Jutaan Keping Obat Keras Carnophen Diamankan Polisi dari Apotek Ceria

0
4134
zenith

Jutaan Keping Obat Keras Carnophen Diamankan Polisi dari Apotek Ceria. Apotek-apotek seperti ini meresahkan masyarakat terutama terhadap branding image apotek untuk praktek profesi Apoteker. Tentunya hanya oknum sebagian orang yang membuat Apotek disalahgunakan menjadi sumber penyuplai obat-obat yang banyak disalah gunakan.

Jutaan keping obat daftar G diamankan oleh jajaran Polres Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis (10/32016), selain obat daftar G juga diamankan obat jamu dan alat bantu seks berupa sextoy dikutip dari tribunnews.com.

Diamankannya jutaan obat yang diduga tak memiliki izin ini bermula dari penggerebekan yang dilaksanakan Polres HSU, di Apotek Ceria Sehat di jalan Abdul Gani Majedi, Kelurahan Paliwara Amuntai.

Di lokasi yang sama juga ditemukan lima gudang yang diduga sebagai tempat penyimpanan obat tersebut.

Berdasarkan pantauan lokasi kelima gudang plus satu apotik sudah dipasangi garis polisi.
Dari situ puluhan kotak kardus yang diduga berisikan jutaan obat zenit langsung diamankan dan diangkut menggunakan mobil polisi.

“Alhamdulillah penggerebekan Apotek Ceria dengan hasil luar biasa. Berapa jiwa anak-anak di daearah ini terselamatkan mentalnya,” kata Kapolres HSU AKBP Abrianto Pardede SIK SH, kemarin dikutip dari kalsel.prokal.co.

Dari situs resmi Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banjarmasin yang ditulis oleh Meilina Yuhanitha Dewi, A.Md. KL. Zenith atau Carnophen mengandung carisoprodol  yaitu relaksan otot untuk menangani nyeri otot yang akut. Metabolit dari carisoprodol yaitu Meprobamate merupakan depresan sistem saraf pusat dan digunakan untuk menangani gejala gangguan cemas. Sebaliknya jika dikonsumsi berlebihan dalam dosis tertentu bisa menimbulkan efek yang kata orang sekarang dikenal dengan Fly atau mabuk. Obat inilah yang saat ini sering disalahgunakan karena adanya efek sedatifhipnotiknya.

Maraknya kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang khususnya carnophen ini bukan hanya pada orang dewasa saja bahkan anak yang belum cukup umur juga sudah mengenal dan mengkonsumsinya. Dampak yang ditimbulkan akibat enggunaan carnophen ini dapat membarikan efek ketergantungan yang tinggi bagi si pemakai. pemakai menganggap menggunakan carnophen  merupakan suatu kebutuhan untuk pengahngat badan dan menambah stamina (Dopping).

Maka tak jarang beberapa orang pekerja keras menggunakannya, Misalnya saja seperti kuli bangunan, anak jalanan, pekerja tambang yang notabene mereka butuh tenaga ekstra. Sehingga digunakannya untuk keperluan sehari-hari dalam melakukan aktivitasnya ketika sedang bekerja.

Faktor penyebab tingginya penyalahgunaan carnophen salah satunya adalah kemudahan dalam mendapatkan barang tersebut dan dapat membelinya dengan harga yang terjangkau. Namun banyak yang belum mengetahui apa bahaya mengkonsumsi carnophen sebenarnya.

Potensi terburuk mengkonsumsi zenith atau carnophen dalam jumlah berlebihan dapat mengakibatkan kematian. Sedangkan dalam jangka panjang, over dosis konsumsi obat kimia tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan kerusakan hati. Inilah yang seharusnya diketahui oleh seluruh masyarakat, sehingga tidak ada lagi penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang

SHARE