sama, mangkanya Anda cukup pilih salah satunya saja. Ketiganya merupakan jenis obat sirup, jadi anak tak akan kesulitan menggunakannya. Kandungan dari Proris sendiri yakni ibuprofen. Proris diminum hanya sesudah makan, bukan sebelumnya. Itu karena Proris memiliki efek samping mengiritasi organ lambung. Selang antara satu obat dengan obat lainnya yakni 4 jam.

Gunakan artikel ini hanya sebagai referensi, sisanya konsultasikan ke dokter anak. Sekian artikel tentang obat panas anak tradisional dan apotik, semoga bermanfaat.

[Baca juga: Awalnya Kedutan, Ternyata Ada Cacing Parasit Di Otak Anak 10 Tahun ]