21 Hal Yang Buat Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia

0
533
21 Hal Yang Buat Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia

Bidhuan.com – Meski banyak simpang siur berita kurang baik saat ini, namun jangan sampai hal itu malah membuat anda jadi membenci dan tidak bangga sebagai warga Indonesia. Sebab, banyak hal-hal lain yang dapat membanggakan dari Negara Indonesia.

Banyak kelebihan-kelebihan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain yang harus kamu tau.

Berikut ini 21 Hal Yang Buat Kita Bangga Jadi Orang Indonesia

1. Indonesia Merupakan Negara dengan Bahasa Daerah paling banyak
Total bahasa daerah yang ada di Indonesia itu berjumlah 583 bahasa serta dialek dari 67 bahasa Induk yang dipakai oleh berbagai macam suku bangsa yang ada di Indonesia. bahasa daerah paling banyak di pakai di Indonesia adalah Bahasa Jawa.

2. Negara Kepulauan Paling Besar di Dunia
Dengan jumlah 17.504 pulau termasuk di dalamnya 6.000 pulau tak berpenghuni dan 9.634 pulau yang masih belum diberikan nama. Tak hanya jumlah pulau nya yang terbanyak didunia. 3 dari 6 pulau paling besar di dunia ada di Indonesia. Yakni, pulau Sumatera dengan luas 473.606 Km2, Pulau Kalimantan dengan luas 539.460 Km2 dan Pulau Papua dengan luas 42.981 Km2.

3. Pulau Terpadat di Dunia ada di Indonesia
Ya, pulau itu adalah pulau Jawa. Pulau dengan luas hanya 7% dari keseluruhan luas Negara Indonesia ini ditempati oleh 130 juta jiwa atau sekitar 60% dari total seluruh penduduk Indonesia.

4. Negara dengan Suku Terbanyak
Total suku/etnis yang ada di Indonesia jumlahnya lebih dari 740 suku.

5. Manusia Purba Tertua ditemukan di Indonesia
Manusia Purba tertua ‘Pithecanthropus Erectur” yang hidup sekitar 1,8 juta tahun lalu ditemukan di Indonesia fosilnya.

5. Candi (Monumen Budha) Terbesar ada di Indonesia
Monumen Budha tersebut adalah Candi Borobudur yang ada di Jawa Tengah. Tingginya saja mencapai 42 meter yang terdiri dari 10 tingkat. Panjang relief nya lebih dari 1 Km. Karena ukurannya yang sangat besar, candi ini diperkirakan dibuat selama 40 Tahun di masa Kerajaan Kuno Mataram oleh Dinasti Syailendra (750-850)

6. Negara Maritim Paling Besar di Dunia
Dengan luas perairan 93.000 Km2 dan panjang Pantainya mencapai 81.000 Km2 atau setara dengan 25% panjang pantai yang ada di Dunia.

7. Negara Pertama yang berani Keluar dari PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa)
Ya benar, Indonesia pernah keluar dari PBB pada tanggal 7 Januari 1965. Meski akhirnya kembali lagi bergabung dengan PBB di Tahun 1966

8. Negara Pertama yang Merdeka setelah Perang Dunia II Berakhir
Merdeka pada 17 Agustus 1945 membuat Indonesia jadi Negara urutan ke 70 paling tua di Dunia.

9. Punya Spesies Hiu Terbanyak di Dunia
Tak cuma punya lautan yang luas, Indonesia juga memiliki 150 jenis spesies ikan hiu di lautnya. Dan hal ini membuat Indonesia jadi Negara dengan spesies ikan hiu paling banyak di Dunia.

10. Pengekspor Kayu Lapis (Plywood) Terbesar
Ekspor kayu lapis (plywood) Indonesia itu besarnya sekitar 80% yang ada di pasar dunia.

11. Peringkat Pertama Produk Pertanian
Pertama pada produk Pala (nutmeg) dan Cengkeh (cloves). Serta No 2 untuk produk Minyak Sawit Mentah (CPO) dan Karet Alam.

12. Penghasil Gas Alam Cair (LNG) paling besar di Dunia
Besarnya mencapai 20% dari suplai yang ada di Dunia. Tak hanya itu, Indonesia juga jadi negara produsen timah terbesar ke 2 di Dunia

13. Perebut Lambang Supremasi Bulutangkis Pria Terbanyak
Pada Thomas Club tim bulu tangkis indonesia merebut sebanyak 13 kali. Yang pertama di tahun 1958 dan yang terakhir di tahun 2002.

14. Negara dengan Keanekaragaman Terumbu Karang terkaya, Totalnya mencapai 185 dari total yang ada di Dunia)

15. Ular Terpanjang di Dunia ditemukan di Indonesia
Ular Phyton Reticulates sepangjang 10 meter di temukan di Pulau Sulawesi

16. Primata Terkecil di Dunia ada di Indonesia
Primata ini adalah Tarsies Pygmy (Tarsius Pumilus) yang punya panjang sekitar 10 cm. Primata ini mirip sekali dengan monyet. Hidup di Pepohonan Sulawesi.

17. Memiliki Bunga Terbesar di Dunia
Bunga itu ialah Raflesia Anoldi atau kerap disebut Bunga Bangkai. Saat mekar, diameter bunganya bisa mencapai 1 meter.

18. Punya Hutan Bakau paling besar di Dunia

19. Biodiversity Anggrek paling besar di Dunia
Dengan total 6.000 jenis anggrek ada di Indonesia. Mulai dari Anggrek Macan yang merupakan Anggrek terbesar. Hingga Anggrek paling kecilĀ  Teniphyllum yang tidak mempunyai daun. Selain itu ada pula Anggrek Hitam di Pulau PApua yang terbilang langka

20. Punya Binatang Purba (Reptil) yang masih hidup
Reptil itu adalah Komodo yang hanya ada di Pulau Komodo (NTT). omodo juga merupakan kadal paling besar di dunia. Ukurannya saja bisa mencapai 3 meter dengan berat hingga 90 Kg.

21.Tempat Ikan Paling Kecil di Dunia
Ikan terkecil tersebut belum lama ini berhasil ditemukan di rawa lumpur Sumatera. Panjangnya saja hanya 7,9 mm saat sudah dewasa atau kira-kira seukuran dengan nyamuk.

Bagaimana Bidhuaners? banyak sekali bukan? Banyak potensi-potensi terpendam di Negara ini yang seringkali kita abaikan begitu saja. Kita terlalu membanggakan hal-hal yang ada di Negara lain. Hingga lupa kalau negara ini pun punya banyak hal yang patut di banggakan.

Semoga bermanfaat, kalau ada hal lainnya tolong tambahkan di komentar ya..