Prof Zullies Ikawati, Blogger dan Penulis Buku Farmasi yang Patut Dicontoh

0
1385
zullies
https://zulliesikawati.wordpress.com/

Prof Zullies Ikawati, Blogger dan Penulis Buku Farmasi yang Patut Dicontoh. Banyak blog bertemakan Farmasi di dunia maya saat ini, tapi penelusuran bidhuan hanya ada satu situs blog yang rajin dikelola oleh seorang Apoteker yang sukses menyandang gelar Profesor di usia 40 tahun.

Semua artikelnya sangat bermanfaat dan saat ini telah dibaca dengan jumlah page views lebih dari 4 juta kali sejak Oktober 2008. Artikelnya berkaitan dengan kesehatan, obat, serta kisah kehidupan pribadinya.

Sebelumnya bidhuan berencana untuk mengangkat salah satu artikelnya tapi ada yang lebih menarik dari itu, yakni karir perjalanan hidupnya sebagai seorang dosen berprestasi yang bisa dijadikan kisah inspiratif bagi bidhuaners.

“Silakan jika memang ada yang bermanfaat dapat direposting. Kebetulan saya juga suka menulis, tapi belakangan sudah kehabisan waktu untuk menulisi blog pribadi” kata Prof Zullies yang juga saat ini aktif sebagai Dosen di Fakultas Farmasi UGM ketika dihubungi bidhuan.

“Blog ini sekedar catatan perjalanan dan monumen kehidupan. Isinya tulisan orisinil suka-suka saya, penuh sentuhan pribadi, tidak ada visi khusus, sekedar ekspresi berkesenian dan refreshing dari rutinitas kehidupan” tulisnya di blog pribadi zulliesikawati.wordpress.com.

Selain menulis di blog, tulisan artikel populernya tentang kesehatan sering dimuat di beberapa media cetak.

Ibu dari 4 orang anak ini lulus dari program S1 Farmasi di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1992 dan Apoteker pada tahun 1993. Gelar doktor bidang Farmakologi diraihnya pada tahun 2001 dari Ehime University School of Medicine, Japan.

Cita-citanya sejak kecil berhasil diwujudkannya dengan menyandang gelar Guru Besar alias Profesor di bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik di usia 40 tahun pada 1 Oktober 2008. Sejak itupulalah mulai rajin menulis di blognya.

Jumlah publikasi ilmiahnya sudah tidak terhitung saking banyak publikasinya. Hingga saat ini 5 buku hasil karyanya sudah tersebar di toko-toko buku, seperti Farmakologi Molekuler (ed 2014), Cerdas Mengenali Obat (2010), Resep Hidup Sehat (2010), Farmakoterapi Penyakit Sistem Syaraf Pusat (2011), dan Penyakit Sistem pernafasan dan tatalaksana terapinya (2011).