Penyakit Mata Ikan: Penyebab, Gejalanya dan Cara Mengobatinya

0
494
Penyakit Mata Ikan Penyebab, Gejalanya dan Cara Mengobatinya
Penyakit Mata Ikan Penyebab, Gejalanya dan Cara Mengobatinya

Bidhuan.com Obat mata ikan di telapak kaki itu apa? Cara mengobati mata ikan parah bagaimana? Sebelum menjawab kedua pertanyaan tersebut, mari membahas terlebih dahulu sekilas mengenai penyakit mata ikan ini. Mata ikan dapat terjadi pada siapapun, lokasi penyakit mata ikan ini yang biasanya terjadi pada bagian tangan dan telapak kaki. Meski bukanlah penyakit yang mematikan, namun kondisi ini menyebabkan penderitanya menjadi merasa malu dan risih, juga merasakan sakit yang disebabkan oleh mata ikan tersebut.

Rasa sakit yang ditimbulkan penyakit mata ikan ini juga terkadang sangat menyakitkan. Bahkan ada penderita yang tak bisa jalan karena kaki mereka menjadi terasa sangat sakit. Mari baca selengkapnya.

Clavus (Corn)

Itulah nama lain dari Penyakit mata ikan. Kondisi ini disebabkan oleh penebalan pada lapisan kulit karena gesekan dan tekanan hingga berulang kali. Faktor penyebabnya sama seperti pada Penyakit kapalan. Meski punya faktor penyebab yang sama, namun jika dibandingkan, Perbedaan antara kapalan dan mata ikan itu dapat dilihat dari ukuran mata ikan yang lebih kecil, serta mempunyai bagian tengah yang keras, yakni keratin, dikelilingi kulit meradang. Bentuknya yang nampak seperti mata ikan, sehingga disebut sebagai “Mata ikan” hingga sekarang.

Penebalan berlebihan di bagian kulit yang menjadi mata ikan dapat menyebabkan rasa nyeri juga. Bagian kaki merupakan bagian tubuh yang rentan, dibandingkan tangan.

Faktor Penyebab Mata Ikan

Penyebab mata ikan & ciri-ciri mata ikan
Penyebab mata ikan & ciri-ciri mata ikan

Baik itu type alas kaki, cara berjalan, jenis aktivitas, berat badan, semuanya akan mempengaruhi letak tumbuh dan bentuk mata ikan. Juga, gerakan yang dilakukan dengan sering dan berulang-ulang pun dapat menjadi penyebab mata ikan muncul.

Biasanya yang lebih sering mengalami mata ikan adalah kaum wanita, persentasenya lebih tinggi dibandingkan kaum pria. Alasannya simpel, karena wanita kerap menggunakan jenis sepatu yang longgar, serta ukuran yang tak nyaman.

[Baca juga:Kenali Penyakit Cacar Air, Jangan Biarkan Mengasingkan Anak Anda]

Ciri-ciri Mata Ikan

Berikut, di bawah ini merupakan ciri-ciri mata ikan, yaitu:

  • Rasa nyeri pada bagian dalam kulit
  • Kulit kering, bersisik, ataupun berminyak
  • Muncul benjolan membesar, serta mengeras
  • Terdapat area kulit, berubah menjadi kasar dan tebal

Gejala dari ciri-ciri mata ikan tersebut terjadi pada kedua jenis mata ikan yang ada.

Perlu diketahui, kalau penyakit mata ikan ini ada 2 jenis, yang terdiri dari mata ikan lunak dan mata ikan keras. Mata ikan lunak adalah jenis yang mempunyai tekstur lunak dan warna keputihan. Biasanya jenis yang satu ini terjadi pada bagian di antara jari kaki, saat kulit kaki yang basah disebabkan oleh keringat. Rasa yang diderita benar-benar sakit, terkadang dapat terinfeksi jamur dan bakteri.

Berbeda dengan jenis mata ikan keras, di mana jenis yang satu ini yang umum ditemui. Ukurannya cukup besar, seperti kacang, muncul tonjolan yang keras, kecil, pada bagian tengah. Jenis mata ikan yang satu ini juga menyebabkan rasa nyeri, selain itu juga menyebabkan terjadinya pembengkakan.

Cara Mengobati Mata Ikan

Cara mengobati mata ikan - operasi mata ikan - obat mata ikan
Cara mengobati mata ikan – operasi mata ikan – obat mata ikan

Operasi Mata Ikan (Memotong lapisan keratin) . Salah satu cara pengobatan medis untuk menghilangkan mata ikan parah yakni menggunakan pisau bedah, lapisan keratin mata ikan dipotong. Bagian tengah dari keratin akan diangkat dengan metode ini, dengan tujuan rasa nyeri yang berkurang, dan kulit terbentuk ulang, terlindungi dari gesekan berlebihan.

Bedak anti bakteri. Cara kedua ini dilakukan untuk mencegah infeksi oleh bakteri.

Untuk operasi bedah minor memakai pisau bedah, memiliki kelemahan yakni pengerjaan lebih lama dan terjadinya perdarahan. Walaupun begitu bekas luka yang terjadi relatif lebih rapih dan lebih baik, dan cocok digunakan untuk menghilangkan mata ikan berapa pun besar ukurannya.

Callusol Obat Mata Ikan. Untuk cara mengobati mata ikan yang ketiga, Anda bisa mencoba menggunakan Obat Callusol yang dapat di beli secara bebas di apotik.

Selain cara mengobati mata ikan yang telah disebutkan diatas, ada pula cara mengobati mata ikan secara Alami / Tradisional. Seperti Mengobati Penyakit Mata Ikan dengan Pepaya, Lemon, Cuka Apel, Dewa , Bawang Putih, Kapur sirih, Batu Apung. Untuk cara mengobati penyakit mata ikan secara alami / tradisional ini akan kami bahas pada artikel berikutnya ya.

[Baca juga:Walau Bikin Ngakak, Meme Anak Zaman Sekarang Ini Nyelekit Abis]