Acyclovir Salep: Obat Topikal Antivirus untuk Mengatasi Infeksi Herpes

0
95
Acyclovir Salep Obat Topikal Antivirus untuk Mengatasi Infeksi Herpes
Acyclovir Salep Obat Topikal Antivirus untuk Mengatasi Infeksi Herpes

Bidhuan.com – Acyclovir salep adalah salah satu jenis obat topikal yang dapat digunakan untuk mengobati luka melepuh karena virus herpes atau yang dikenal juga dengan sebutan cold sore. Guna acyclovir atau penggunaan obat topikal ini memang diyakini sebagai salah satu cara menyembuhkan herpes yang ampuh dan cepat meski memang pada kenyataannya hanya berguna sebagai penghambat. Lalu, apa saja informasi lengkap dari obat acyclovir salep ini? Berapa harga salep acyclovir di apotek? Selengkapnya dapat Anda lihat pada ulasan dibawah ini.

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa herpes adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dengan ciri terdapatnya bintik seperti cacar air. Selain itu, diketahui bahwa jenis penyakit herpes ini juga merupakan jenis penyakit kulit yang mudah menular. Dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat acyclovir salep ini.

Fakmakologi Obat Topikal Acyclovir Salep

 cara menyembuhkan herpes yang ampuh dan cepat
cara menyembuhkan herpes yang ampuh dan cepat

Acyclovir salep merupakan jenis obat topikal yang masuk pada kategori obat antivirus dan merupakan obat dengan resep dokter. Sistematis kerja obat topikal ini adalah menghambat pertumbuhan virus yang menyebabkan herpes hingga tubuh akan lebih efektif melawan infeksi yang di sebabkan oleh virus herpes.

Selain itu, yang harus diketahui adalah acyclovir salep ini bukan merupakan obat penyembuh melainkan hanya untuk menghambat perkembangan infeksi. Acyclovir salep paten ini juga kerap disebut sebagai acyclovir salep lengkap. Mengapa demikian? Karena selain dapat mengatasi penyakit kulit seperti herpes, acyclovir juga dapat digunakan untuk mengobati cacar.

Baca juga: Obat Gatal Alergi Kulit yang Ampuh dan Efektif

Lalu, apa saja informasi lengkap dari obat acyclovir salep ini? Temukan jawabannya pada ulasan acyclovir salep dibawah ini.

Informasi Obat Acyclovir Salep :

  • Indikasi Acyclovir Salep

Indikasi acyclovir salep ini adalah untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh herpes simpleks pada kulit serta membran mukosa.

Berikut ini adalah jenis penyakit kulit yang dapat diatasi dengan acyclovir salep.

  1. Dapat menyembuhkan herpes kambuhan atau herpes genital awal.
  2. Infeksi herpes zostetr
  3. Mencegh infeksi herpes simpleks.
  4. Hingga mengatasi cacar air (acyclovir salep untuk cacar)
  • Kontraindikasi

Beberapa kontraindikasi dari acyclovir salep ini antara lain adalah :

  1. Sebaiknya tidak diberikan pada penderita dengan riwayat alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan yang terdapat di dalam obat ini.
  2. Sebaiknya tidak diberikan pada penderita dengan riwayat alergi atau hipersensitivitas terhadap Valacyclovir.
  • Dosis Acyclovir Salep

Acyclovir salep ini diketahui tersedia dalam dua bentuk yang berbeda, yakni acyclovir salep 5% dan acyclovir salep 3%. Adapun kadar dosisnya adalah :

  1. Acyclovir salep 5% dapat digunakan pada anak dan dewasa dengan dosis sepanjang 1 cm salep. Dapat dioleskan antara 5 hingga 7 kali dalam sehari selama kurang lebih 5 hingga 10 hari.
  2. Acyclovir salep 3% dapat digunakan pada anak dan dewasa dengan dosis sepanjang 1 cm hingga 5 kali sehari selama kurang lebih 7 hari. Dan tetap dilanjutkan hingga 3 hari penggunaan setelah infeksi ssembuh sempurna.
  • Efek Samping

Adapun beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat topikal ini antara lain seperti :

  1. Adanya pembengkakan kulit
  2. Kulit yang terasa nyeri
  3. Kulit terasa seperti terbakar
  4. Kulit terasa lebih gatal
  5. Hingga kulit kering dan mengelupas

Perhatian :

Karena merupakan obat topikal dengan resep dokter, maka penggunaannya pun harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan obat topikal ini :

  1. Penggunaan obat ini jangan sampai mengenai mulut, mata, dan hidung. Karena merupakan obat luar, bukan obat dalam atau obat oral.
  2. Bersihkan terlebih dahulu tangan sebelum menggunakan acyclovir salep ini.
  3. Penggunaan Acyclovir salep untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya mengikuti anjuran dan instruksi dari dokter.
  4. Untuk dosis acyclovir salep untuk bayi juga sebaiknya ditanyakan langsung atau mengikuti anjuran dan instruksi dari dokter.
  5. Hindari berhubungan intim saat penggunaan obat topikal ini pada area genital.
  6. Jika terjadi reaksi alergi hingga infeksi tidak kunjung membaik dalam seminggu, maka sebaiknya langsung menghubungi dokter.

Harga Salep Acyclovir di Apotek

Harga obat acyclovir ini diketahui dijual dengan kisaran Rp. 5.000 di berbagai apotik. Acyclovir salep dijual dengan kemasan tube dan isi sekitar 5 gram. Yang dalam tiap gram nya diketahui memiliki kandungan acyclovir sebanyak 50 mg.

Demikian tadi adalah informasi lengkap mengenai obat topikal untuk mengatasi penyakit kulit seperti herpes dan cacar yakni acyclovir salep. Semoga informasi obat-obatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca juga: Salep Genoint Gentamicin untuk Infeksi Kulit