Selain Valentine, 14 Februari adalah Hari Pemberontakan PETA

0
552
peta

Selain Valentine, 14 Februari adalah Hari Pemberontakan PETA. Generasi muda bangsa saat ini selalu dihebohkan dengan adanya perayaan hari kasih sayang setiap tanggal 14 Februari.

Sedikit yang menyadari bahwa pada tanggal yang sama tepatnya pada tahun 1945, para pemuda yang tergabung dalam Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) berjuang dalam sebuah misi pemberontakan yang dipimpin oleh pahwalan Tentara Nasional Indonesia,Shodancho Supriyadi.

Tepat tanggal 14 Februari 1945 dini hari pukul 03.00 WIB, pasukan PETA pimpinan Shodancho Supriyadi menembakkan mortir ke Hotel Sakura yang menjadi kediaman para perwira militer Kekaisaran Jepang. Markas Kempetai juga ditembaki senapan mesin. Akan tetapi ternyata kedua bangunan tersebut sudah dikosongkan, karena pihak Jepang telah mencium rencana aksi pemberontakan PETA. Dalam aksi yang lain, salah seorang bhudancho (bintara) PETA merobek poster bertuliskan “Indonesia Akan Merdeka” dan menggantinya dengan tulisan “Indonesia Sudah Merdeka!” kutipan dari galamedianews.com

Netizen pun mulai berkoar di timeline media sosial, seperti berikut ini

@LastWota 13/02/2016 19:14:28 WIB Kalian terlalu sibuk dengan hari valentine,hinggA kalian lupa besok adalah hari peringatan pembela tanah air(peta)
@LastWota :
Kalian terlalu sibuk dengan hari valentine,hinggA kalian lupa besok adalah hari peringatan pembela tanah air(peta)
@LAPOR1708 14/02/2016 09:02:04 WIB LAPOR! mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam rangka Hari Peringatan PETA.
@LAPOR1708:
LAPOR! mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam rangka Hari Peringatan PETA.
@himitpens 14/02/2016 02:04:04 WIB Selamat Hari Peringatan Pembela Tanah Air (PETA) !!! Berjuanglah para Generasi Muda Indonesia!
@himitpens:
Selamat Hari Peringatan Pembela Tanah Air (PETA) !!!
Berjuanglah para Generasi Muda Indonesia!

@nandakallista
Suka sedih bca TT di Twitter, isinya cuma Rina,Saipul Jamil,Anak jalanan,D’academy dll😥 . Mereka lupa kalau hr ini peringatan PETA 😓😶😑

Namun lucunya adapula yang menyindir bagi para Jomblo mania seperti tweeps berikut ini

@endikabuana
Karena 14 Februari adalah hari peringatan pembela tanah air (PETA) bukan hari kasih sayang mblooo :(

@_Firdaaa
Tenang aja mblo tgl 14 itu bkn hari valentine doang. Tgl 14 itu jg hari “peringatan pemberontakan PETA” jadi gausah sedih ya mblo

Buat bidhuaners yang jomblo, pesan terakhir dari para jomblowan dan jomblowati diatas bisa membuat hati lebih riang gembira bukan :)

SHARE