BPOM : Es Batu dari Air Mentah Bisa Tercemar Bakteri Berbahaya

0
512
es batu

BPOM : Es Batu dari Air Mentah Bisa Tercemar Bakteri Berbahaya. Baru-baru ini kembali terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) dikarenakan keracunan di beberapa wilayah di Indonesia terutama diakibatkan oleh keracunan pangan yang mengandung mikroba.

Dikutip dari akun resim @BPOM_RI (17/3), berdasarkan analisis data, penyebab KLB keracunan pangan terbesar adalah karena mikroba. Mikroba pada pangan tumbuh karena proses pengolahan yang tidak memenuhi persyaratan hygine dan sanitasi.

Salah satu bahan yang berisiko tinggi tercemar mikroba adalah Es Batu. Banyak penjaja makanan yang menyajikan minuman es menggunakan Es Batu untuk mengawetkan ikan.

Es Batu untuk mengawetkan ikan ini terbuat dari air mentah yang tidak memenuhi kualitas sebagi air minum dan berisiko tercemar Escherichia coli. Konsumsi es batu tercemar E.coli dapat timbulkan gejala kram perut akut yang disertai diare.

Selain pada Es Batu , E.coli juga dapat mencemari susu mentah serta sayur dan buah yang dicuci menggunakan air yang tercemar E.coli. Kasus berat krn keracunan E.coli dapat sebabkan komplikasi infeksi saluran kemih dan pendarahan.

Kepala Badan POM, Roy Sparringa melalui akun twitter pribadinya (17/3) menganggap pentingnya pembenahan Industri es batu di daerah.

“Mengapa penting benahi industri es batu di daerah? Karena keamanan pangan utama jajanan anak sekolah adalah es batu dan minuman es.” tulis Roy

“Saya instruksikan jajaran BPOM daerah bekerjasama dengan Pemda mendata industri es di daerah, dan benahi industri ini guna lindungi masyarakat” lanjutnya.

“Masalah utama tercemarnya es batu oleh patogen, karena air baku yang digunakan, sanitasi dan higiene yg memprihatinkan.” tutup Roy.

Bidhuaners harus lebih cerdas memilah konsumsi es batu terutama untuk jajanan disekolah. Pastikan sumber es batu yang digunakan berasal dari air layak minum.

SHARE