5 Cara Ampuh Cegah Haus Saat Berpuasa

0
505
cegah haus saat puasa
cegah haus saat puasa

5 Cara Ampuh Cegah Haus Saat Berpuasa – Selain menahan lapar, saat berpuasa kita juga harus belajar untuk menahan haus. Jika dibanding dengan menahan lapar, menahan haus ini lebih sulit apalagi jika kamu berada di lingkungan dengan kondisi cuaca nya sangat panas.

Ada beberapa cara ampuh untuk mencegah haus saat berpuasa yang bisa kamu coba. Apa saja itu? Silahkan dilihat dibawah ini


Biasakan Minum air Minimal 8 Gelas per hari

Salah satu cara yang dapat kamu coba untuk mencegah haus adalah dengan membiasakan diri minum paling sedikit 8 gelas air per hari. Untuk pembagian waktu nya bisa dibagi menjadi 3. Yaitu 2 gelas air saat berbuka , 4 gelas air pada waktu malam hari dan sisanya 2 gelas air lagi saat sedang sahur. Dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari dapat mencegah kamu mengalami dehidrasi saat berpuasa


Hindari Konsumsi Makanan Pedas dan Asin

Hal lain yang perlu kamu perhatikan ialah jangan mengkonsumsi makanan asin dan pedas secara berlebihan. Sebab mengkonsumsi makanan pedas akan membuat kamu cepat haus! Sedangkan mengkonsumsi makanan yang terlalu asin dapat membuat perut kamu mudah kembung akibat kebutuhan air yang meningkat secara drastis.


Perbanyak Minum Jus Buah

Selain mengandung banyak vitamin mengkonsumsi Jus buah dapat mencegah kamu mudah haus.  Tapi ingat, khusus untuk jus buah jangan konsumsi yang dalam bentuk kemasan. Mungkin memang lebih praktis, tapi jus kemasan biasanya memiliki kadungan gula tinggi, yang malah dapat membuat kamu jadi cepat haus.


Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Kandungan air dan serat yang terdapat dalam buah dan sayur akan menjadikan sistem pencernaan lebih lancar dan sehat. Dan yang terpenting banyakya kandungan air baik dalam buah dan sayur juga akan membantu kamu dalam mengurangi rasa haus waktu berpuasa.


Jangan Minum Air Es

Seperti kata-kata dalam sebuah iklan “berbukalah dengan yang manis”. Nah, banyak dari kita malah saat sahur dan berbuka minum air es. Perlu diketahui bahwa sebenarnya air es itu tidak dapat menghapus rasa haus kamu. Malah dampak dari minum air es secara berlebihan akan membuat sirkulasi dara tidak optimal, gangguan pencernaan dan timbulnya kontraksi pada pembuluh darah.

 

 

SHARE