Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa Agar Tetap Sehat

0
504
Hindari Makanan ini saat berpuasa

Bidhuan.com – Sebelum waktu berbuka puasa, biasanya beraneka jenis makanan sudah disediakan. Mulai dari berbagai jenis gorengan, takjil yang sangat manis hingga makanan yang banyak mengandung santan serta pedas. Bahkan, waktu berbuka kadang kala malah dijadikan pelampiasan rasa lapar selama berpuasa hingga konsumsi makanan pun dilakukan secara berlebihan.

Tentu, hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan para Bidhuaners. Makan-makanan dalam jumlah banyak dan dalam waktu bersamaan dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan kamu.

Agar kesehatan tetap terjaga selama berpuasa, berbukalah dengan makanan-makanan yang sehat dan pada porsi yang ideal. Ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari saat berbuka. Apa saja makanan itu? Silahkan dilihat dibawah ini


Makanan Pedas dan Asam

Beberapa pakar kesehatan berpendapat, bahwa makanan yang banyak mengandung asam dan pedas dapat menjadi penyebab iritasi lambung. Hal ini terjadi karena perut yang awalnya kosong selama berpuasa secara tiba-tiba dipaksa untuk mencerna makanan yang pedas dan asam tersebut. Jadi sebaiknya hindari makan-makanan ini selama berpuasa, apalagi dengan jumlah konsumsi yang berlebihan.


Makanan Yang Mengandung Santan

Santan yang memiliki kandungan lemak jenuh bisa menjadi penyebab dari meningkatnya kolesterol. Terlebih lagi, jika kamu adalah penderita maag maka santan dapat menjadi penyebab luka pada lambung. Maka dari ini, sebaiknya hindari konsumsi santan pada waktu berbuka puasa.


Makan Gorengan

Makanan yang satu ini tentu tidak asing lagi saat hendak berbuka puasa. Gorengan merupakan makanan yang banyak disukai orang karena selain rasanya yang nikmat, harga nya pun cukup terjangkau bagi setiap orang. Namun, lebih baik kamu hindari makan-makanan gorengan saat berbuka puasa. Sebab gorengan dapat memicu kegemukan. Selain itu mengkonsumsi gorengan membuat organ tubuh kamu sulit melakukan proses lemak.


Minum Es

Tentu rasa haus yang selama ini kamu tahan saat berpuasa butuh pelampiasan. Sehingga banyak dari kita, pada saat berbuka puasa langsung minum air es. Padahal minum air es saat perut dalam kondisi kosong akan membuat tubuhmu menjadi tidak nyaman. Selain itu ternyata es juga dapat membuat kamu mudah haus, mengenai hal ini sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya [Baca: 5 Cara Ampuh Cegah Haus Saat Berpuasa]

Nah, sekarang sudah tau kan makanan apa saja yang harus dihindari pada waktu berbuka puasa? Semoga bermanfaat..

SHARE