Buku 100 Tips Keamanan Pangan dari BPOM Untuk Hindari Keracunan Pangan

0
1436
bpom buku

Buku 100 Tips Keamanan Pangan dari BPOM Untuk Hindari Keracunan Pangan. Pada tahun 2015┬áBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah meluncurkan buku khusus dengan judul “100 Tips Keamanan Pangan”.

Penyakit akibat pangan selain menjadi beban kesehatan masyarakat dan memberikan kontribusi yg signifikan thd biaya perawatan kesehatan, juga dpt menghambat perdagangan pangan.

Dari data Kejadian Luar Biasa (KLB) Keracunan Pangan yg dihimpun BPOM th 2014, terjadi 47 Kasus di Indonesia yg disebabkan oleh mikroba 7 (confirmed) dan 24 (suspect), kimia 8 (suspect), serta 8 kejadian tdk diketahui penyebabnya.
Dari jenis pangan, penyebabnya 17 kasus masakan rumah tangga, 13 kasus jasa boga, 5 kasus pangan olahan dan 12 kasus pangan jajanan.

Penyebab KLB Keracunan Pangan antara lain :
– proses pengolahan yg tidak bersih
– higiene perorangan yg kurang baik
– penyajian yg tidak sesuai baik tempat, peralatan, wadah dan personal yg menyajikan

Untuk itu BPOM menerbitkan 100 Tips Keamanan Pangan yg diharapkan utk meningkatkan pengetahuan masyarakat yg terbagi dalam 5 kategori :
– Mikroba Patogen
– Keracunan Pangan
– Dapur Rumah Tangga
– Produk Pangan
– Industri Pangan
yg berisi penjelasan kateristik bahaya, jenis pangan yg sering terkontaminasi dan tips untuk meminimalkan risiko.

Akun facebook BBPOM Denpasar mulai membagikan 100 tipsnya sejak Januari 2016 yang menyadur dari buku 100 tips Keamanan Pangan terbitan Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan POM RI.

bpom buku

Agar lebih diterima oleh masyarakat, bidhuan.com mulai hari ini akan mencoba membantu menyebarkan informasi yang telah disebarkan di akun facebook BBPOM Denpasar dengan mengemasnya lebih informatif dan menyediakan kategori khusus tips keamanan pangan.

SHARE