Cara Efektif Kontrol Diabetes dengan Patch Jarum Mikro

0
461
Kontrol Penyakit Diabetes dengan Jarum Mikro Lebih Efektif

Bidhuan.com – Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang wajib kita waspadai. Jika salah satu keluarga kita ada yang sudah terkena, kemungkinan kita juga bisa terjangkit penyakit tersebut sebab diabetes merupakan penyakit keturunan.

Mengapa penyakit ini menjadi berbahaya? Karena beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti jantung dan ginjal juga bisa berawal dari diabetes. Mengobati penyakit diabetes sampai benar-benar sembuh total memang belum dapat dilakukan, tapi untuk mencegahnya jadi lebih parah itu masih dapat kita coba. Yang penting disini ialah kita harus punya niat untuk itu. [Baca : 2 Peranan Penting Apoteker dalam Penanganan Pasien Diabetes]

Berbagai cara pencegahan diabetes sebelum bertambah parah itu sudah banyak yang tahu sebenarnya tapi ya itu tadi, ada atau tidak adanya niat yang benar-benar kuat dari penderita untuk itu adalah hal terpenting. Pola hidup sehat adalah hal paling mudah yang dapat dilakukan agar diabetes tak bertambah parah dengan cepat. Cara lain yang dapat dilakukan biasanya, para penderita akan melakukan suntik insulin secara rutin agar bisa mengontrol kadar gula dalam darah sehingga penyakit diabetes pun dapat terkontrol.

Dengan adanya perkembangan teknologi di bidang kesehatan, mengontrol diabetes jadi lebih mudah, effisien, santai dan tak perlu bolak-balik melakukan suntik insulin. Sebab ilmuwan-ilmuwan kini telah menggarap penelitian baru untuk itu, dengan tujuan membebaskan para penderita diabetes dari acara suntik menyuntik. Tujuan akhir para ilmuwan ini adalah mentransplantasikan atau mencangkokan semacam sel beta sehat / sel penghambat pabrik insulin dalam tubuh sebagai efek diabetes.

Dan kini hasil penelitian itu pun telah menunjukan kabar baik. Mereka akhirnya berhasil menemukan  patch jarum mikro yang nantinya dapat ditanam di sel beta alami pada penderita penyakit diabetes. Proses nya pun bukan proses yang panjang atau mengerikan, jadi santai saja. Bahkan mereka (para peneliti) menyatakan bahwa dalam pemasangannya tidak akan terasa sakit sama sekali. Setelah patch berhasil terpasang nantinya patch tersebut akan membantu proses produksi insulin sehingga kita pun bisa mengontrol gula darah tanpa harus sering tertusuk jarum.

Penelitian ini nantinya akan jadi solusi yang sangat membantu dan potensial dalam menangani masalah kadar gula dan diabetes khususnya. Perlu diketahui jika sel beta yang merupakan bahan patch ini memang merupakan sel pengontrol kadar gula alami tubuh yang biasa ditemukan di pankreas. Supaya sel beta bisa masuk dalam patch, patch pun didesain punya banyak jarum super tajam berukuran mikro. Jangan parno dulu karena dengar ada banyak jarum, ukuran jarumnya bahkan akan lebih kecil dari bulu mata jadi tak akan sakit saat pemasangan.

Penelitian ini masih butuh langkah yang sangat panjang. Agar bisa benar-benar dipakai oleh manusia. Masih banyak tahapan-tahapan yang harus dilakukan lagi. Untuk sementara ini patch jarum mikro yang ada baru diujikan pada seekor tikus yang terdeteksi diabetes. Pada Tahap pertama pengujian didapat hasil yang sangat baik, untuk selanjutnya akan diadakan tes pra-klinis dan pada akhirnya nanti baru akan diujikan pada manusia.