Google Doodle Hari Ini Rayakan Ultah Seorang Dokter Penemu Stetoskop

0
539
google doodle

Google Doodle Hari Ini Rayakan Ultah Seorang Dokter Penemu Stetoskop. Apa jadinya jika saat ini dokter mendiagnosis pasien tanpa Stetoskop? bahkan stetoskop saat ini menjadi salah satu lambang profesi dokter. Hari ini adalah hari lahirnya René-Théophile-Hyacinthe Laennec dikenal dengan René Laennec yang ke 235 tahun.

Jika saat ini bidhuaners mencoba mesin pencari google maka akan muncul google doodle dari René Laennec. Oleh karenanya google doodle kali ini memunculkan tokoh berpengaruh dunia yang lahir tepatnya pada 17 Februari 1781.

Sebelum ditemukan alat stetoskop, dokter akan mendengarkan detak jantungnya menempel ke dada. Itulah yang akan terjadi pada seorang dokter jika saat ini tidak ada stetoskop.

Terlahir di Quimper, Prancis. Dia diketahui sebagai siswa berbakat yang belajar kedokteran di bawah arahan pamannya yang juga seorang dokter, di Nantes sebelum menjadi seorang dokter dalam Revolusi Perancis.

Dikutip dari wikipedia, Ia belajar kedokteran dengan sejumlah dokter terkenal, seperti Guillaume Dupuytren dan Jean-Nicolas Corvisart di Paris. De l’auscultation médiate (1819) mengusulkan suatu cara baru dalam diagnosis, menggunakan stetoskop untuk mendengarkan suara organ tubuh.

Awal mula penemuan stetoskop berasal dari fakta sederhana dan terkenal dalam bidang akustik seperti diungkap mirror.co.uk, berawal dari sepotong kayu yang bisa mendengarkan suara ketika kayu itu ditempelkan ke sumber bunyi dan telinganya.

Akhirnya mencoba dengan sebuah kertas berbentuk silinder dengan mulai mencoba menempelkan ke bagian jantung berada, dan telinganya diujung kertasnya.

Sempat mendirikan anatomi klinik kedokteran dan mencoba membandingkan gejala penyakit dengan lesi yang terdapat pada suatu penyakit. Dari hasil penelitiannya menemukan sejumlah penyakit, seperti rales, ronki, krepitans, egofoni, peritonitis, melanoma. Istilah sirosis Laennec berasal dari namanya.

Ironisnya, Laennec meninggal akibat tuberkulosis, penyakit yang sedang ditelitinya.

SHARE