BPOM : Tips Konsumsi Makanan dan Minuman dengan Aman Selama Perjalanan

0
711
roy

BPOM : Tips Konsumsi Makanan dan Minuman dengan Aman Selama Perjalanan. Risiko keracunan pangan meningkat saat kita melakukan perjalanan. Paparan bisa berasal dari bakteri, virus dan parasit. Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) melalui akun twitternya memberikan Tips Keamanan Pangan dalam perjalananan.

Untuk meminimalkan risiko, selalu cuci tangan dgn sabun dan air bersih sebelum & setelah makan dan minum. Selalu sediakan minuman yang aman, bawa air matang dengan menggunakan wadah minum dari bahan food grade.

Bila konsumsi Air Minum Dalam Kemasan, pastikan produk terdaftar di BPOM, kemasan bersih, tdk bocor dan segel utuh. Pastikan pula bahwa botol minum selalu tertutup rapat untuk mencegah kontaminasi.

Bila ingin minum es, pastikan bahwa es yang dikonsumsi berasal dari air matang yang memenuhi kualitas air minum. Untuk makanan, selalu pilih pangan yang baru dimasak dan masih panas

Selain itu pilihlah buah yang bisa dikupas sendiri (pisang, jeruk, dll) sebagai bekal di perjalanan. Bila memilih pangan yang sudah terkemas, pastikan produk terdaftar di BPOM atau terdaftar sebagi PIRT. Selama dlm perjalanan, jangan makan pangan mentah atau kurang matang dan pangan yang telah dihinggapi lalat.

Sementara itu, Kepala Badan POM, Roy Sparringa menegaskan bahwa Keamanan Pangan termasuk pencegahan dan harus dilakukan oleh berbagai level masyarakat.

“Keamanan Pangan adalah pencegahan. Intervensi strategis perlu dilaksanakan di sekolah, pasar, retail dan level rumah tangga.” tulis Roy beberapa jam yang lalu (24/3).

“Program Peduli Obat dan Pangan Aman lebih efektif jika libatkan masy. Ayo galang kemitraan, lipatgandakan kader untuk kemandirian komunitas” tutupnya.

SHARE