Investigasi Oknum Pedagang Obat Palsu di Pasar Pramuka

0
383
Investigasi Obat Palsu
Investigasi Obat Palsu

Bidhuan.com – Sulitnya mencari uang membuat sebagian orang (oknum) mengambil jalan pintas. Berbagai cara tak wajar pun berani mereka lakukan, misalnya saja dengan memalsukan obat-obatan. Seperti kasus yang belum lama ini beredar, yaitu kasus Vaksin Palsu. Kelemahan pengawasan peredaran vaksin dijadikan celah untuk memalsukannya.

Tak hanya vaksin saja yang palsu, namun juga obat-obatan. Peredaran Obat Palsu hingga saat ini, sepertinya masih sulit untuk dihilangkan. Belum lama ini dilakukan sebuah investigasi dengan cara menyamar menjadi pembeli obat. Investigasi ini dilakukan oleh Okezone di Pasar Pramuka kepada seorang pedagang obat pada 25 Juli 2016.

Dalam  penyamaran yang dilakukan tersebut, seorang pedagang membeberkan bagaimana cara suatu obat dapat dipalsukan. Dari pengakuan si pedagang, obat dipalsukan dengan cara dioplos. Yakni dengan mencampur obat yang satu dengan obat yang lainnya.

“Yang ini asli mas, kalau yang oplosan itu obat satu dicampur sama obat yang lainnya”, kata seorang pedagang obat yang berada di Pasar Pramuka, Jakarta Pusat.

Dari hasil obat oplosan itu, kemudian disusupkan secara bersama-sama dengan obat yang memang asli. Namun, kadang juga obat oplosan langsung dijual antar oknum secara sembunyi-sembunyi sehingga sulit untuk diketahui antara mana obat yang palsu dan obat asli.

“Biasanya diselipkan sama obat asli, terus dijual bareng”, kata pedagang obat palsu tersebut.

Selain membeberkan bagaimana obat palsu itu bisa beredar, si pedagang juga memberitahu cara untuk membedakan obat asli dan obat palsu. Salah satunya dari segi harga. Kalau harga obat itu terlalu murah , patut diwaspadai karena kemungkinan merupakan obat palsu. Selain dari segi harga, obat palsu juga bisa dibedakan dari segel yang ada di dalam kemasannya.

“Untuk membedakan mana yang asli dan palsu, paling bisa dilihat dari segel dan harganya”, katanya.

[Baca juga: Sejak 2010 Pasar Pramuka jadi Tempat Dokter Beli Vaksin Palsu ]

SHARE