3 Terapi Cara Pengobatan Mata Minus Tanpa Kacamata

0
622
Cara Mengobati Mata Minus Tanpa Kacamata
Cara Mengobati Mata Minus Tanpa Kacamata

Bidhuan.com – Pengobatan mata minus memang dapat dilakukan dengan berbagai metode atau cara. Penyakit seperti mata minus selain bisa disembuhkan dengan menggunakan pengobatan medis, juga dapat diatasi dengan cara alami. Lalu, bagaimana cara mengobati mata minus tinggi? Atau, bagimana cara mengobati mata minus tanpa kacamata? Bagi Bidhuaners yang membutuhkan referensi, maka simak terus ulasan dibawah ini.

Penyakit seperti mata minus atau rabun jauh ini merupakan kondisi dimana mata tidak dapat melihat sesuatu dari jarak yang jauh, namun dapat dilihat jika dalam jarak yang dekat. Kondisi tersebut karena cahaya yang masuk tidak fokus di bagian retina mata, namun jauh di bagian depannya. Hingga indera penglihatan pun mengalami gangguan. Dan kondisi tersebut jelas harus mendapatkan pengobatan mata minus yang tepat.

Terapi untuk Pengobatan Mata Minus

Cara Mengobati Mata Minus Tanpa Kacamata
Cara Mengobati Mata Minus Tanpa Kacamata

Salah satu cara yang banyak digunakan untuk mengatasi mata minus ialah menggunakan kacamata minus. Dengan bantuan alat seperti kacamata, maka penderita mata minus dapat melihat berbagai objek dengan jelas sekalipun dalam jarak yang jauh. Namun, adakah cara mengobati minus tanpa kacamata? Tentu saja jawabannya “ada”, hanya saja mungkin terapi tersebut akan membutuhkan waktu yang relatif lama tergantung kondisi minus pada mata penderitanya.

Baca juga: Penyebab serta Ciri Mata Silinder (Astigmatisme) Rendah dan Tinggi

Sebenarnya salah satu langkah yang paling tepat mengobati kondisi mata minus adalah dengan cara operasi atau lasik. Namun selain langkah tersebut, tentu masih ada terapi pengobatan lain yang juga dapat dicoba. Bagi Anda yang penasaran, maka berikut ini adalah beberapa pengobatan mata minus selain menggunakan kacamata atau langkah operasi.

Cara Mengobati Mata Minus Tanpa Kacamata :

  • Terapi Pengobatan Mata Minus (Cara Menyembuhkan Mata Minus Tinggi)

Terapi ini sebenarnya merupakan latihan untuk menstimulasi otot mata agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satunya juga yakni untuk mengobati mata minus.

Dan berikut ini adalah beberapa langkah yang yang dapat di ikuti :

  1. Luruskan pandangan ke depan.
  2. Luruskan tangan kanan sejajar dengan bahu dan acungkan jari telunjuk.
  3. Liat jari tersebut dengan fokus, dan arahkan fokus ke sebelah kanan.
  4. Palingkan wajah ke kiri secara perlahan namun jangan alifkan fokus mata tersebut.
  5. Tahan pandangan saat mata terasa sudah pada sudut maksimal.
  6. Lepas pandangan secara perlahan ketika mata sudah merasa lelah.

Lakukan cara tersebut dengan fokus pandangan ke seluruh penjuru. Namun perlu juga diketahui, terapi ini akan membuat pusing hingga mual, yang berarti mata Anda memang mengalami minus. Istirahatkan mata setelah melakukan terapi tersebut, dan sebaiknya terapi ini dilakukan di tempat terbuka yang memiliki banyak fokus pandangan jarak jauh.

  • Terapi Fokus Jauh Dekat (Cara Mengobati Minus Tanpa Kacamata)

Selain cara di atas, terapi ini juga dapat dicoba untuk mulai melatih fokus pandangan mata jauh dan dekat. Hanya saja diketahui bahwa cara ini mungkin akan lebih efektif untuk terapi mata minus rendah atau yang belum terlalu parah.

Berikut ini adalah langkah yang dapat diikuti :

  1. Luruskan pandangan ke depan.
  2. Luruskan juga tangan kanan kedepan sejajar dengan bahu, dan acungkan telunjuk.
  3. Lihat jari telunjuk tersebut dengan fokus, kemudian gerakan jari maju mundur secara perlahan namun jangan lepaskan fokus mata.
  4. Setelah beberapa kali dicoba, lalu lepaskan fokus tersebut dan cobalah untuk melihat benda yang jauh.

Terapi ini bukan merupakan cara mengobati mata minus tinggi, melainkan terapi untuk penyembuhan mata minus rendah. Melakukan terapi ini juga dapat menimbulkan rasa pusing hingga mual, namun jika dilakukan secara rutin dan teratur maka dapat memberikan kesembuhan.

  • Cara Mengobati Mata Minus Dengan Wortel

Kendati bukan merupakan obat mata minus paling ampuh, namun mengkonsumsi jus wortel secara rutin dan teratur dapat menjadi terapi yang baik untuk menyehatkan mata. Agar tidak bosan, jus wortel yang dibuat dapat juga dicampurkan dengan beberapa bahan alami seperti apel, brokoli, pepaya, jagung muda, dll.

Itulah 3 cara pengobatan mata minus tanpa harus menggunakan kacamata atau obat-obatan, semoga informasi kesehatan mata di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Bidhuaners semuanya.

loading...

Baca juga: Penyebab Mata Bengkak dan Daftar Nama Obatnya