Mau tau Alasan Orang Berobat Ke Luar Negeri?

0
801
Mengapa pasien berobat ke luar negeri

Bidhuan.com – Kesehatan memang sangat mahal harganya. Saking mahalnya, orang-orang sampai rela mengeluarkan begitu banyak biaya untuk bisa kembali sehat dari berbagai penyakit yang dideritanya. Bukan hanya itu, usaha pengobatannya pun tak tanggung – tanggung. Banyak orang Indonesia yang lebih memilih untuk berobat dan dirawat di luar negeri. Hal itu tentu tak bisa dianggap remeh. Sebenarnya apa saja sih “alasan mengapa berobat ke luar negeri” ?

Fenomena berobat ke luar negeri seperti sudah menjadi Tren tersendiri di Indonesia saat ini. Banyak orang yang lebih memilih untuk menjalani pengobatan di luar negeri meski harus mengeluarkan banyak uang. Bukan masalah gengsi atau seolah ingin mengikuti tren yang ada tapi salah satu faktor penyebab mereka lebih memilih untuk melakukan pengobatan di luar negeri ialah karena memang dari segi pelayanan dan teknologi pengobatan di sana banyak yang lebih baik.

Data menunjukkan bahwa jumlah peminat yang ingin berobat ke luar negeri pada tahun 2015 lalu meningkat cukup banyak bila dibandingkan dengan data peminat pada tahun 2006. Pada tahun sebelumnya 2006, tercatat masih kira-kira 350 orang yang berobat keluar negeri dan pada tahun 2015 naik menjadi sekitar 600 orang.

Dan dari data keuangan, dikatakan bahwa dana berkisar Rp 1.2 triliun berhasil dikeluarkan para warga Indonesia untuk bisa berobat ke luar negeri. Dari banyaknya negara yang dituju sebagai tempat berobat ada beberapa negara yang merupakan favorit banyak orang antara lain adalah Singapura yang kita tahu jika fasilitas dan pelayanan di sana memang sangatlah baik serta akses ke sana pun terbilang mudah dan tidak terlalu jauh dibanding dengan Negara lain. Selanjutnya yaitu Malaysia dan Thailand yang juga mengandalkan pelayanan terbaiknya serta harga obat-obatan yang juga bersaing dibanding harga obat dalam negeri yang terus membumbung tinggi. [Baca: Ternyata Obat Indonesia Masuk Peringkat Termahal ASEAN]

Prosedur harga biaya berobat ke luar negeri

Meski jika dilihat secara sepintas berobat ke luar negeri terbilang mahal tapi nyatanya tiap tahun orang-orang yang berobat ke luar terus bertambah. Penasaran bukan sebenarnya apa sih alasan mereka?  Berikut ini beberapa alasan orang Indonesia lebih memilih melakukan pengobatan ke luar negeri :

  • Pelayanan

Alasan yang pertama ialah dari segi pelayanan. Memang bukan rahasia umum lagi kalau kualitas pelayanan seperti di Singapura atau Malaysia terbilang lebih baik dibanding negara kita meskipun sebenarnya kualitas dokter Indonesia juga tak kalah pintar.


  • Teknologi

Selain pelayanan, faktor kecanggihan teknologi kesehatan di luar negeri yang kabarnya jauh lebih baik juga menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih melakukan pengobatan ke luar negeri. Selain memang canggih, prosedurnya pun tidak terlalu rumit seperti di dalam negeri.


  • Keamanan

Berbicara soal keamanan tentu berbicara pula mengenai pengawasan. Kita tahu dalam hal pengawasan, Indonesia tergolong negara yang kurang baik. Hal itu pun bisa dilihat dari berbagai masalah bidang kesehatan yang ada. Tak sedikit rumah sakit yang masih kurang pengawasannya.


  • Harga

Banyak yang mengira “biaya berobat ke luar negeri” itu mahal. Padahal kalau dihitung secara rinci sebenarnya di luar negeri itu lebih murah. Bahkan banyak harga obat di Malaysia dan Singapura yang harganya lebih murah hingga 30%.

Nah, itulah alasan kenapa banyak orang lebih tertarik untuk berobat ke luar negeri. Selain untuk berobat tentu juga sekalian berwisata kali ya, namanya jadi wisata kesehatan. Bagaimana menurut kamu, apa ada alasan lainnya lagi?

SHARE