5 Obat Kurap Alami yang Efektif dan Ampuh Digunakan

0
176
5 Obat Kurap Alami yang Efektif dan Ampuh Digunakan
5 Obat Kurap Alami yang Efektif dan Ampuh Digunakan

Bidhuan.com – Obat kurap alami mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu varian obat alternatif dalam mengatasi penyakit kulit seperti kurap. Selain menggunakan ragam obat-obatan medis, obat kurap alami ini juga dapat mengatasi kurap dengan cepat dan efektif. Lalu, apa saja obat kurap alami paling ampuh? Bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk pengobatan? Mari kita temukan bersama jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Kurap atau yang dalam istilah medis disebut tinea adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Beberapa area tubuh yang biasanya mudah terkena kurap adalah tubuh bagian atas dan selangkangan yang cenderung lembab. Selain menggunakan obat medis, kurap juga dapat diatasi dengan beragam obat kurap alami.

Obat Kurap Alami yang Ampuh dan Manjur

cara mengatasi kurap dengan cepat dan efektif
cara mengatasi kurap dengan cepat dan efektif

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa penyakit kulit ini merupakan penyakit menular. Bahkan hanya dengan sedikit sentuhan secara langsung saja penyakit kurap ini dapat lengsung menular. Oleh sebab itu hendaknya penyakit kulit ini harus segera diatasi dan jangan dibiarkan begitu saja hingga kondisinya memburuk.

Baca juga: Obat Jamur Kuku Topikal dan Oral yang Manjur

Sebelum Anda menggunakan berbagai macam jenis obat-obatan medis, maka anda dapat mencoba pengobatan secara alami terlebih dahulu. Apa saja bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk pengobatan kurap? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kurap dengan cara alami.

Cara Mengatasi Kurap Secara Alami :

  • Cara Mengobati Kurap Dengan Kunyit

Untuk mengobati kurap dengan kunyit sebenarnya tidaklah sulit dilakukan, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa rimpang kunyit segar. Setelah itu kupas dan cuci bersih lalu diparut, peras dan saring hingga mendapatkan air sarinya.

Ambil sejumput kapas lalu celupkan pada air sari perasan kunyit tersebut, terakhir, oleskan pada bagian area kulit yang terdapat kurap. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini hingga 3 kali dalam sehari.

  • Cara Mengobati Kurap Dengan Bawang Putih

Obat kurap alami yang satu ini juga tidak kalah ampuh dari obat kurap alami di atas. Karena bawang putih memang dikenal memiliki antibakteri dan dapat mengobati beberapa jenis penyakit kulit.

Untuk mengobati kurap, Anda dapat menghaluskan beberapa siung bawang putih hingga lembut lalu tempelkan pada area kulit yang berkurap. Diamkan hingga beberapa saat dan terasa perih, saat perih mulai hilang maka bilas dan bersihkan dengan air dingin.

  • Tips Mengobati Kurap Dengan Cuka dan Garam

Bahan dapur seperti cuka dan garam juga ternyata dapat menjadi obat kurap alami. Cara membuatnya yakni mencampurkan garam dengan cuka hingga teksturnya berubah menyerupai seperti pasta.

Setelah di aduk dan tercampur rata, gunakan sedikit kapas untuk dicelupkan pada larutan pasta tersebut. Saat kapas sudah basah, oleskan dan tempelkkan pada area kulit yang terdapat kurap selama kurang lebih 10 menit. Bilas dan bersihkan dengan air bersih.

  • Cara Mengobati Kurap Dengan Gel Lidah Buaya

Selain memiliki banyak manfaat untuk rambut dan wajah, kandungan yang terdapat di dalam gel lidah buaya juga ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit kulit. Salah satunya yakni dapat mengatasi kurap pada kulit.

Caranya pun tidaklah sulit, cukup dengan menyediakan gel lidah buaya segar yang di peroleh melalui potongan batang lidah buaya. Kemudian oleskan gel lidah buaya tersebut pada area kulit yang berkurap, diamkan hingga mengering lalu bilas dan bersihkan.

  • Mengobati Kurap Dengan Larutan Air Serai

Selain pengobatan dari luar, pengobatan dari dalam secara alami juga dapat ditempuh untuk mempercepat proses penyembuhan. Salah satunya yakni dengan menggunakan larutan air serai ini.

Cara membuatnya adalah dengan merebus beberapa batang serai dengan dua gelas air bersih, biarkan mendidih dan airnya surut menjadi 1 gelas dan dinginkan. Setelah itu, minumlah air rebusan serai tersebut hingga tiga kali dalam satu hari.

Itulah beberapa jenis obat kurap alami paling ampuh dan efektif yang dapat dicoba sebagai pengobatan alternatif. Semoga informasi obat kurap alami di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semua.

Baca juga: Obat Gatal Alergi Kulit yang Ampuh dan Efektif