8 Foto Ini Buktikan Bumi Sebentar Lagi Hancur Akibat Pemanasan Global

0
1471
umur bumi

8 Foto Ini Buktikan Bumi Sebentar Lagi Hancur Akibat Pemanasan Global. Tanpa disadari selain umur bidhuaners bertambah, planet yang kita tinggal jauh lebih dulu bertambah. Beberapa foto berhasil memperlihatkan perbandingan dari tahun-tahun sebelumnya dengan kondisi terkini.

Dari foto-foto tersebut bisa bercerita bahwa lapisan ozon makin menipis, kutub makin mencair, pola cuaca pun jadi tidak menentu, dan permukaan laut semakin menaik drastis. Situs bloggersarena.com menjelaskannya dengan gamblang.

  1. Perbandingan kondisi Es Benua Arktik di tahun 1980 dan 2012

Ketika melihat kondisi es di Arktik di ujung utara planet bumi ini. Suhu terus meningkat dan es terus mencair. Ahli klimatologi memperkirakan benua ini akan bebas dari es pada tahun 2040. Potensi efek ini sangat meresahkan. Wilayah Arktik saat ini dihuni hampir 4 juta orang.

benua arktik
http://media.docbao.vn/

Pencairan es bukan hanya mempengaruhi cuaca di kutub utara melainkan akan merubah pola cuaca, termasuk angin topan, di bagian dunia lainnya. Hal ini bisa terjadi karena adanya radiasi matahari dan beberapa letusan gunung berapi, termasuk kegiatan manusia seperti pembakaran hutan, polusi, dan masih banyak yang lainnya

2. Perbandingan Great Barrier Reef di Inggris Raya pada tahun 2002 dan 2014.

Di lokasi ini terdapat habitat dari ribuan spesies, hingga tahun 2014 Great Barrier Reef sedang dalam bahaya serius. Peningkatan suhu laut telah menyebabkan tekanan secara termal di antara para spesies dan mempengaruhi pertumbuhan dan reproduksi spesies.

great britain
http://3p3mq242g5jc2ki76r3wi6fq.wpengine.netdna-cdn.com/

Faktor-faktor lain seperti pengasaman samudera, kenaikan permukaan laut, badai dan hujan, juga mempengaruhi kehidupan spesies akuatik ini. Great Barrier Reef telah dilaporkan mengalami peristiwa pemutihan sejumlah karang di masa lalu. Pada tahun 2002 karang ini mengalami 50% pemutihan, namun pada tahun 2012 meningkat hingga mencapai 75%. Dalam kedua peristiwa ini, sekitar 5% dari Great Barrier Reef rusak berat.

3. Kondisi Laut Aral pada tahun 1989 dan 2014

Laut Aral dulunya adalah danau terbesar ke-empat di dunia, dan sekarang nyaris menghilang.

laut aral
http://www.stoplusjednicka.cz/

Danau ini telah menyusut selama 40 tahun terakhir. Penggurunan di wilayah ini sekarang telah mengurangi degradasi tanah dan sumber daya ke titik mereka tidak lagi dapat digunakan.

4. Kondisi Gletser dan Inlet Muir Alaska pada tahun 1880an dan 2005.

Bruce Molnia membuat sebuah proyek untuk mengambil foto berulang gletser Alaska. Dia melakukan banyak kunjungan ke gletser dan mengambil foto dari lokasi yang sama persis tiap saat untuk mendokumentasikan pergerkan gletser. Proyek ini menunjukkan bahwa gletser telah lenyap sejauh 50 kilometer.

gletser
http://zhivaja-priroda.ru/

Muir Glacier tidak lagi terlihat. Jika bencana buatan manusia ini terus terjadi, maka semua gletser akhirnya akan mencair dan permukaan air akan terus meningkat.

Klik halaman berikutnya