5 Negara dengan Tradisi Unik Menyambut Kelahiran Bayi

0
438

Bidhuan.com – Kelahiran seorang bayi biasanya disambut perayaan meriah, yang digambarkan sebagai wujud suka cita orang tua atas kelahiran bayi tersebut. Bahkan, setiap daerah biasanya mempunyai tradisi masing-masing yang menjadi suatu ciri khas tersendiri. Namun tahukah kamu kalau ada beberapa Negara yang melakukan penyambutan kelahiran bayi dengan cara yang cukup unik? Penasaran bukan negara mana sajakah itu? Berikut ini Negara-negara yang punya tradisi unik tersebut.

Tradisi Unik Menyambut Kelahiran Bayi

  1. Jepang

Negara pertama yang punya tradisi unik ini adalah Jepang. Di Negara Jepang sesudah anak lahir, tali pusar bayi biasanya akan ditaruh di dalam kotak kayu dengan boneka kecil yang mewakili sosok bayi sedang tidur dengan memakai kimono. Tradisi ini diyakini bisa menjaga hubungan antara anak dan ibu. Sesudah satu minggu anak lahir, orang tua dan tetangga dekat akan mengadakan upacara penamaan bayi, di mana anak akan menerima nama resminya di depan Butsudan.

  1. Mesir

Tak hanya Jepang, Negara Mesir juga punya cara yang cukup unik dan sedikit aneh dalam menyambut kelahiran seorang bayi. Biasanya sesudah tujuh hari kelahiran bayi, masyarakat Mesir akan mengadakan upacara penamaan. Upacara tersebut dikenal dengan nama Sebooh. Dalam tradisi ini, seorang ibu akan menempatkan bayinya ke dalam keranjang besar putih dan menggoyangnya dengan lembut.

Setelah itu, bayi diletakkan di atas selimut yang ada di lantai, tapi yang agak aneh disini adalah tak cuma diletakkan di atas selimut. Namun, diletakkan juga dengan pisau yang ditaruh di sepanjang dada bayi untuk bisa mengusir roh jahat. Ihh, kok seram ya ada pisaunya…

  1. China

Tak kalah unik dengan dua Negara di atas. Dalam tradisi budaya China, ketika usia bayi mulai menginjak satu bulan, orang tua serta tetangga akan mengadakan upacara Bulan Purnama. Upacara tersebut diadakan untuk bisa memperingati bulan penuh yang pertama dan ini bisa menjadi peristiwa yang penting untuk anak yang baru lahir. Sebab pada waktu dilaksanakannya tradisi ini, para tetangga serta teman-teman yang ada di lingkungan sekitar akan berkumpul untuk bisa memberikan berkat dan hadiah untuk bayi.

  1. Jamaika

Dalam budaya Jamaika, sesudah seorang ibu melahirkan, tali pusar bayi akan ditanam di lokasi khusus dan selanjutnya ditancapkan pohon pada bagian atasnya. Pohon itu disediakan oleh orang tua, wali baptis serta kerabat dan teman-teman. Pohon tersebut adalah alat untuk mengajarkan anak tentang cara bertanggung jawab atas kehidupan mereka nanti.

  1. Trinidad dan Tobago

Di Trinidad dan Tobago, ketika orang ingin mengunjungi bayi yang baru lahir, mereka menaruh uang di tangan bayi untuk bisa membawa kemakmuran dan berkah yang baik untuk bayi tersebut. Kebiasaan lain negara ini adalah beberapa orang tua tidak akan mengizinkan orang lain untuk berkunjung ke rumah mereka sesudah jam 18.00, karena diyakini embun malam bisa membuat bayi sakit.

Buat yang satu ini sepertinya asyik juga ya itu bayi, Apalagi kalau banyak yang mengunjungi. Bisa-bisa dapat segepok uang heheh

[Baca juga: Inilah Video Tips dan Cara Unik Agar Bisa Nonton Gratis di Bioskop]

SHARE