Ini Profil Singkat 7 Calon Kepala Badan POM Tahun 2016

0
3486
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Ini Profil Singkat 7 Calon Kepala Badan POM Tahun 2016.  Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) telah menetapkan 7 Peserta yang lolos seleksi administrasi.

7 Peserta yang memenuhi persyaratan secara resmi ini diumumkan melalui surat Nomor TU.02.06/II/1110/2016 tentang “HASIL SELEKSI ADMINISTRASI SELEKSI TERBUKA JABATAN KEPALA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (POM) TAHUN 2016” pada tanggal 2 Mei 2016.

Berikut adalah daftar peserta yang telah lolos tahap seleksi persyaratan :

1. Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc
2. Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt.
3. Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si, Apt.
4. Drs. Kukuh Syaefudin Achmad, M.Sc
5. Dra. Maura Linda Sitanggang, Ph.D
6. Prof. Dr. Yahdiana Harahap, MS, Apt.
7. Ir. Penny Kusumastuti, MCP, Ph.D

Pada siang tadi (4 Mei 2016) telah diadakan SELEKSI PENULISAN POLICY BRIEF untuk ketujuh peserta ini.

Berikut adalah profil singkat dari bakal calon Kepala Badan POM RI hasil penelusuran bidhuan.com.

1. Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc

Jabatan saat ini : Dekan Sekolah Farmasi ITB,

Doktor lulusan Keio University, Jepang

Keanggotaan Organisasi Ilmiah

  • Asian Association of School of Pharmacy (Board of Director; 2013-2017)
  • Asian Federation of Medicinal Chemistry (Board member; 2013-2015)
  • Asian Federation of Pharmaceutical Sciences (2012-sekarang)
  • International Pharmaceutical Federation (FIP) (membership ID 26462; 2005-sekarang)
  • Society of Porphyrins and Phthalocyanines (membership no.: SPP00746; 2004-sekarang)
  • Chemical Society of Japan (1996-2001)
  • American Chemical Society (Division of Medicinal Chemistry, membership 2213382: 1997-sekarang)
  • Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI), 1991-sekarang

2. Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt.

www.acadstaff.ugm.ac.id

Jabatan saat ini : Dosen dan Profesor bidang Farmakologi di Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada

Doctor lulusan Ehime Univ. School of Medicine, Ehime Univ., Japan, March 1998 – April 2001

Award :
  • Second winner for Oral Presentation on Regional Conference on Molecular Medicine di Kelantan Malaysi, Institute for Research on Molecular Medicine (INFORMM) USM Malaysia, 2009
  • Insan Berprestasi UGM dalam rangka Dies Natalis UGM ke 57 sebagai Pengembang RPKPS terbaik, Universitas Gadjah Mada, 2006
  • Kelompok Riset Dasar dalam Kegiatan Kompetisi Hasil Riset Farmasi I “Pengembangan Obat Alami Indones, Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI) Pusat, LIPI, BPPT, 2005

3. Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si, Apt.

www.acadstaff.ugm.ac.id

Jabatan saat ini : Dosen dan Professor of Pharmaceutical chemistry, Universitas Gadjah Mada, Ketua Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Farmasi UGM.

Doktor lulusan NAIST, Japan, April 1999 – April 2001

4. Drs. Kukuh Syaefudin Achmad, M.Sc

www.bsn.go.id

Jabatan : Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi, Badan Standardisasi Nasional

S2 – University of Humberside, Inggris

5. Dra. Maura Linda Sitanggang, Ph.D

www.depkes.go.id

Jabatan : DIREKTUR JENDERAL KEFARMASIAN DAN ALAT KESEHATAN, KEMENKES RI

Lulusan S3 School of Pharmacology University of Bath, United Kingdom Inggris mengawali karirnya sejak tahun 1985 di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), hingga pada tahun 2010 menjabat sebagai Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan dan Kosmetik BPOM. Pada tahun 2012 menjabat sebagai Dirjen Bina Kefarmasian dan Alkes Kementerian Kesehatan.Tahun 2016, perempuan kelahiran Medan 56 tahun lalu ini akhirnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.

6. Prof. Dr. Yahdiana Harahap, MS, Apt.

http://staff.ui.ac.id
http://staff.ui.ac.id

Prof. Yahdiana Harahap ditetapkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Farmasi pada tahun 2010. Menyelesaikan pendidikan strata satu pada Jurusan Farmasi Fakultas MIPA UI pada 1987 dan lulus sebagai apoteker tahun 1988. Selanjutnya, menempuh pendidikan S-2 dan S-3 di Departemen Farmasi FMIPA Institut Teknologi Bandung dan meraih gelar Master tahun 1994 serta gelar Doktor tahun 2003.

Karier akademiknya dimulai pada tahun 1991, saat memulai mengajar pada Jurusan Farmasi FMIPA UI. Pernah menjabat sebagai Koordinator Pusat Pelayanan dan Pengabdian pada Masyarakat Departemen Farmasi FMIPA UI (2002-2008), Penanggung Jawab Teknis dan Mutu Laboratorium BA-BE pada Departemen Farmasi FMIPA UI (2006-2008), Ketua Departemen Farmasi FMIPA UI (2008-2011), Pj Dekan Fakultas Farmasi UI (2011-2013), dan sekarang sebagai Kepala Laboratorium BA-BE Fakultas Farmasi UI sejak tahun 2008.
Selain aktif pada bidang pengajaran dan penelitian, juga aktif sebagai Tim Ahli di Badan Pengawas Obat dan Makanan sejak tahun 2008, Asesor Laboratorium KAN ISO 17025 sejak tahun 2010, anggota Dewan Pakar Ikatan Apoteker Indonesia, Saksi Ahli di Badan Narkotika Nasional, reviewer pada beberapa jurnal internasional, sebagai Vice President pada Asian Federation of Pharmaceutical Science, dan sebagai Ketua Divisi Farmasi di Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes).

7. Ir. Penny Kusumastuti, MCP, Ph.D

www.grasindo.id

Jabatan : Direktur Sistem dan Pelaporan Evaluasi Kinerja Pembangunan, BAPPENAS

Pekerjaan 2 Tahun Terakhir:

1. PNS di Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS
2. Pendiri dan Dewan Pembina Indonesia Water Institut Lembaga Kajian Air, Sumber Daya Air dan Lingkungan di Indonesia

Penny Kusumastuti Lukito. Menikah dengan Firdaus Ali Ph.D dan dikarunia 4 orang putra-putri.  Tinggal di Jakarta. Latar belakang pendidikan  adalah  S-1 dari  Jurusan Teknik Lingkungan-ITB pada tahun 1988; program Master in City Planning (MCP)  dalam bidang Perencanaan dan Kebijakan Lingkungan (Environmental Policy and Planning) dari Department of Urban Studies and Planning, di Massachusetts Institute of Technologi (MIT) Cambridge-Massachusetss, Amerika Serikat pada tahun 1994; dan Program Ph.D  dengan major bidang Teknik Lingkungan di Departement Civil and Environamental Engineering dan minor pada City and Regional Planning, University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat pada tahun 2000.

Karier dan pengabdian sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS semenjak tahun 1990. Pernah menduduki berbagai jabatan struktural pernah dipegangnya sampai dengan terakhir pada jabatan Eselon II di  Direktorat Sistem dan Pelaporan Evaluasi Kinerja Pembangunan (2011). Semenjak 2011 saya ditugaskan sebagai senior development policy adviser pada Tim Analisa Kebijakan di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dengan jabatan fungsional Perencana Utama.

Siapakah jagoan bidhuaners untuk menjadi Kepala Badan POM meneruskan Roy Sparringa saat ini? yuk ikut polling dibawah ini

Baca juga :