Mau Sukses? Baca 8 Kunci Sukses Ala Jack Ma si Pendiri Alibaba

0
226
jack ma
jack ma

Bidhuan.com – Untuk menjadi seseorang yang sukses memang cukup sulit. Sesuatu yang kita rencanakan belum tentu berjalan dengan baik, akan ada banyak hal dan masa-masa sulit yang harus dihadapi. Tak terkecuali Jack Ma, ia pun melalui semua itu. Jack Ma, lahir pada 10 September 1964. Ia merupakan salah satu orang terkaya di dunia dan pada tahun 2015 ia berada di urutan ke-22 dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia.

Miliader berkebangsaan China atau negeri tirai bambu ini tentu saja tidak mendapatkan kesuksesannya dengan mudah. Pria berusia 51 tahun ini mengalami banyak rintangan dan kesulitan dalam hidupnya.

Kesuksesan founder atau CEO dari perusahaan penjualan via online ternama www.alibaba.com ini tidak didapat dalam semalam saja. Ia telah  menghadapi kesulitannya dengan sangat tangguh dan berhasil membawanya pada kesuksesan seperti sekarang ini. Kamu pun dapat mengikuti jejak kesuksesan Jack Ma, siapapun dan bagaimanapun kamu sekarang.

Berikut adalah beberapa cara Jack Ma dalam menghadapi kesulitan dan mengubahnya menjadi kesuksesan.

8 KUNCI SUKSES JACK MA

Terbiasa dengan penolakan

Perjalanan hidup Jack Ma yang awalnya hanya orang biasa hingga menjadi seorang entrepreneur yang sangat disegani saat ini tidaklah mudah. Sebelum mendapatkan kesuksesannya seperti sekarang, Jack Ma mendapatkan banyak penolakan dalam hidupnya. Ia gagal dalam ujian  middle school dan gagal di ujian masuk universitas di China sebanyak 3 kali.

Jack Ma juga pernah mengajukan aplikasinya agar dapat berkuliah di Harvard sebanyak 10 kali, namun tidak ada yang diterima oleh Harvard dengan alasan Jack Ma kurang memenuhi kualifikasi untuk bisa diterima disana. Dan saat Jack Ma mulai mencari perkerjaan pun ia mengalami hal yang serupa, ia melamar ke 30 tempat namun semua perusahaan tersebut menolaknya. Bahkan saat ia melamar pekerjaan di  KFC di China dari 25 orang yang mendaftar, KFC hanya menerima 24 orang sebagai karyawannya kecuali Jack Ma.

Dari seluruh penolakan yang pernah dialaminya membuat Jack Ma sadar bahwa ia tidak seahli yang ia pikirkan. Jack Ma pun mengerti dengan ditolak ia harus meningkatkan kemampuan dirinya setiap hari.

Stay focused

Sebagai seorang entrepreneur, kita harus belajar untuk berkata “tidak” dan harus fokus pada misi perusahaan itu sendiri. Banyak ide atau tawaran bisnis yang di ajukan pada Jack Ma ditolak olehnya. Menurutnya, ia hanya akan menerima atau mempertimbangkan ide yang sesuai dengan misi perusahaannya.

Jangan takut untuk salah

Terkadang kita lebih suka untuk berdiam diri ditempat yang sama. Kita sulit keluar dari zona nyaman atau mencoba hal-hal yang baru. Ini semua dikarenakan karena takut akan kegagalan. Kita takut jika  membuat kesalahan  atau banyak masalah yang akan menanti. Ini semua membuat kita menjadi enggan mencari pengalaman baru dan menjadi cukup puas dengan apa yang ada.

” Sampai usiamu 30 tahun, membuat kesalahan bukanlah masalah. Kamu masih muda. Jika salah kamu bisa mengambil pelajaran untuk tidak mengulanginya lagi. Jika jatuh sekali kamu bisa bangkit berkali-kali” ujar Jack Ma dalam acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi KBS Korea Selatan.

Jaga mimpimu

Jack Ma membocorkan kode rahasia kesuksesan Alibaba dalam pidatonya saat ia menerima penghargaan Asia Game Changer of the Year pada tahun 2014 silam. Kamu sangat beruntung karena kode tersebut berlaku untuk semua orang. Kode itu adalah “terus jaga mimpimu”. Karena dengan menjaga dan percaya dengan apa yang kita impikan akan membuat kita lebih bersemangat dan berkerja keras untuk mencapai impian tersebut. “ Keep your dream alive because it might come true someday” ujarnya.

[Baca juga: Mimpi Si Kecil Mutmainnah Anak Supir Angkot Untuk Jadi Apoteker ]

Ignore the #littleman

“Jangan pedulikan orang yang meremehkan Anda” itulah yang Jack Ma katakan. Banyak orang yang mencemoohnya saat ia menyampaikan ide Alipay miliknya. “ Ini adalah ide terbodoh yang pernah kamu punya.” Ujar mereka. Walaupun begitu Jack Ma tidak putus asa ia tetap maju dengan Alipay miliknya. Jack Ma tidak peduli jika idenya dikatakan bodoh asalkan akan ada banyak orang yang menggunakannya.

Punya passion

Untuk mencapai semua tujuan dan impian yang kita punya tentu tidak semudah yang kita pikirkan. Kita harus mempunyai passion yang kuat untuk mewujudkan semua itu.  Jack Ma mengatakan kepada timnya, “Kita harus bersusah-susah dahulu selama 3 hingga 5 tahun, itu adalah satu-satunya cara agar kita bisa sukses.” Jika tidak memiliki passion yang kuat, kita tidak akan bertahan, bahkan satu hari pun.

Get inspired

Inspirasi dapat Anda temui dimana saja. Mengambil pelajaran dari berbagai hal merupakan salah satu kunci penting untuk menjadi seseorang yang sukses. Jack Ma bercerita dalam suatu wawancara jika dia telah belajar banyak hal melalui film. Salah satunya yaitu belajar berpidato. Ma belajar berpidato melalui film Bodyguard, ia melihat Whitney Houston bernyanyi dari hati dan menjadi dirinya sendiri. Itulah yang Jack Ma terapkan pada setiap pidatonya.

[Baca juga: Meski Ayahnya Pemulung, Wiskha Lolos Masuk Kedokteran UGM ]

Jangan mengeluh, carilah peluang

Di mana ada masalah pasti ada peluang, itulah yang Jack Ma katakan. Dan sudah seharusnya kita sebagai manusia untuk berhenti mengeluh jika tertimpa masalah, melainkan kita harus pandai melihat dan memanfaatkan peluang yang ada dihadapannya. Karena pada dasarnya masalah itu datang untuk menguji kita agar dapat berada di posisi atau menjadi seseorang yang lebih baik.