Ini dia Fakta Unik Kenapa Pulang Kampung disebut MUDIK

0
610
Fakta unik asal mula kata MUDIK
Fakta unik asal mula kata MUDIK

Bidhuan.com – Tak terasa lebaran sudah semakin dekat, yakni kurang dari seminggu lagi. Sehingga, tak heran jika banyak yang sudah mulai Mudik ke kampung halamannya. Meski kata “mudik” mungkin sudah tidak asing lagi didengar saat ini. Namun,tahukan kamu asal usul dari kata mudik itu? Bagaimana sih sejarah munculnya kata “mudik” ?

Pulang kampung atau yang kerap kali disebut MUDIK seakan sudah menjadi tradisi yang ada bagi orang Indonesia. Mudik sendiri sebenarnya punya beraneka ragam arti. Misalnya saja bagi orang Jawa, ternyata Mudik adalah suatu singkatan yang kepanjangannya ialah “Mulih Dilik” dimana artinya yaitu pulang sebentar. Selain itu, mudik juga bisa diartikan pekerja migran atau perantau untuk pulang kembali ke kampung.

Ada pula orang yang mengkaitkan kata mudik dengan Udik yang punya arti daerah, desa atau kampung. Sehingga mudik diartikan pulangnya seseorang ke kampung asalnya.

FAKTA UNIK Asal Mula Kata MUDIK :

Namun, tahukah kamu kalau kata Mudik ini sudah ada sejak jaman dahulu? Tepatnya pada zaman Kerajaan Majapahit. Kata Mudik digunakan saat para perantau pulang kembali ke kampung halamannya.

Namun, mereka pulang bukan karena saat itu mendekati lebaran dan untuk berjumpa dengan keluarga serta saudara-saudaranya. Tapi mereka pulang dengan tujuan untuk membersihkan makam para leluhur tempat asalnya. Tujuannya sendiri agar mendapat keselamatan dan dimudahkan dalam mencari rezeki.

Tentu hal ini berbeda dengan keadaan mudik yang ada saat ini. Istilah dari kata mudik kini telah banyak bergeser artinya dibanding dulu. Hal ini dimulai sejak tahun 1970, dimana Mudik diartikan sebagai kegiatan pulang ke kampung halaman saat menjelang Lebaran.

Nah, sekarang sudah tahu kan asal usul kenapa kini pulang kampung jadi disebut dengan mudik? Semoga info ini bermanfaat ya buat kamu. Baca juga 10 Meme Tips Mudik Lebaran Yang Gokil dan Buat Ngakak biar kamu makin happy saat mudik