4 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga dengan Cepat dan Aman

0
459
4 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga dengan Cepat dan Aman
4 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga dengan Cepat dan Aman

Bidhuan.com – Cara mengeluarkan air dari telinga sebenarnya tidaklah sulit. Akan tetapi memang harus dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai bagian telinga yang lain, khususnya di rongga telinga. Mungkin Bidhuaners ada yang pernah mengalami, kemudian bingung dan bertanya-tanya terhadap kondisi tersebut. Saat telinga kemasukan air gimana cara mengeluarkannya? Atau, bagaimana cara menghilangkan telinga berdengung karena kemasukan air? Hingga apa saja akibat telinga kemasukan air dan bagaimana jika telinga kemasukan air berhari-hari? Temukan semua jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Setiap orang tentu pernah merasakan bagian lubang telinga kemasukan air, tidak hanya saat berenang saja namun kondisi tersebut juga bisa terjadi saat mandi. Jika Bidhuaners mengalami kondisi tersebut, maka sebaiknya menggunakan cara mengeluarkan air dari telinga yang tepat. Pasalnya jika tidak demikian, maka tidak menutup kemungkinan dengan cara yang salah hanya akan membuat rongga telinga terluka.

Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga yang Tepat

cara menghilangkan telinga berdengung karena kemasukan air
cara menghilangkan telinga berdengung karena kemasukan air

Jika air yang masuk ke rongga telinga hanya dalam waktu yang singkat dan langsung dikeluarkan memang tidak akan menjadi kendala yang serius. Namun jika telinga kemasukan air berhari-hari dan tidak segera dikeluarkan, maka hal tesebut biasanya akan memicu terjadinya peradangan pada organ pendengaran tersebut.

Peradangan tersebut biasanya terjadi pada saluran telinga bagian luar, letaknya memang masih di bagian luar gendang telinga. Jika dalam dunia medis, kondisi tersebut biasanya disebut sebagai otitis eksterna.

Baca juga: Obat Beser, Sering buang Air Kecil

Berikut ini adalah beberapa gejala dan akibat telinga kemasukan air dari yang paling ringan hingga pada tahap yang paling parah.


Gejala infeksi yang ringan :

  1. Telinga terlihat kemerahan
  2. Adanya rasa gatal pada saluran rongga telinga
  3. Daun telinga terasa sakit saat ditarik
  4. Telinga mulai mengeluarkan cairan bening namun tidak berbau

Gejala infeksi menengah :

  1. Kemerahan yang terlihat pada telinga semakin meluas
  2. Rasa gatal yag semakin terasa
  3. Rasa nyeri semakin meningkat
  4. Cairan yang dikeluarkan telinga semakin banyak
  5. Cairan yang keluar bercampur nanah
  6. Rongga telinga serasa tertutup cairan
  7. Turunnya tingkat pendengaran

Gejala infeksi yang parah :

  1. Rasa nyeri akan melebar pada bagian leher, wajah, hingga bagian sisi kepala
  2. Mulai terjadi pembengkakan di area lur telinga
  3. Rongga telinga mengalami penyumbatan
  4. Demam tinggi
  5. Dan kelenjar getah bening yang ada di leher akan turut membengkak

Jika sudah mengalami gejala yang sangat parah, maka disarankan untuk segera melakukan pengobatan yang lebih intensif. Karena jika tidak, maka kondisi tersebut akan berlanjut pada tahapan yang lebih parah lagi. Dan agar tidak sampai pada tahap tersebut, maka sebaiknya air yang terdapat di dalam telinga segera dikeluarkan dengan cara yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dicoba.

Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga :

  • Keringkan Telinga Dengan Kain Lembut

Cara ini merupakan cara mengeluarkan air dari telinga yang kemasukan air paling mudah. Cara ini dapat dilakukan pada gejala kemasukan air yang ringan dan belum terlalu dalam. Gunakan lap atau handuk berbahan halus yang mudah menyerap air untuk melakukan pengelapan pada bagian luar telinga.

Saat melakukan hal tersebut maka miringkan posisi kepala ke arah handuk agar air lebih mudah keluar. Namun jangan memasukan/menekan handuk tersebut pada rongga telinga karena hanya akan membuat air masuk lebih dalam dan sulit dikeluarkan.

  • Memiringkan Kepala ke Samping

Selain untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga, langkah ini juga menjadi salah satu cara menghilangkan telinga berdengung karena kemasukan air. Karena saat air memasuki rongga telinga cukup dalam, maka telinga pun akan serasa berdengung. Beberapa cara yang dapat dicoba antara lain seperti :

  1. Miringkan kepala pada arah telinga yang sudah kemasukan air.
  2. Lanjutkan dengan melakukan lompata kecil dengan satu kaki.
  3. Jika masih belum keluar, tarik daun telinga namun jangan terlalu keras. Cara ini bertujuan agar kanal lebih terbuka lebar sehingga air lebih mudah keluar.
  4. Jangan memasukan air kembali untuk memancing air yang ada di dalam rongga telinga.
  • Menguap

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengluarkan air di dalam telinga adalah dengan cara menguap. Khususnya jika air yang masuk ke dalam rongga telinga berada pada bagian eustachius. Karena gerakan menguap tersebut mampu melegakan ketegangan yang terdapat di dalam rongga telinga dan dapat mengeluarkan air lebih mudah.

  • Mengunyah Makanan

Kendati dirasa aneh, namun cara ini diketahui dapat membantu mengeluarkan air di bagian tabung eustachio. Karena saat rahang bergerak mengunyah makanan, maka bagian rongga dalam telinga pun akan lebih terbuka lebar. Lakukan cara ini sambil memiringkan kepala agar air lebih mudah keluar.

Jika dengan beberapa cara mengeluarkan air dari telinga di atas tadi air masih belum keluar juga, maka sebaiknya segara di tindak lanjuti dengan cara yang lebih intensif yakni menghubungi dokter ya.

Baca juga: Gadis SMA Alami Kebutaan Karena Apoteker Berikan Obat Tetes Telinga