Jenis-jenis Obat Antidepresan (Disertai Nama Obat Merk & Generik nya)

0
559
Jenis-Jenis Obat Antidepresan Merk dan Generiknya
Jenis-Jenis Obat Antidepresan Merk dan Generiknya

Bidhuan.com – Obat Antidepresan merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi depresi pada penderita gangguan kejiwaan. Namun penggunaan obat antidepresan ini diketahui tidak sebebas penggunaan obat medis lain pada umumnya. Lantas, apa obat antidepresan di apotik dijual bebas? jenis obat antidepresan itu apa saja? Adakah obat antidepresan yang dijual bebas? Atau, apa saja obat antidepresan tanpa resep dokter? Temukan informasi lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Untuk mengatasi depresi pada seorang penderita gangguan kejiwaan tidak hanya dapat mengandalkan obat antidepresan saja. Banyak faktor lain yang sebenarnya juga harus sangat diperhatikan, seperti bertemu psikiater atau psikolog serta bertemu dengan keluarga, hingga berinteraksi dengan masyarakat di lingkungan sekitar.

Obat Antidepresan

Jenis-Jenis Obat Antidepresan
Jenis-Jenis Obat Antidepresan

Beberapa hal tersebut memang akan saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Karena untuk menyembuhkan depresi pada penderita gangguan kejiwaan memang tidaklah mudah. Selain itu, sebaiknya sebelum menggunakan obat-obatan antidepresan, Anda juga perlu untuk mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Obat Antidepresan :

  • Golongan Serotonin

Obat antidepresan golongan serotonin sendiri diketahui merupakan golongan terbaru yang kini banyak di rekomendasikan. Hal tersebut karena jenis obat ini memiliki toleransi yang baik serta minim efek samping. Beberapa jenisnya yang dapat diketahui antara lain seperti :

  1. Sertraline
  2. Fluoxetine
  3. Paroxetine
  4. Escitalopram
  • Golongan Serotonin-Norepinefrin

Tidak berbeda jauh dengan jenis obat antidepresan pertama tadi, karena golongan ini juga diketahui merupakan golongan paling baru yang sudah terkenal efektif mengatasi depresi. Beberapa merk jual yang sudah ternama adalah Effexor dan Cymbalta. Namun diketahui jenis obat ini sekarang sedang tidak tersedia di Indonesia.

  • Golongan Trisiklik

Obat antidepresan golongan trisiklik ini diketahui memiliki efek lain seperti antinyeri. Kerap digunakan sebagai obat racikan oleh para dokter syaraf pada umumnya. Salah satu yang paling terkenal adalah Amitryptiline 25 mg. Selain harganya yang relatif murah, obat ini juga tersedia dalam berbagai macam bentuk generik.

  • Golongan Tetrasiklik

Golongan obat antidepresan ini juga sebenarnya masih sama seperti golongan obat antidepresan sebelumnya. Salah satu merk terkenalnya adalah Ludiomil yang juga memiliki merk generik yakni Maproptiline. Namun diketahui obat generik tersebut kini tidak tersedia.

  • Golongan Monoamine

Berbeda dari beberapa golongan sebelumnya, obat antidepresan golongan monoamine ini merupakan obat lama yang kini sudah jarang digunakan. Pasalnya memiliki efek samping negatif yang cukup berbahaya, salah satunya dapat menyebabkan keracunan serotonin.

Bahkan jenis obat antidepresan ini tidak diperkenankan diminum bersamaan dengan obat flu. Salah satu merk obat terkenal dari golongan ini adalah Aurorix yang juga memiliki jenis generik yakni Mocloblemide.

  • Obat Antidepresan Tanpa Resep Dokter

Selain obat antidepresan yang hanya dapat dibeli dengan resep dokter, saat ini terdapat juga jenis obat antidepresan yang dijual bebas. Akan tetapi perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa jenis obat depresi tanpa resep dokter tersebut berarti obat ilegal.

Jika ingin menggunakannya sendiri, maka harus siap dengan segala konsekuensinya. Beberapa contoh jenis obat antidepresan yang saat ini marak dijual bebas terutama di toko-toko online antara lain seperti :

  1. Dumolid
  2. Calmled
  3. Riklona
  • Obat Antidepresan di Apotik

Hampir seluruh jenis obat antidepresan tentu akan selalu tersedia di apotik, hanya saja obat antidepresan yang dijual di apotik ini biasanya merupakan obat yang harus ditebus dengan resep dokter.

Beberapa contoh obatnya sudah disebutkan di atas tadi dari beberapa merk terkenal, diantaranya seperti :

  1. Effexor
  2. Cymbalta
  3. Amitryptiline
  4. Sertraline
  5. Fluoxetine
  6. Paroxetine
  7. Escitalopram
  8. Dll.

Demikian tadi adalah ulasan singkat mengenai jenis obat antidepresan yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi obat-obatan medis di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semua.

Baca juga: Nama Obat Penenang, Cek Daftarnya di Sini