Ambroxol Sirup: Obat Pengencer Dahak/Lendir di Tenggorokan

0
433
Ambroxol Sirup: Obat Pengencer Dahak/Lendir di Tenggorokan
Ambroxol Sirup: Obat Pengencer Dahak/Lendir di Tenggorokan

Bidhuan.com Ambroxol Sirup merupakan salah satu jenis obat yang masuk ke dalam golongan agen mukolik. Obat metabolit bromhexine ini memang dapat menjadi varian obat yang ampuh dalam mengencerkan lendir/dahak yang sulit dikeluarkan. Apakah Ambroxol Sirup obat batuk ini dapat digunakan untuk anak-anak? Apa saja indikasi dan kontra indikasi dari Ambroxol Sirup obat batuk ini? Temukan informai lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Penyakit seperti batuk berdahak memang dapat terjadi pada siapa saja, baik dewasa ataupun pada anak-anak. Pada sebagian kasus, tidak sedikit penderita batu berdahak yang kesulitan mengeluarkan lendir atau dahak yang ada di tenggorokannya. Lalu bagaimana solusinya? Salah satunya yakni dengan menggunakan obat Ambroxol Sirup ini.

Farmakologi Obat Batuk Berdahak Ambroxol Sirup

obat yang ampuh dalam mengencerkan lendir/dahak
obat yang ampuh dalam mengencerkan lendir/dahak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa obat batuk berdahak ini merupakan obat metabolit bromhxine yang memiliki sitematis memecah serat pada asam mukopolisakarida agar lendir/dahak akan menjadi lebih cair atau encer. Juga dapat mengurangi terjadinya adhesi lendir yang terdapat pada dinding tenggorokan sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui batuk.

Akan tetapi perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa Ambroxol Sirup ini merupakan varian obat yang harus menggunakan resep dokter. Maka dari itu sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter saat akan menggunakan obat batuk berdahak ini.

Baca juga: Obat Anak Batuk Pilek, Jangan biarkan Anak Menderita Berlama-lama!

Untuk informasi lengkapnya, silahkan ikuti terus ulasan di bawah ini.

Informasi Obat Batuk Berdahak Ambroxol Sirup :

  • Indikasi

Ambroxol Sirup merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Adapun indikasi atau kegunaan lain dari obat batuk sirup ini yakni untuk beberapa kondisi seperti :

  1. Mengatasi penyakit saluran pernafasan yang memiliki dahak atau lendir dalam jumlah yang relatif banyak. Beberapa diantaranya seperti radang paru kronis, eksaserbasi bronkitis akut dan kronis, asma bronkial, bronkiektatis, dan radang rinofaringeal.
  2. Membantu mengatasi rasa sakit di tenggorokan yang disebabkan oleh batuk berdahak.
  3. Dapat juga menjadi anti-inflamasi, yakni membantu mengurangi kemerahan yang terdapat pada tenggorokan saat batuk atau sakit tenggorokan.
  • Kontra Indikasi¬†

Selain indikasi, tentunya setiap obat pasti akan memiliki kontra indikasi. Untuk obat batuk Ambroxol Sirup ini diketahui terdapat beberapa kontra indikasi yang wajib diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Hindari penggunaan obat batuk berdahak ini pada penderita dengan riwayat hipersensitivitas atau alergi.
  2. Sebaiknya hati-hati dan sesuaikan dengan anjuran dokter saat memberikan obat batuk berdahak ini pada penderita tukak lambung atau ulkus pada lambung.
  • Efek Samping Ambroxol Sirup

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi pada saat penggunaan obat batuk berdahak ini adalah :

  1. Efek samping yang terhitung ringan yakni akan mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti mual-mual, muntah, hingga terasa nyeri pada ulu hati.
  2. Untuk efek samping yang cukup serius namun jarang terjadi maka adanya reaksi alergi pada kulit seperti kemerahan, bengkak pada bagian wajah, sesak nafas, dispnea, hinggga terkadang demam.
  3. Reaksi intoleran setelahnya pemberian obat batuk berdahak ini memang pernah dilaporkan terjadi, akan tetapi kondisi atau kasus tersebut jarang terjadi pada penggunanya.
  • Dosis Ambroxol Sirup Obat Batuk

Obat batuk Ambroxol Sirup ini dapat diberikan pada orang dewasa dan anak-anak bahkan pada bayi. Namun dosis yang diberikan harus tepat sesuai dengan kebutuhannya. Karena di dalam 5 ml Ambroxol Sirup ini memiliki kandungan Ambroxol HCI sebanyak 15 mg. Adapun takaran dosis yang dianjurkan adalah :

  1. Dosis obat batuk Ambroxol Sirup untuk anak > 12 tahun dan dewasa adalah 10 ml (2-3 kali sehari).
  2. Dosis untuk anak usia 6-12 tahun adalah 5 ml (2-3 kali sehari).
  3. Dosis untuk anak usia 2-5 tahun adalah 2.5 ml (3 kali sehari).
  4. Dosis Ambroxol Sirup untuk bayi dengan usia < 2 tahun adalah 2.5 (2 kali sehari).
  5. Dosis Ambroxol per kg berat badan adalah 1.2 – 1.5 mg / kg BB (berat badan) / hari dalam dosis bagi.
  • Perhatian !

Beberapa hal yang wajib diperhatikan saat akan menggunakan obat ini adalah :

  1. Sebaiknya obat batuk berdahak ini diminum setelah makan
  2. Untuk pengunaan jangka panjang, maka dosis penggunaannya dapat dikurangi.
  3. Hindari penggunaan obat batuk ini pada ibu hamil dan menyusui karena belum terbukti efektif. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  4. Jika terjadi reaksi alergi atau bahkan overdosis, maka segera hubungi/temui dokter.
  • Kemasan dan Harga Obat Batuk Ambroxol

Obat batuk Ambroxol Sirup ini sebenarnya terbagi menjadi dua jenis berbeda. Adapun kemasan yang dapat ditemukan di pasaran yakni :

  1. Ambroxol Sirup dalam kemasan botol 60 ml (tiap 5 ml sirup mengandung Ambroxol HCI 15 mg).
  2. Ambroxol Sirup Forte dalam kemasan botol 60 ml (tiap 5 ml sirup mengandung Ambroxol HCI 30 mg).

Ambroxol Sirup sendiri dijual dengan kisaran harga Rp. 8.000 dan Ambroxol Sirup Forte dijual dengan kisaran harga Rp. 34.000.

Semoga informasi detail mengenai obat batuk berdahak Ambroxol Sirup di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semua.

Baca juga: Efek Kandungan Dekstrometorfan pada Obat Batuk, mulai dari Halusinasi sampai Kematian