Daftar Baru 24 Kosmetik Berbahaya yang Ditemukan BPOM

0
1547
Daftar kosmetik berbahaya menurut bpom 2016
Ilustrasi Kosmetik Berbahaya

Bidhuan.com – Peredaran Kosmetik-kosmetik berbahaya tampaknya sulit dihilangkan. Hal ini terbukti dengan terus ditemukannya berbagai jenis kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Sampai pertengahan tahun 2016 ini saja, Badan Pengawasan Obat & Makanan Republik Indonesia (BPOM), telah menemukan 43 produk yang mengandung berbagai bahan berbahaya seperti hidrokin , asam retinoat, merkuri bahkan bahan pewarna dalam industri tekstil.

Dampak dari penggunaan Kosmetik dengan bahan-bahan berbahaya tersebut biasanya baru mulai terlihat setelah beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun. Akibatnya, tidak hanya kulit yang bisa menjadi rusak, kesehatan organ tubuh bagian kerap kali ikut jadi taruhannya.

Temuan kali ini didapat dari hasil monitoring dan melakukan penyamaran sebagai pembeli yang tertarik untuk membeli kosmetik-kosmetik berbahaya tersebut, sebab penjualannya dilakukan secara online.

Berdasarkan keterangan Drs. T. Bahdar Johan H., APT, M.Pharm selaku Plt. Kepala Tubuh , temuan kosmetik senilai 8,49 miliar kali ini yang juga disertai berbagai jenis obat tradisional & suplemen kesehatan. Dan semuanya tidak memiliki izin edar dan mengandung bahan berbahaya. [Baca juga: Cuitan Kepala BPOM Terkait Ketokonazol Tablet Sebabkan Kerusakan Hati ]

Sebagian besar dari produk-produk kosmetik ini rencananya akan dijual secara ONLINE, meski ada beberapa juga yang dijual di toko-toko.

Dalam konferensi pers yang diadakan pada hari Kamis (30/6/2016) di Gedung BPOM  Republik Indonesia, Jalan Percetakan Negara nomer 23, Jakarta Pusat, Ondri Dwi Sampurno selaku Deputi Sektor Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetika, & Product Komplemen sebagaimana dikutip dari health.liputan6.com memberitahu 24 daftar baru kosmetik yang mengandung bahan berbahaya tersebut, yakni:

Daftar 24 Kosmetik Berbahaya Terbaru

  1. Gavia (whitening cream)
  2. La Bella Esther
  3. Beautyline Lipstick
  4. Tokyo Night Nail Polish
  5. Implora Eye Shadow
  6. Clariderm
  7. Eco-agen
  8. Esther
  9. Avione Lipstick
  10. Labella (night cream)
  11. Mircocell Lightening Cream
  12. Anima 40 (krim malam)
  13. Dr Herbal
  14. Niche
  15. La Widya Curcumin
  16. Sophie Paris Mini Lipstick
  17. Beauty girls
  18. Aichun Beauty (krim malam)
  19. Auraku (whitening serum)
  20. Biogold
  21. Bioclinic
  22. Dr Night Cream
  23. Sophie Martin Lipstick
  24. Come Beauty (night Cream)

Berikut itulah Daftar 24 kosmetik berbahaya terbaru yang berhasil ditemukan BPOM. Jadi, hindari penggunaan produk-produk kosmetik berbahaya tersebut tanpa terkecuali.