4 Fungsi Obat Cetirizine Serta Efek Samping Jangka Panjang dan Pendek Penggunaan

0
10588
4 Fungsi Obat Cetirizine Serta Efek Samping Jangka Panjang dan Pendek Penggunaan
4 Fungsi Obat Cetirizine Serta Efek Samping Jangka Panjang dan Pendek Penggunaan

Bidhuan.com – Secara garis besar diketahui bahwa fungsi obat Cetirizine adalah obat untuk mengatasi berbagai macam jenis gejala alergi. Maka dari itulah penggunaan obat cetirizine ini memang dapat dikatakan sebagai salah satu cara mengatasi alergi yang cepat dan efektif. Untuk Anda yang masih memiliki pertanyaan seperti, apa saja fungsi obat cetirizine ini? Atau apa saja efek samping cetirizine jangka panjang? Temukan semua jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Cetirizine ini merupakan salah satu  jenis obat-obatan yang masuk pada golongan antihistamin. Jenis obat ini juga merupakan obat yang harus dibeli dengan resep dokter, karena penggunaannya memang harus dibawah pengawasan ahli medis. Obat Cetirizine ini juga merupakan jenis obat-obatan yang dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak, serta tersedia dalam bentuk tablet maupun syrup.

Beberapa Fungsi Obat Cetirizine

Fungsi Obat Cetirizine Terhadap Alergi
Fungsi Obat Cetirizine Terhadap Alergi

Obat antihistamin ini akan bekerja dengan sistem menghalangi kinerja dari senyawa histamin yang diproduksi secara berlebihan oleh tubuh. Tingkat produksi histamin yang berlebihan di dalam tubuh inilah yang akan menyebabkan timbulnya berbagai macam alergi. Namun perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa Cetirizine ini tidak dapat mengatasi gejala alergi yang parah seperti contohnya anafilaksis.

Baca juga: Obat Gatal Alergi Kulit yang Ampuh dan Efektif

Jika bicara soal fungsi obat Cetirizine, maka fungsi utamanya adalah untuk mengatasi berbagai macam gejala alergi sebagaimana telah disebutkan sebelumnya di awal. Namun, untuk mengobati alergi apa saja sih obat ini? Apa efek sampingnya jika digunakan dalam jangka panjang? Berikut ini adalah penjelasannya.


Fungsi Obat Cetirizine Terhadap Alergi :

  • Mengatasi Alergi Dingin atau Hayfever

Yang dimaksud alergi dingin disini adalah bukan alergi yang disebabkan oleh cuaca yang dingin, melainkan jenis alergi dingin yang biasanya terjadi di sepanjang tahun.

Adapun beberapa gejala alergi tersebut antara lain seperti :

  1. Bersin-bersin yang dikarenakan bulu-bulu hewan
  2. Alergi karena debu
  3. Alergi kulit seperti gatal, bentol, hingga kemerahan

Gejala alergi ini dapat terjadi pada orang dewasa hingga anak-anak. Dan gejala alergi dingin ini juga dapat diatasi dengan menggunakan obat Cetirizine ini.

  • Mengatasi Alergi Kulit

Salah satu fungsi lain dari obat Cetirizine ini adalah dapat mengatasi jenis alergi kulit yang disebabkan oleh berbagai macam jenis penyakit kulit. Salah satu contohnya yakni alergi karena penyakit kulit seperti eksim.

Dengan obat Cetirizine, jenis gejala alergi ini masih dapat diatasi secara efektif.

  • Mengatasi Alergi Karena Mikroorganisme

Gatal yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, parasit, hingga jamur juga diketahui dapat diatasi dengan obat Cetirizine ini. Namun saat mengatasi gejala alergi yang biasanya terjadi pada kulit ini, obat Cetirizine akan dikombinasikan dengan varian obat-obatan lain yang akan membuatnya lebih efektif.

  • Mengatasi Beragam Alergi

Selain dapat mengatasi jenis alergi dingin, alergi penyakit kulit, dan alergi yang disebabkan oleh mikroorganisme, obat Cetirizine ini juga dapat membantu mengatasi jenis gejala alergi lain seperti :

  1. Bersin-bersin karena cuaca dingin, debu, dll.
  2. Hidung berair dan tersumbat.
  3. Alergi gatal pada mata.
  4. Kulit gatal.
  5. Hingga ruam pada kulit.

Efek Samping Penggunaan Obat Cetirizine

Setiap jenis obat biasanya akan selalu memiliki efek samping bagi tubuh penggunanya, tidak terkecuali pada jenis obat Cetirizine ini. Untuk efek samping Obat Cetirizine yang ringan ialah sebagai berikut:

  1. Mengantuk
  2. Pusing
  3. Sakit kepala
  4. Gelisah
  5. Kelelahan
  6. Sakit perut
  7. Mual-mual
  8. Diare
  9. Mulut kering
  10. Hingga sakit pada tenggorokan

Namun jika obat Cetirizine ini digunakan dalam jangka panjang dan tidak menunjunkan peningkatan namun tetap digunakan. Maka inilah beberapa gejala yang akan terjadi dari efek samping Cetirizine jangka panjang :

  1. Reaksi alergi yang semakin buruk seperti pembengkakan pada wajah, lidah, leher, tenggorokan, hingga sulit untuk bernapas.
  2. Mengalami kejang-kejang.
  3. Hingga memar pada bagian bawah jaringan/lapisan kulit yang disertai mudah terjadinya pendarahan.

Itulah beberapa fungsi obat Cetirizine untuk alergi dan juga efek samping negatif bagi tubuh saat jenis obat antihistamin ini digunakan dalam jangka panjang.

Baca juga: Obat Loratadine 10 mg: Mengobati Reaksi Alergi Dengan Obat Generik Alergi