Kepala BPOM Ajak Masyarakat Cek dan Baca Label Pangan Sebelum Konsumsi

0
410
label bpom

Kepala BPOM Ajak Masyarakat Cek dan Baca Label Pangan Sebelum Konsumsi. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini memberikan edukasi dalam acara “Gerakan Membaca Label Pangan” besama Nutricia di Hotel Pullman, Jakarta.

Membaca label mutlak harus dilakukan oleh masyarakat dengan memperhatikan KIK yakni Kemasan, Izin Edar, dan Kadaluarsa.

“Ayo dukung Gerakan Membaca Label. Satu Tindakan untuk Masa Depan.” tweeps Roy Sparringa, Kepala BPOM melalui akun twitter pribadinya pada 14 Maret 2016.

Label yang berisi informasi penting mengenai pangan yang tercantum pada bungkus makanan merupakan bentuk tanggung jawab produsen dalam memenuhi hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang akurat.

“Informasi tersebut sangat penting bagi konsumen karena dapat digunakan sebagai dasar menilai produk pangan yang akan dibeli, mempertimbangkan kecukupan gizi yang ada serta menjadi dasar pemenuhan konsumen itu sendiri,” tutur Roy dikutip dari koran-jakarta.com

BPOM sendiri belakangan juga sangat gencar mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan KIK, yaitu kemasan, izin edar dan kadaluwarsa sebelum membeli sebuah produk makanan.

“Yang selama ini kita galakkan adalah KIK. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli, cek dulu kemasannya, lihat izin edar dan kapan tanggal kadaluwarsanya,” sambungnya.

Melalui cara ini, konsumen nantinya akan tahu bagaimana kualitas produk makanan yang akan dibelinya terutama terkait pada kemasan produk, bagus atau tidak? Menurut Roy melalui cara ini pula mereka bisa memastikan kualitas kemasan produk terjaga atau terkontaminasi dengan benda lainnya.

Pada izin edar, konsumen juga perlu menegaskan apakah produk pangan yang akan dibelinya sudah terdaftar di BPOM. Selain itu, izin edar juga menandakan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Sehingga otomatis, apabila tidak ada izin edar maka bisa dikatakan produk makanan tersebut ilegal. “Pastikan produk telah melalui pengawasan dan kontrol BPOM, jadi terjamin keamanannya,” tuturnya.

Lalu untuk tanggal kadaluwarsa sendiri, merupakan salah satu poin yang paling sensitif karena ini terkait langsung pada kualitas makanan, yang apabila lengah memperhatikannya, kesehatan bidhuaners menjadi taruhannya. Patokan untuk menerapkan informasi ini ialah produk yang hendak dikonsumsi haruslah masih dibawah tanggal kadaluwarsa yang tercatat pada makanan.

SHARE