Hydrocortisone Salep: Obat Topikal Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal

0
1114
Hydrocortisone Salep Obat Topikal Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal
Hydrocortisone Salep Obat Topikal Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal

Bidhuan.com – Hydrocortisone Salep adalah salah satu jenis obat topikal kortikosteroid yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal-gatal di kulit, inflamasi, hingga kemerahan dan jerawat. Jika Anda memiliki keluhan penyakit kulit yang ringan, maka Hydrocortisone Salep ini bisa dipakai sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi penyakit kulit. Lantas, apa saja informasi dari Obat Salep ini? Berapa harga Hydrocortisone di apotik? Bagi Anda yang penasaran, maka simak terus ulasan berikut ini.

Menyembuhkan penyakit kulit memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Tentu saja kondisi tersebut karena tidak semua obat akan selalu cocok dengan masing-masing individu. Salah satu Obat yang dapat anda coba untuk gunakan ialah Hydrocortisone Salep. Obat ini sendiri kini tersedia dalam banyak merk dagang di berbagai toko obat.

Farmakologi Hydrocortisone Salep

solusi yang tepat untuk mengatasi penyakit kulit
solusi yang tepat untuk mengatasi penyakit kulit

Obat topikal Hydrocortisone salep memang masuk pada jenis obat kortikosteroid dan juga masuk pada golongan obat dengan resep dokter. Obat ini juga diketahui memiliki efek anti-alergi, anti-inflamasi dan anti-pruritus. Sehingga dapat membantu mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit, baik karena alergi atau gigitan serangga.

Hydrocortisone diketahui akan bekerja dengan sistem mengurangi gatal-gatal, inflamasi, hingga kemerahan yang terjadi pada kulit. Salep kortikosteroid ini juga biasanya akan digunakan bersamaan dengan jenis pelembab emolien ketika menangani serangan dermatitis dan eksim yang terjadi.

Baca juga: Acyclovir Salep: Obat Topikal Antivirus untuk Mengatasi Infeksi Herpes

Namun perlu di ingat juga, Hydrocortisone Salep bukan untuk menyembuhkan gejala-gejala inflamasi yang terjadi pada kulit, melainkan hanya meredakan agar kondisinya tidak semakin parah. Seperti apa informasi lengkapnya? Berikut ini adalah keterangan obat Hydrocortisone Salep yang dapat kita ketahui bersama.

Hydrocortisone Salep untuk Mengatasi Iritasi Kulit :

  • Indikasi Hydrocortisone Salep

Hydrocortisone Salep ini dapat digunakan untuk menekan reaksi radang yang terjadi pada kulit, namun bukan pada infeksi kulit seperti alergi kulit atau eksim. Obat topikal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gatal pada radang yang terjadi di kulit.

  • Kontra Indikasi

Obat topikal kortikosteroid ini baiknya tidak diberikan pada pasien yang menderita :

  1. Hipsersensitif pada hydrocortisone
  2. Penyakit kulit yang disebabkan oleh virus atau tuber kulosis, dermatitis perioral, skabies dan tinea.
  3. Herpes simplex
  4. Infeksi jamur
  5. Vaccinia dan varicella

 

  • Komposisi Obat

Hydrocortisone Salep diketahui memiliki komposisi 1% hydrocortisone dan 2.5% hydrocortisone.

  • Efek Samping Hydrocortisone Salep

Adapun beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat penggunaan obat topikal ini antara lain seperti :

  1. Timbul rasa gatal yang berlebihan.
  2. Rasa panas seperti terbakar.
  3. Atropi kulit.
  4. Infeksi sekunder.

 

  • Dosis Hydrocortisone Salep

Untuk dosis dan penggunaan Hydrocortisone Salep akan tergantung pada kondisi dan jenis penyakit yang dialami. Biasanya dokter yang akan menentukan penggunaan serta dosisnya.

Namun pada umumnya, dosis penggunaan Hydrocortisone Salep ini sebanyak 1 hingga 2 kali pada bagian kulit yang mengalami inflamasi. Dan frekuensi maksimalnya yakni hingga 2 kali sehari.


Perhatian dan Peringatan

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat topikal ini. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Tidak untuk digunakan oleh wanita hamil dan menyusui. Kalaupun digunakan, harus dibawah pengawasan dokter atau ahli medis.
  2. Tidak untuk digunakan oleh anak-anak dibawah 10 tahun.
  3. Jangan digunakan pada kulit yang terinfeksi aatu pada luka yang terbuka.
  4. Hindari penggunaan pada wajah, anus, hingga area genital.
  5. Usahakan untuk tidak menggunakannya hingga lebih dari seminggu.
  6. Jangan membungkus area kulit yang sudah diolesi Hydrocortisone Salep.
  7. Jika terjadi reaksi seperti alergi hingga overdosis, maka sebaiknya segera temui dokter.

Harga Salep Hydrocortisone

Hydrocortisone Salep ini dijual dalam dua kemasan yang berbeda, yakni Hydrocortisone Salep 1% dan Hydrocortisone Salep 2.5%. Untuk harganya, Hydrocortisone Salep 1% dengan tube 5 gram dijual dengan kisaran harga Rp. 8.800. Sedangkan Hydrocortisone Salep 2.5% dengan tube 5 gram dijual dengan kisaran harga Rp. 12.000.

Demikian di atas tadi adalah informasi mengenai obat Hydrocortisone Salep. Semoga informasi obat di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.

Baca juga: Macam-Macam Salep Antibiotik Untuk Luka yang Bagus