Obat Loratadine 10 mg: Mengobati Reaksi Alergi Dengan Obat Generik Alergi

0
1005
Obat Loratadine 10 mg
Obat Loratadine 10 mg

Bidhuan.comObat Loratadine 10 mg ini memang merupakan salah satu solusi yang dapat anda coba sebagai cara mengatasi alergi atau mengobati reaksi alergi. Lantas, apa saja indikasi dan kontradiksi dari obat Loratadine ini? Bagaimana penggunaan obat Loratadine untuk ibu hamil, apakah boleh? Seberapa banyak dosis yang dianjurkan? Simak terus ulasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Diketahui bahwa Loratadine sendiri merupakan salah satu jenis obat yang dapat mengatasi reaksi beberapa jenis alergi seperti bersin, hidung tersumbat, mata berair, hingga ruam pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga, debu, atau bulu hewan. Selain tersedia dalam bentuk tablet, obat Loratadine juga tersedia dalam bentuk syrup.

Sebagian dari kita mungkin ada yang bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh, salah satunya yakni tubuh kita memproduksi kadar zat histamin berlebih. Namun tahukah Anda? Bahwa kelebihan zat histamin di dalam tubuh tersebutlah yang merupakan faktor utama pemicu terjadinya alergi di dalam tubuh manusia.

Farmakologi Obat Loratadine 10 mg

Dan kondisi tersebut dapat di atasi dengan menggunakan obat Loratadine ini. Karena memang obat Loratadine sendiri masuk pada kategori jenis obat antihistamin yang dapat menekan produksi kadar histamin berlebihan di dalam tubuh.

Baca juga: Obat Gatal Alergi Kulit yang Ampuh dan Efektif

Untuk mengetahui lengkapnya, inilah informasi detail mengenai obat Loratadine yang dapat kita ketahui bersama.

Informasi Obat Loratadine 10 mg untuk Alergi Tubuh :

Mengobati Reaksi Alergi Dengan Obat Generik Alergi
Mengobati Reaksi Alergi Dengan Obat Generik Alergi
  • Indikasi Obat Loratadine 10 mg

Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi bahwa obat Loratadine ini dapat mengatasi gejala rhinitis alergik seperti bersin, gatal pada hidung, hingga rasa terbakar pada mata. Selain itu, obat Loratadine ini juga dapat mengurangi gejala lain seperti tanda urtikaria kronik hingga penyakit dermatologi alergi lainnya.

  • Kemasan dan Komposisi Obat Loratadine 10 mg

Obat antihistamin ini dijual dalam kemasan strip film yang berisi 10 tablet. Dalam setiap tablet obat Loratadine ini diketahui terdapat kandungan Loratadine sebesar 10 mg. Maka dari itulah obat ini juga masuk pada golongan obat resep, yang pemberiannya sebaiknya dibawah pengawasan ahli medis atau dokter.

  • Dosis Obat Loratadine 10 mg

Untuk orang dewasa atau yang berusia lanjut serta anak diatas usia 12 tahun dapat mengkonsumsi obat ini sebanyak 1 tablet perhari.

Sedangkan untuk anak berusia 2 hingga 12 tahun, dosis yang dianjurkan adalah 1 tablet perhari jika anak memiliki berat badan di atas 30 kg dan 1/2 tablet untuk anak yang memiliki berat badan dibawah 30 kg.

Sedangkan untuk anak-anak dengan kisaran usia di bawah 2 tahun, sebaiknya tidak menggunakan obat ini. Karena khasiat serta keamanannya belum terbukti secara klinis.

  • Peringatan dan Perhatian

Obat ini sebaiknya tidak di konsumsi oleh ibu yang tengah menyusui, karena obat ini di eksresikan juga di dalam ASI sehingga dapat terminum oleh bayi. Obat Loratadine untuk ibu hamil ini juga tidak dianjurkan karena memiliki kemungkinan yang besar membahayakan janin di dalam kandungan.

Untuk penderita gangguan hati berat, maka pemberian obat Loratadine harus mendapatkan pengawasan yang tepat serta diberikan dalam dosis kecil terlebih dahulu. Dimulai dari 5 mg perhari atau 10 mg per dua hari.

  • Perbedaan Cetrizine dan Loratadine

Sebenarnya obat Loratadine dan Cetrizine sendiri merupakan obat antihistamin untuk mengatasi alergi. Perbedaannya adalah pada cara kerja obat, dimana obat Loratadine biasanya akan bekerja lebih lambat dari Cetrizine. Namun untuk anak dengan kisaran usia antara 2 hingga 12 tahun sebaiknya menggunakan Loratadine. Hal tersebut karena efek samping dari obat Loratadine dirasa lebih ringan dibandingkan dengan Cetrizine.

Obat Loratadine ini juga diketahui merupakan jenis obat generik, maka dari itulah kisaran harganya pun relatif lebih murah. Harga Loratadine 10 mg ini diketahui dijual pada kisaran harga Rp. 4.000/strip. Semoga informasi obat dan kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Gatal Alergi Secara Alami