4 Nama Obat Jamur untuk Mengatasi Jamur Kulit dengan Cepat

0
633
4 Nama Obat Jamur untuk Mengatasi Jamur Kulit dengan Cepat
4 Nama Obat Jamur untuk Mengatasi Jamur Kulit dengan Cepat

Bidhuan.com – Obat jamur kulit saat ini memang sudah tersedia dalam bemacam-macam merk. Penggunaan obat jamur tersebut memang merupakan cara paling efektif menghilangkan jamur pada kulit tubuh. Rata-rata obat untuk mengobati jamur kulit pada umumnya berupa obat topikal atau obat oles. Lalu, apa saja obat jamur kulit yang bagus? Atau, bagaimana cara membuat obat jamur kulit tradisional yang ampuh? Temukan semua jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Hampir seluruh penyakit kulit biasanya akan disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur tersebut pada awalnya tumbuh pada area kulit yang hangat dan lembab, kemudian akan berkembang dan menyebar ke bagian area kulit lainnya. Untuk mengatasinya tentu saja harus menggunakan obat jamur khusus untuk kulit agar dapat menghilangkannya.

Jenis Obat Jamur Medis dan Non-Medis

Cara Mengatasi Jamur Kulit yang Tepat
Cara Mengatasi Jamur Kulit yang Tepat

Selain itu, penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur juga sebaiknya segera di atasi karena sebagian besar merupakan penyakit yang dapat dengan mudah menular. Macam-macam jenis jamur kulit yang dapat diketahui antara lain seperti :

  1. Tinea Capitis (infeksi jamur pada kulit kepala)
  2. Tinea Vesikolor (panu)
  3. Tinea Corporis (kurap)
  4. Tinea Cruris (jamur di selangkangan)
  5. Tinea Pedis (kutu air)

Beberapa penyakit kulit di atas tadi merupakan jenis penyakit kulit yang paling umum terjadi. Dan biasanya obat jamur yang digunakan pun akan bergantung pada jenis infeksi jamur kulit yang di derita tersebut.

Baca juga: Obat Gatal Alergi Kulit yang Ampuh dan Efektif

Lalu, apa saja obat jamur kulit di apotik yang mudah kita temukan? Berikut ini adalah beberapa obat jamur menurut jenis infeksi jamur yang di derita.

Cara Mengatasi Jamur Kulit yang Tepat :

  • Terbinafine (Obat jamur kulit selangkangan)

Salah satu obat jamur yang dapat digunakan untuk menghilangkan jamur di selangkangan adalah Terbinafine ini. Namun perlu kita ketahui, obat ini merupakan jenis obat yang di resepkan dan penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter.

Selain dapat mengatasi jamur kulit di selangkangan dan bagian tubuh lainnya, salep jamur kulit selangkangan ini juga dapat mengatasi infeksi jamur di kulit kepala. Untuk Dosis penggunaannya sendiri biasanya akan mengikuti berat badan penggunanya.

  • Miconazole dan Clotrimazole (obat jamur kulit panu)

Untuk mengatasi jamur kulit seperti panu atau Tinea Vesikolor dapat menggunakan obat topikal miconazole atau clotrimazole ini. Sistematis obat topikal ini yakni menghambat sterol dan biosintetis ergosterol hingga merusak membran sel jamur.

Karena merupakan obat topikal, maka penggunaan obat ini sangatlah mudah. Oleskan obat tersebut dua kali dalam sehari hingga 4 minggu. Namun hasilnya biasanya sudah dapat dilihat ketika waktu penggunaan 2 minggu.

  • Butenafine Hydrochloride (obat jamur kulit paling ampuh)

Butenafine Hydrochloride ini memang dapat dikatakan sebagai salah satu salep jamur kulit paling ampuh. Krim anti jamur ini juga memiliki sistematis kerja yang sama seperti obat jamur kulit sebelumnya.

Yakni menyerang sel jamur hingga ke bagian akarnya sehingga tidak akan timbul kembali. Penggunaannya pun hanya cukup dioleskan dua kali sehari pada area kulit yang terinfeksi jamur hingga 4 minggu.

  • Bawang Putih (obat jamur kulit tradisional)

Selain obat-obatan medis, jamur kulit juga dapat di atasi dengan cara alami. Salah satunya yakni menggunakan bawang putih. Karena bawang putih juga diketahui memiliki kandungan anti jamur yang sangat tinggi.

Caranya yakni menggosokan bawang putih pada bagian area kulit yang terdapat jamur hingga terasa panas dan perih. Lakukan cara tersebut dua kali sehari pagi dan sore hingga jamur kulit hilang. Cara ini paling efektif untuk mengatasi panu.

Hampir seluruh varian obat jamur di atas tadi merupakan obat jamur kulit di apotik yang mudah di temukan. Selain itu, varian obat jamur di atas tadi juga merupakan obat jamur kulit yang bagus dan sangat efektif menghilangkan jamur kulit.

Semoga informasi obat jamur kulit di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda semuanya. Jika, anda punya referensi lainnya segera beritahu kami ya melalui kontak yang tersedia.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kurap serta Bekasnya (Disertai 6 Nama Obat Topikal dan Oral)