Sistem, Urutan, Serta Fungsi Peredaran Darah Besar dan Kecil

0
614
Sistem, Urutan, Serta Fungsi Peredaran Darah Besar dan Kecil
Sistem, Urutan, Serta Fungsi Peredaran Darah Besar dan Kecil

Bidhuan.comSistem peredaran darah besar dan kecil diketahui melibatkan cukup banyak komponen yang juga memiliki peranan sangat penting. Beberapa komponen tersebut diantaranya adalah darah, pembuluh darah, serta jantung. Lalu, bagaimana urutan sistem peredaran darah besar dan kecil dalam tubuh manusia? Apa saja fungsi peredaran darah besar dan kecil tersebut? Temukan semua jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Dari sekian banyak organ tubuh yang ada di dalam tubuh manusia, maka diketahui bahwa jantung adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan sangat penting. Karena aktifitas jantung dibutuhkan guna mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh melalui peredaran darah besar dan kecil. Sehingga tak heran jika fungsinya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mengenal Peredaran Darah Besar dan Kecil

Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil
Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa darah mengalir dalam tubuh kita melalui pembuluh-pembuluh darah. Namun yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh adalah sistem peredaran darah besar. Karena sistem peredaran darah kecil hanya mengalirkan darah yang di mulai dari bilik kanan jantung menuju paru-paru dan di kembalikan lagi ke jantung.

Tanpa peredaran darah di dalam tubuh manusia, maka dipastikan bahwa tubuh tidak akan dapat melakukan berbagai macam aktifitas. Maka dari itulah tiga organ seperti jantung, pembuluh darah serta darah, memang merupakan tiga organ yang akan selalu berkaitan dan memiliki aspek yang sangat penting. Dan berikut ini adalah penjelasannya.

Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil :

  • Fungsi Peredaran Darah Besar

Jika bicara soal fungsi, maka fungsi peredaran darah besar adalah untuk menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah akan mengalir melalui bilik kiri jantung yang memang berfungsi untuk mengeluarkan darah yang mengandung oksigen.

Kemudian akan mengalir pada oarta untuk menuju arteri dan kembali lagi ke jantung setelah mengalir ke seluruh bagian tubuh. Aliran darah tersebut kembali ke jantung melalui pembuluh vena yang membawa darah yang mengandung karbondioksida.

  • Fungsi Peredaran Darah Kecil

Berbeda dari peredaran darah besar, fungsi utama peredaran darah kecil adalah untuk mengalirkan darah ke paru-paru. Sirkulasi darah tersebut berujuan untuk merubah kadar karbondioksida serta oksigen yang terdapat di dalam darah melalui paru-paru.

Aliran darah tersebut akan dimulai dari bilik kanan jantung menuju paru-paru, dan akan kembali lagi ke jantung melalui serambi kiri jantung. Sirkulasi tersebut akan terus terjadi antara peredaran darah besar dan juga kecil.

Baca juga: Kekurangan Albumin dalam Darah, Efeknya Bagaimana?

  • Urutan Sistem Peredaran Darah Besar

Terlepas dari fungsinya, urutan sistem peredaran darah besar dimulai dari bilik kiri jantung, dimana darah yang mengandung oksigen akan dialirkan menuju oarta untuk alirkan kembali menuju arteri bagian atas dan bawah. Dalam proses tersebut, biasanya jantung akan memompa lebih kuat untuk memberikan tekanan pada darah.

Proses tersebut juga dibantu oleh denytan pada otot arteri hingga darah dapat mengalir ke seluruh bagian tubuh untuk memberikan oksigen pada organ-organ di dalam tubuh. Aliran darah tesebut pada akhirnya akan masuk pada arteriol yang akan menuju pembuluh kapiler, dimana darah yang mengandung oksigen akan berganti dengan darah yang mengandung karbondioksida.

Sirkulasi tersebut akan menuju saluran venul dan bertemu dengan vena bagian atas dan bawah, dimana keduanya akan menuju vena cava untuk memasuki serambi kanan dan bilik kanan jantung melalui katup trikuspid. Pada saat tersebutlah proses pertukaran darah akan berlangsung yang dibantu oleh kapiler kecil.

  • Urutan Sistem Peredaran Darah Kecil

Berbeda dengan urutan sistem peredaran darah besar, urutan sistem peredaran darah kecil mungkin dapat dikatakan lebih simple dan lebih pendek. Karena sistem peredaran darah kecil ini dimulai dari bilik kanan jantung kemudian mengalir melalui arteri pulmonal dan berujung pada arteriol.

Pembuluh arteriol sendiri adalah sebuah penghubung antara arteri pulmonan danĀ  pembuluh kapiler yang terdapat pada paru-paru. Pembuluh darah ini merupakan saluran yang akan dilewati darah ketika akan menuju jantung untuk memisahkan kadar karbondioksida yang berupa udara dan menukarnya dengan kandungan oksigen.

Akhir dari sirkulasi tersebut ialah proses menghirup oksigen yang dilakukan oleh paru-paru menuju vena pulmonal yang kemudian dialirkan menuju serambi kiri dan bilik kiri jantung pada sistem peredaran darah besar.

Itulah ulasan singkat mengenai urutan dan juga sistem beserta fungsi dari peredaran darah besar dan kecil dalam tubuh manusia. Sistem peredaran darah pada manusia ini biasa juga disebut sebagai peredaran darah ganda. Karena prosesnya memang terbagi dua seperti yang telah dijelaskan di atas tadi sebelumnya.

Baca juga: Obat Amlodipine: Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan Angin Duduk