Miris! Indonesia Sebagai Negara Kedua Pencemar Plastik Terbesar di Dunia

0
592

Miris! Indonesia Sebagai Negara Kedua Pencemar Plastik Terbesar di Dunia. Di Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada hari ini (21/2), mari sedikit melihat data dan fakta mengenai prestasi negatif Indonesia di kancah Internasional.

Para ilmuwan kelautan telah lama mengetahui bahwa polusi plastik di laut adalah sebuah ancaman dan masalah besar seperti dilansir majalah MotherJones pada tahun 2015. Tanda yang paling terlihat adalah dari akumulasi limbah yang mengambang di laut.

Disebutkan bahwa pulau buatan dari sampah plastik yang ada di lautan pacific luasnya sudah mencapai kira-kira 2 kali negara bagian Texas, Amerika Serikat, dan terlihat dari luar angkasa.

Grafik di bawah ini menggambarkan pelanggar terburuk, dalam hal total pencemaran plastik di laut pada tahun 2010. China sebagai penghasil sampah plastik terbesar disusul negara tercinta Indonesia. Tentunya akumalasi sampah plastik ini berasal dari muara-muara sungai dari penduduk Indonesia.

data statistik plastik

Parahnya, hal ini diprediksikan akan terus memburuk di tahun 2025 seperti tergambar di grafik dibawah ini.

sampah plastik

Grafik di diatas menunjukkan negara-negara peringkat tertinggi dalam hal total sampah plastik salah urus (dengan kata lain, tidak semua plastik ini tentu berliku di laut). China masih sangat banyak dalam memimpin, diikuti oleh Indonesia.

Apakah masih bangga dengan prestasi ini? di hari Peduli Sampah Nasional ini bidhuaners harus memulai dari diri sendiri, keluarga, teman, masyarakat, sampai seluruh warga di tanah air untuk sadar akan buruknya pencemaran plastik ini.

SHARE