Obat Omeprazole 20 Mg: Obat Antisekresi untuk Mengatasi Penyakit Maag

0
2849
Obat Omeprazole 20 Mg
Obat Omeprazole 20 Mg

Bidhuan.comObat Omeprazole adalah salah satu obat Antisekresi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan asam lambung. Jenis obat ini kerap digunakan sebagai salah satu cara mengatasi permasalahan lambung yang paling efektif. Lantas, apa saja indikasi serta kontradiksi obat Omeprazole 20 mg tersebut? Berapakah harga Omeprazole 20 mg saat ini? Temukan informasi lengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Permasalahan seperti asam lambung yang meningkat atau yang umumnya dikenal dengan nama “Penyakit Maag” memang merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi. Penyakit ini terjadi lantaran produksi asam lambung yang terus meningkat, sehingga menimbulkan keluhan lain yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan penggunaan obat Omeprazole ini.

Baca juga: Penyakit Infeksi Lambung : Penyebab, Gejala dan Obat yang Digunakan

Farmakologi Obat Omeprazole 20 mg

Diketahui bahwa obat Omeprazole ini masuk pada jenis obat penghambat pompa proton dan di kategorikan sebagai salah satu jenis obat antisekresi. Fungsi utama dari obat ini adalah menekan sekresi atau peningkatan asam lambung dengan menghambat H+/K+- ATPase atau Pompa Proton pada bagian permukaan kelenjar sel parietal gastrik di pH<4.

Obat Omeprazole ini merupakan obat yang hanya bisa dibeli dengan resep Dokter. Jadi, jika anda ingin membeli obat ini, pastikan terlebih dahulu telah memiliki resep Dokter ya.

Untuk mengetahui informasi lainnya dari obat Omeprazole ini, silahkan simak terus ulasan dibawah ini.

Informasi Obat Omeprazole 20 mg :

Obat Antisekresi untuk Mengatasi Penyakit Maag
Obat Antisekresi untuk Mengatasi Penyakit Maag
  • Indikasi Obat Omeprazole 20 mg

Omeprazole 20 mg dapat digunakan untuk mengurangi dan menurunkan produksi asam lambung.

Indikasi lain dari Omeprazole ini adalah untuk mengobati dan mencegah gangguan pencernaan lain, seperti tukak lambung, nyeri pada ulu hati, GERD atau penyakit asam lambung, hingga mengatasi sindrom Zollinger Ellison.

Dapat juga mengobati infeksi yang di karenakan bakteri H. Pylori serta dapat membantu menurunkan kadar asam lambung selama proses operasi.

  • Kontra Indikasi Obat Omeprazole 20 mg

Obat ini tidak memiliki banyak kontra indikasi bagi penggunanya, namun sebaiknya hindari penggunaan obat ini bagi penderita hypersensitif terhadap kandungan omeprazole.

  • Komposisi Obat Omeprazole 20 mg

Dalam setiap kapsul mengandung Omeprazole 20 mg.

  • Dosis Obat Omeprazole 20 mg

Untuk penggunaan obat yang tepat, maka pemberian obat pun dibedakan menurut keluhan yang di derita.

  1. Untuk penderita gangguan pencernaan dan nyeri pada ulu hati, tukak usus halus, esofagitis,/radang kerongkongan, maka dosis yang di anjurkan adalah 20 mg perhari.
  2. Untuk penderita tukak lambung maka dosis yang di anjurkan adalah 40 mg perhari.
  3. Untuk penderita GERD atau penyakit asam lambung maka dosis yang di anjurkan 10 – 40 mg perhari.
  4. Untuk penderita infeksi H. Pylori maka dosis yang di anjurkan adalah 20 – 40 mg.
  5. Dan untuk penderita sindrom zollinger ellison maka dosis yang di anjurkan adalah 60 – 120 mg.
  • Efek Samping Obat Omeprazole 20 mg

Beberapa efek samping yang berpotensi terjadi ialah,

  1. Konstipasi
  2. Sakit kepala
  3. Sakit perut
  4. Diare
  5. Sakit tenggorokan
  6. Nyeri sendi
  7. Kram otot
  8. Kehilangan selera makan
  • Peringatan

Obat Omeprazole ini dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak bahkan oleh ibu hamil dan menyusui, maka dari itulah sebaiknya dosis yang di berikan di sesuaikan dengan anjuran dokter.

Bagi penderita gangguan atau penyakit hati, atau yang memiliki kadar kalsium tubuh rendah serta gangguan tulang. Harus berhati-hati dalam menggunakan obat Omeprazole ini.

Jika terjadi alergi atau bahkan overdosis, maka segeralah temui dokter.

  • Kemasan dan Harga Omeprazole 20 mg

Obat ini dikemas dalam kemasan strip yang di dalamnya terdapat 10 kapsul dengan No. Reg : GKL0508512601A1.  Untuk 1 stip obat Omeprazole ini biasanya diual dengan kisaran harga Rp. 5.700.

Melalui sedikit ulasan di atas maka diharap Anda memperoleh informasi yang tepat mengenai obat Omeprazole 20 Mg ini. Semoga informasi obat di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca juga: Inilah Fungsi dan Kandungan Obat Xepazym Pancreatin Simethicone