5 Efek Samping Bahaya Natrium Benzoat yang Harus Kita Waspadai

0
518
5 Efek Samping Bahaya Natrium Benzoat yang Harus Kita Waspadai
5 Efek Samping Bahaya Natrium Benzoat yang Harus Kita Waspadai

Bidhuan.com – Jika diteliti secara seksama maka sbenarnya terdapat cukup banyak bahaya natrium benzoat bagi kesehatan tubuh kita. Natrium benzoat sendiri adalah zat pengawet yang digunakan pada berbagai macam produk makanan, minuman, bumbu dapur, bahkan hingga kosmetik. Lalu, bagaimana pengaruh dan efek sampingnya jika penggunaan natrium benzoat ini digunakan secara berlebihan? Apa saja bahaya natrium benzoat bagi kesehatan tubuh kita? Temukan semua jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Sebagaimana yang telah dijelaskan pertama tadi, bahwa natrium benzoat ini adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai pengawet untuk mempertahankan kualitas sebuah produk agar tidak terjadi proses oksidasi dengan udara bebas dan tidak mengalami pembusukan. Jika bicara soal bahaya efek sampingnya, sudah tentu terdapat banyak bahaya natrium benzoat yang harus kita waspadai.

Bahaya Natrium Benzoat yang Harus Diwaspadai

Bahaya Natrium Benzoat Bagi Kesehatan Tubuh
Bahaya Natrium Benzoat Bagi Kesehatan Tubuh

Terlebih seperti yang kita ketahui bersama, bahwa senyawa kimia ini digunakan pada hampir banyak produk. Jika kadar senyawa kimia ini digunakan dalam batas yang wajar, maka dipastikan tidak akan menjadi ancaman pada kesehatan tubuh. Namun jika sebaliknya, banyak pengaruh buruk yang akan dialami ketika senyawa kimia ini digunakan secara berlebihan.

Baca juga: Hati-hati! Konsumsi Obat dengan 5 Jenis Makanan Ini Bisa Membahayakan

Selain itu, natrium benzoat ini memang paling banyak digunakan pada berbagai macam produk makanan maupun minuman. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai saat ini Anda lebih waspada dalam mengkonsumsi makanan dan minuman kemasan. Penasaran dengan beragam bahaya efek samping natrium benzoat ini? Inilah beberapa bahaya natrium benzoat yang harus diwaspadai.

Bahaya Natrium Benzoat Bagi Kesehatan Tubuh :

  • Menurunnya Fungsi Hati

Menurunnya fungsi hati ini diketahui karena endapan natrium benzoat yang menumpuk di jaringan hati. Lama-kelamaan kondisi tersebut akan menyebabkan pembengkakan hati hingga peradangan yang akan mengganggu fungsi hati. Semakin banyak endapan natrium benzoat yang terdapat di dalam jaringan hati, maka akan semakin menurun juga fungsi dan kinerja hati.

  • Gangguan Saraf atau Degenerasi Saraf

Selain penurunan fungsi hati, kandungan natrium benzoat yang berlebihan di dalam tubuh pun diketahui berpotensi memicu penyakit degenerasi saraf. Senyawa kimia berbahaya ini juga dapat merusak jaringan tubuh dan sel tubuh hingga mengganggu motorik dan sistem grak tubuh. Jika dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerusakan pada saraf tubuh.

  • Serangan Jantung

Bahaya natrium benzoat lainnya yang perlu untuk kita ketahui adalah besarnya potensi terkena serangan jantung. Endapan natrium benzoat yang menumpuk di dalam tubuh diketahui dapat merusak jaringan jantung seperti katup dan juga arteri. Dengan kondisi tersebut maka jantung pun akan kesulitan dalam memompa darah dan berakibat serangan jantung mendadak dengan risiko kematian.

  • Mengganggu Peredaran Darah

Gejala atau efek samping negatif ini mungkin dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari faktor sebelumnya. Selain mengganggu kinerja jantung, endapan natrium benzoat yang tinggi di dalam tubuh pun berpotensi mengganggu peredaran darah. Bahkan dalam kondisi terburuk dapat menghambat peredaran darah yang berujung pada tidak stabilnya tekanan darah di dalam tubuh.

  • Candu atau Ketergantungan

Melalui penelitian para medis diketahui bahwa senyawa benzoat sendiri dapat menjadi zat adiktif yang dapat menjadi faktor utama seseorang merasa ketergantungan atau ketagihan. Jika senyawa kimia ini juga mengendap di dalam tubuh secara berlebihan, maka kondisi tersebut akan menjadi salah satu penyebab sulitnya seseorang terlepas dari ketagihan dalam mengkonsumsi makan yang mengandung natrium benzoat.

5 bahaya natrium benzoat di atas tadi sebaiknya diperhatikan dengan baik jika Bidhuaners semua masih peduli dengan kesehatan tubuh. Jika bukan kita yang menjaga kesehatan tubuh diri sendiri, lalu mau siapa lagi?

Baca juga: Daftar Baru 24 Kosmetik Berbahaya yang Ditemukan BPOM