Jadwal, Format, dan Regulasi Indonesian Soccer Competition “ISC” 2016

0
14393
ISC 2016

Jadwal, Format, dan Regulasi Indonesian Soccer Competition “ISC” 2016. Pasca pertemuan dengan perwakilan klub ISL dan Divisi Utama dengan PT Liga Indonesia (26/2) menghasilkan beberapa keputusan mengenai kompetisi atau liga sepakbola di Indonesia.

Selain perubahan nama kompetisi dari Indonesian Super Competition (ISC) menjadi Indonesian Soccer Competition. Operator pun berubah menjadi PT. Gelora Trisula Semesta (GTS) pimpinan Joko Driyono yang merupakan anak perusahaan PT. Liga serta tetap dimiliki oleh 18 klub ISL.

Jadwal Kompetisi ISC 2016

Kompetisi ISC akan digelar mulai 15 April (Kick Off di Papua) hingga 18 Desember mendatang. (Update 8/4, kick off mundur menjadi 29 April 2016)

Jadwal Pertandingan ISC 2016 Minggu pertama

Jadwal lengkap 306 pertandingan [Jadwal Siaran Langsung Indonesian Soccer Competition ISC 2016]

Format Kompetisi ISC 2016

Kompetisi akan dilaksanakan dengan home and away dalam satu grup sebanyak 34 pertandingan untuk ISC A.

ISC-B pesertanya dari klub Divisi Utama. Lalu, turnamen U-21, Soeratin U-17, Piala Nusantara, dan Piala Presiden.

Jadwal Pertandingan ISC 2016

Jadwal pertandingan ISC-A mirip dengan kompetisi liga di Eropa. Setiap klub menjalankan pertandingan seminggu sekali dengan sistem kandang dan tandang. Jadwal pertandingan juga digelar setiap Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin.

Kick off bertandingan mulai pukul 15.30 untuk Sabtu dan Minggu, lalu ada pukul 19.00 dan 21.00. Untuk Jumat pukul 19.00 dan 21.00, sedangkan Senin pukul 19.00 WIB.

Peserta ISC 2016

Dibagi 2, ISC A  yang bakal diikuti oleh 18 klub Liga Super Indonesia (ISL).

Klik Profil Tim 2016 dan Jadwal putaran pertama yang Ingin diliihat

Arema Cronus Bali United Barito Putera Madura Utd Mitra Kukar PBFC
Persegres GU Persela Lamongan Perseru Serui Persib Bandung Persiba Balikpapan Persija Jakarta
Persipura Jayapura Persiram Raja Ampat PSM Makassar Semen Padang Sriwijaya FC Surabaya Utd

Sementara ISC B dihuni oleh  59 klub peserta Divisi Utama (DU). [Baca : Inilah 54 Tim dan Pembagian Grup Divisi Utama 2015 Terbaru]

Klub ISL 2015 atau QNB League 2015 yang hanya dilangsungkan beberapa minggu akan menjadi peserta ISC 2016.

Indonesian super competition 2016

wikipedia.org

Gresik United, Persipura Jayapura, Persib Bandung, PSM Makassar, Arema Cronus, Perseru Serui, Persebaya Surabaya, Sriwijaya FC, Barito Putera, Persela Lamongan, Persija Jakarta, Pusamania Borneo FC (PBFC), Semen Padang FC, Persiram Raja Ampat, Persipasi Bandung Raya (Ganti nama, Madura United FC), Mitra Kukar, Bali United, dan Persiba Balikpapan.

Klik untuk mengetahui | Profil dan Jadwal Setiap Klub | Hasil dan Klasemen | Top Skorer | Highligt Gol | Jadwal TV |

Hadiah ISC 2016

Untuk ISC A, Total hadiah Rp 3 miliar. Setiap klub diberikan modal minimal Rp 5 miliar. Sementara untuk ISC B mendapatakan dana kontribusi sebesar Rp 400 juta untuk babak awal, jika lolos ke babak 16 besar  Rp 300 juta. Namun untuk babak semifinal tidak dapat subsidi, tapi hadiah juara sebesar Rp 1 miliar, dan juara kedua Rp 700 juta.

Regulasi ISC 2016

ISC A memperbolehkan 4 pemain asing dengan komposisi tiga non-Asia, satu dari Asia. Total 25 orang pemain dengan rincian 21 pemain lokal. Tidak ada sistem promosi dan degradasi.

Setiap klub wajib membayarkan gaji pemain sesuai dengan tanggal yang tertera di kontrak pemain. Jika hal itu tidak dilaksanakan atau dilanggar maka sanksi berat menanti klub yang bersangkutan dengan pengurangan poin dari klasemen.

Masing-masing klub boleh memakai tiga marquee player (pemain bintang dunia). Untuk gaji pemain setiap klub ISC A maksimal Rp 10 miliar secara akumulatif, dan minimal adalah Rp 5 miliar.

Selain ISC A dan B, PT GTS akan menggelar Piala Presiden yang formatnya seperti Piala Indonesia atau Piala Copa.

Untuk pemain muda juga bakal dijalankan lagi kompetisinya, serta Piala Suratin dan Liga Nusantara. Selanjutnya, Promosi dan degradasi, tidak berlaku. Namun regulasi tersebut bisa berubah jika PSSI kembali diaktifkan sebelum kick off ISC. (republika.co.id)