4 Obat Pengencer Dahak untuk Mengobati Batuk Berdahak

0
3435
4 Obat Pengencer Dahak untuk Mengobati Batuk Berdahak
4 Obat Pengencer Dahak untuk Mengobati Batuk Berdahak

Bidhuan.com – Penyakit seperti batuk berdahak memang paling tepat jika diatasi dengan obat pengencer dahak. Menggunakan Obat pengencer dahak di tenggorokan tersebut, merupakan salah satu cara efektif untuk mengobati batuk berdahak yang sulit dikeluarkan. Lalu, apa sajakah merk obat batuk yang bagus? Apa saja obat batuk paling ampuh di apotik? Atau mungkin Anda masih memiliki banyak pertanyaan lainnya? Untuk menemukan jawabannya, simak terus ulasan dibawah ini.

Penyakit seperti batuk berdahak sendiri tentu saja tidak serta merta mudah mengeluarkan dahaknya. Ada yang memang mudah dikeluarkan, namun ada juga batuk berdahak yang dahaknya sulit untuk dikeluarkan. Untuk kasus seperti itu, maka salah satu solusinya yakni menggunakan obat pengencer dahak yang tepat.

Macam-Macam Obat Pengencer Dahak

obat pengencer dahak untuk bayi dan dewasa
obat pengencer dahak untuk bayi dan dewasa

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat pengencer dahak, tentu ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengapa dahak yang ada di tenggorokan sulit dikeluarkan. Kondisi tersebut memang diketahui dipicu oleh beberapa faktor, dan beberapa faktor penyebabnya tersebut antara lain :

  • Terjadinya infeksi paru/Pneumonia
  • Asma bronkiale
  • Bronkitis
  • ISPA
  • Bronkiektasis
  • Dll

Dahak yang sulit dikeluarkan pada tenggorokan tentu saja akan membuat rasa tidak nyaman dan sebaiknya segera diatasi. Cara mengatasinya yakni dapat menggunakan beragam jenis obat pengencer dahak di tenggorokan yang kini banyak dijualĀ di apotik.

Baca juga: Pilihan Obat Asma (Sesak Nafas) dan Batuk yang Ampuh dan Efektif

Bagi Anda yang membutuhkan referensi, maka inilah beberapa jenis obat pengencer dahak untuk bayi dan dewasa yang dapat anda coba gunakan.

Pilihan Merk Obat Pengencer Dahak :

  • Obat Batuk Pengencer Dahak Bisolvon

Salah satu jenis obat pengencer dahak di tenggorokan yang ampuh dan efektif adalah obat Bisolvon ini. Untuk jenis tablet maka di dalamnya terkandung bromhexine HCI setara bromhexine 8 mg. Kandungan tersebut diketahui dapat membantu mengencerkan dahak yang sulit keluar di tenggorokan.

Obat batuk Bisolvon ini juga mudah ditemukan di apotik dan dapat dikatakan sebagai salah satu merk obat batuk yang bagus serta merupakan obat batuk paling ampuh untuk dewasa. Untuk Bisolvon tablet 8 mg ini biasanya akan dijual dengan kisaran harga sekitar 2 ribu rupiah perstripnya, namun biasanya harga akan tergantung daerah.

  • Limoxin Oral Drops 15 mg (obat pengencer dahak untuk bayi)

Obat pengencer dahak untuk bayi ini dikenal juga dengan nama Ambroxol Drops, karena memang di dalamnya terdapat kandungan Ambroxol HCI yang dapat membantu mengencerkan dahak di tengorokan.

Saat akan menggunakan obat pengeluar dahak untuk bayi ini maka sebaiknya dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dan untuk harganya sendiri, Limoxin Oral Drop 15 mg ini dijual dengan kisaran harga Rp. 29.000.

  • Obat Salbutamol

Berbeda dengan dua obat pengencer dahak sebelumnya, Salbutamol ini merupakan obat bronkodilator yang bekerja untuk membuka atau melebarkan saluran napas (khususnya bronkus) terutama pada penderita asma. Salbutamol sendiri hingga saat ini tersedia dalam tiga jenis obat yang berbeda seperti syrup, tablet, dan inhaler.

Selain itu, obat yang mengandung salbutamol sulfat ini juga dapat digunakan untuk orang dewasa, anak-anak dan balita, serta lansia. Namun dosis yang diberikah haruslah tepat dan sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

  • Ambroxol (obat untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan)

Satu lagi obat batuk paling ampuh di apotik untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan adalan Ambroxol. Obat Ambroxol Hydochloride (HCI) yang termasuk jenis Expectorant ini memang dapat dikatakan sebagai salah satu obat batuk paling ampuh untuk dewasa.

Khususnya untuk kasus seperti dahak yang mengental di tenggorokan dan kerap menghambat pernapasan pada batuk berdahak. Dengan kinerja obat yang cepat, maka tak heran jika jenis obat ini juga menjadi salah satu obat batuk paling ampuh di apotik.

Hampir seluruh jenis obat batuk di atas tadi diketahui merupakan merk obat batuk yang bagus dan layak di coba untuk kasus seperti dahak yang sulit keluar pada batuk berdahak. Sebenarnya tidak perlu bingung ketika mencari obat pengencer dahak pada saat ini, karena sudah terdapat banyak referensi yang akan membantu Anda.

Jika ada obat pengencer dahak lainnya yang ingin anda referensikan, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia agar dapat ditambahkan ke dalam artikel ini.

Baca juga: 3 Pilihan Obat Batuk Kering untuk Anak Terbaik