Cara Menghilangkan Kurap serta Bekasnya (Disertai 6 Nama Obat Topikal dan Oral)

0
831
Cara Menghilangkan Kurap serta Bekasnya (Disertai 6 Nama Obat Topikal dan Oral)
Cara Menghilangkan Kurap serta Bekasnya (Disertai 6 Nama Obat Topikal dan Oral)

Bidhuan.com – Cara menghilangkan kurap memang dapat dikatakan gampang-gampang susah, terlebih jika mengingat bahwa salah satu penyakit kulit ini merupakan penyakit menular. Untuk itulah cara mengatasi kurap yang paling efektif adalah menggunakan obat kurap paling ampuh. Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan kurap di selangkangan? Atau, bagaimanakah cara menghilangkan kurap di Bokong? Simak terus ulasan dibawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Tinea Corporis atau yang lebih di kenal dengan sebutan penyakit kurap adalah sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofitosis atau dermatofita. Salah satu cara menghilangkan kurap yang efektif selain menggunakan 5 Obat Kurap Alami yang Efektif dan Ampuh Digunakan anda juga dapat menggunakan berbagai obat-obatan topikal maupun obat oral yang mudah dijumpai di berbagai apotik.

Ciri-ciri dan Cara Menghilangkan Kurap

Obat Salep Kurap
Obat Salep Kurap

Jika dibiarkan, maka jamur tersebut akan berkembang terutama pada bagian tubuh yang lembab seperti selangkangan atau bokong. Adapun beberapa ciri ciri kurap yang dapat diketahui ialah :

  1. Adanya lingkaran kecil pada permukaan kulit
  2. Warna lingkaran tersebut biasanya merah kecokelatan dengan permukaan yang bersisik
  3. Namun pada bagian tengahnya terlihat normal sehingga akan terlihat seperti cincin
  4. Terasa gatal dan juga lama kelamaan akan meradang dan berbau

Jika sudah mengalami ciri ciri kurap tersebut maka hendaknya langsung di atasi secara intensif. Bahkan setelah sembuh pun, kurap akan meninggalkan bekas dan cenderung sulit di hilangkan.

Untuk dapat mengatasinya, maka dapat mencoba beberapa cara menghilangkan kurap serta menghilangkan bekas kurap dibawah ini.

Cara Menghilangkan Kurap yang Efektif :

  • Cara Menghilangkan Kurap di Selangkangan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa area tubuh seperti selangkangan merupakan salah satu area tubuh yang mudah lembab. Sehingga lebih mudah ditumbuhi dan terinfeksi jamur. Adapun beberapa cara menghilangkan kurap di selangkangan antara lain adalah :

  1. Rutin membersihkan area selangkangan, terutama setelah mengeluarkan banyak keringat
  2. Gantilah pakaian dalam setiap hari
  3. Gunakan handuk bersih dan jangan bercampur dengan orang lain, usakan ganti handuk sesering mungkin dengan yang bersih
  4. Hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat
  • Cara Menghilangkan Kurap di Bokong

Pada dasarnya, area tubuh seperti selangkangan dan bokong tidaklah jauh berbeda. Keduanya sama-sama merupakan area tubuh yang paling mudah terinfeksi jamur karena kondisinya yang lembab tertutup oleh pakaian dalam. Untuk menghilangkannya, maka dapat melakukan beberapa cara seperti :

  1. Usahakan agar area bokong atau pantat selalu kering dan tidak lembab dengan cara rutin mengganti pakaian dalam minimal satu kali sehari
  2. Gunakanlah handuk yang bersih setiap hari dan usahakan mengganti dan mencuci handuk sesering mungkin
  3. Agar tidak mudah lembab, maka gunakan pakaian dalam dengan bahan yang dingin seperti contohnya katun

Obat Kurap Paling Ampuh

Setelah melakukan beberapa cara di atas, maka gunakan juga jenis obat-obatan topikal seperti salep kurap serta obat-obatan oral untuk mempercepat proses penyembuhan. Adapun beberapa jenis obat topikal yang dapat dicoba antara lain seperti :

  1. Miconazole – Oleskan salep ini pada bagian yang terkena kurap hingga dua kali dalam sehari hingga kurang lebih 10 hari secara berturut-turut.
  2. Ketokonazole – Oleskan salep ini minimal satu kali hingga dua kali dalam sehari hingga kulit terlihat normal kembali.
  3. Clotrimazole – Oleskan salep ini dua hingga tiga kali dalam sehari secara berturut-turut hingga empat minggu atau 1 bulan.
  4. Econazole – Oleskan salep ini dua kali dalam sehari hingga kulit terlihat normal kembali.
  5. Terbinafine – Oleskan salep ini minimal satu kali hingga dua kali dalam sehari secara berturut-turut selama dua minggu.

Selain menggunakan obat topikal atau salep kurap di atas, maka pengobatan pun dapat dibantu dari dalam dengan menggunakan obat oral khusus untuk penyakit kulit. Salah satunya yakni mengkonsumsi Griseofulvin satu kali sehari sehabis makan hingga kurap hilang yakni kurang lebih selama 2 minggu.

Baca juga: Obat Gatal Alergi Kulit yang Ampuh dan Efektif


Cara Menghilangkan Bekas Kurap

Setelah kurap sembuh dan kulit menjadi normal kembali, biasanya akan terdapat bekas kurap dengan warna kulit yang lebih gelap. Untuk mengatasinya, maka dapat mencoba beberapa cara menghilangkan bekas kurap berikut ini.

  1. Gunakan krim atau salep dengan kandungan vitamin E, atau dapat juga menggunakan salep yang mengandung vitamin C, cyclic, dan xilicanes.
  2. Dapat juga menggunakan odol atau pasta gigi yang memiliki whitening dengan cara menggosokannya pada bekas kurap.
  3. Dan salah satu langkah lainnya yang dapat dicoba adalah menggunakan teknik laser resurfacing oleh para ahli.

Beberapa jenis salep kurap yang digunakan pada artikel cara menghilangkan kurap di atas tadi merupakan obat penyakit kurap di apotik yang mudah ditemukan. Selain itu, beberapa obat kurap di apotik tersebut juga sudah terbukti ampuh dan efektif dalam mengatasi penyakit kulit seperti kurap.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat. Jika Bidhuaners mempunyai referensi obat kurap lainnya yang ingin ditambahkan pada artikel ini, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kontak yang telah tersedia.

Baca juga: Salep Genoint Gentamicin untuk Infeksi Kulit