6 Cara Mengatasi Keracunan Obat yang Tepat dan Efektif

0
377
6 Cara Mengatasi Keracunan Obat yang Tepat dan Efektif
6 Cara Mengatasi Keracunan Obat yang Tepat dan Efektif

Bidhuan.comCara mengatasi keracunan obat memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya jika Bidhuaners salah mengambil langkah, maka tidak menutup kemungkinan gejala keracunan obat tersebut malah akan menjadi semakin parah. Untuk itulah sebaiknya kita dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi keracunan obat yang tepat dan efektif. Mulai dari bagaimana cara mengatasi keracunan obat kadaluarsa? Apa saja gejala keracunan obat antibiotik? Temukan jawaban lengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Kondisi seperti keracunan obat diketahui sebagai kondisi yang menyebabkan penderitanya berada dalam kondisi yang sangat bahaya. Jika tidak segera diatasi, maka terdapat banyak efek samping negatif yang akan merugikan tubuh bahkan membahayakan. Oleh sebab itulah mengapa mengatasi keracunan obat harus dilakukan dengan tepat dan cepat.

Cara Mengatasi Keracunan Obat yang Tepat

cara mengatasi keracunan obat kadaluarsa
cara mengatasi keracunan obat kadaluarsa

Terdapat beberapa gejala yang ditunjukan dari kondiri keracunan obat, termasuk gejala keracunan obat antibiotik dan ciri ciri keracunan obat dari dokter. Berikut ini adalah gejalanya :

  1. Gangguan pencernaan seperti nyeri pada perut bagian bawah, sakit perut, mual, hingga muntah-muntah.
  2. Rasa kantuk berlebihan hingga kehilangan kesadaran.
  3. Reaksi bingung, panik hingga merasa seperti tertekan.
  4. Gerakan tubuh menjadi aktif yang berpotensi menyebabkan kejang.
  5. Mengeluarkan keringat berlebihan.
  6. Mengalami halusinasi.
  7. Detak jantung tidak stabil, bisa sangat cepat atau bahkan sangat lambat.
  8. Kulit membiru akibat kurangnya asupan oksigen.
  9. Kadar air liur yang tinggi.

Gejala keracunan obat terebut merupakan gejala umum yang akan terjadi pada keracunan hampir seluruh jenis obat-obatan.

Baca juga: 4 Gejala dan Tanda Keracunan Makanan yang Wajib Diwaspadai

Dan berikut ini adalah cara mengatasi keracunan obat kadaluarsa, cara mengatasi keracunan obat antibiotik, serta cara mengatasi keracunan obat kimia yang dapat kita ketahui bersama.

Cara Mengatasi Keracunan Obat :

  • Posisi yang Nyaman

Jika penderita masih dalam kondisi yang sadar, maka tempatkan terlebih dahulu pada posisi yang membuatnya sangat nyaman. Dapat menggunakan posisi duduk dengan bersandar namun tegak, duduk dan setengah tidur, atau tidur dengan posisi bantal yang sangat tinggi.

  • Hindari Memuntahkan Obat

Secara logika, memuntahkan obat yang sudah tertelan merupakan langkah yang paling tepat dalam mengatasi keracunan obat. Namun jika dari sisi medis, cara ini justru sangat dilarang karena berpotensi menimbulkan dampak negatif yang sangat serius. Namun berbeda jika memang obat yang ditelah dimuntahkan secara refleks dengan sendirinya tanpa paksaaan.

  • Hindari Memberikan Air Mineral

Langkah ini juga kerap menjadi hal yang keliru bagi banyak orang. Saat terjadi keracunan obat maka pemberian air mineral akan langsung dilakukan, dengan harapan dapat membuang racun di dalam tubuh melalui urin ataupun muntah. Hal tersebut justru hanya akan membuat racun lebih mudah menyebar ke berbagai tubuh. Oleh sebab itu, hindarilah terlebih dahulu pemberian air mineral hingga penderitanya diperiksa secara intensif.

  • Hindari Menekan Bagian Perut

Saat seseorang mengalami keracunan obat, maka dipastikan bagian pencernaaan yang ada di dalam perut tidak akan nyaman. Maka dari itulah jangan menekan bagian perut karena diketahui dapat menyebabkan mual hingga muntah. Bahkan berpotensi membuat nafas melemah, detak jantung meningkat cepat, hingga kehilangan kesadaran.

  • Melakukan CPR atau Cardiopulmonary Rescucitation

Langkah ini dapat dilakukan jika pasien atau penderita sudah tidak sadarkan diri. Pasalnya saat keracunan obat yang sudah cukup parah, penderitanya biasanya akan merasa sesak nafas hingga kehilangan kesadaran. Maka dari itulah akan lebih baik jika sebelum tak sadarkan diri penderita diberikan bntuan bantuan CPR.

  • Memberikan Air Kelapa Hijau (Cara Alami Mengatasi Keracunan Obat)

Walaupun tidak diperolehkan meminum air mineral, namun diketahui bahwa penderita keracunan dapat meminum air kelapa hijau. Cara ini merupakan cara mengatasi keracunan obat secara alami, karena air kelapa hijau ini dapat membantu menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan ion positifnya mampu melawan senyawa racun hingga membuat penderitanya dapat memuntahkan racun secara alami.

Beberapa cara mengatasi keracunan obat di atas tadi memang diketahui merupakan cara paling tepat dan juga efektif sebagai pertolongan pertama pada gejala keracunan obat. Setelah melakukan antisipasi di atas, maka sebaiknya penderita langsung diobati secara intensif oleh dokter atau membawanya ke rumah sakit.

Baca juga: Tips Mencegah Keracunan Karena Kesalahan Penggunaan Obat dari BPOM