Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Tidak Cengeng?

0
471
cara mendidik anak agar tidak cengeng
Ilustrasi cara mendidik anak agar tidak cengeng

Bidhuan.com – Tahukah kamu ayah dan bunda, sebenarnya mendidik anak agar tidak cengeng itu gampang-gampang susah. Tahu ga Kenapa? karena anak yang cengeng ini biasanya memiliki sifat yang sensitif yang dapat membuatnya jadi mudah menangis. Dan yang paling menyebalkan ketika keinginannya tidak dipenuhi, biasanya anak tersebut akan langsung menangis. Sebab, menangis adalah jurus Andalan yang dimiliki oleh seorang anak yang cengeng. Nah, kira-kira apa ya yang bisa menghilangkan kebiasaan cengeng anak tersebut? Penasaran apa saja itu ? Yuk simak ulasan informasinya dibawah ini!

Ini cara mendidik anak agar tidak cengeng        

  1. Tunjukkan Rasa Empati

Menunjukkan empati merupakan salah satu cara yang dapat orang tua lakukan untuk mendidik anak agar tidak cengeng. Misalnya saja, jika si anak terjatuh dari sepeda, lalu ia menangis. Padahal mungkin tidak ada lukanya. Langkah pertama yang dapat Ayah dan Bunda terapkan yaitu menenangkannya terlebih dahulu agar tangisannya reda. Karena membiarkan anak yang sedang menangis sama halnya kamu mengabaikan perasaannya.

Namun yang perlu ditekankan disini bukan berarti harus dimanja, melainkan memberikan ia perhatian dan empati yang cukup. Dengan begitu anak tidak akan merasa diabaikan oleh orang tua. Selain itu juga jangan terlalu memanjakan anak karena malah bisa membuatnya cengeng.

2. Ungkapkan Fakta dan Bersikap Jujur

Tahukah kamu cara mendidik anak agar tidak cengeng adalah dengan mengungkapkan semua kenyataan yang terjadi dan bersikaplah jujur kepadanya. Contohnya pada anak yang berusia 5 tahun yang ingin mencoba menyelesaikan puzzle yang terdiri dari 100 keping bagian yang terpisah. Seringkali yang terjadi jika ia tidak bisa menyelesaikan kepingan puzzle dengan sempurna biasanya si anak akan menangis. Bahkan, tangisan tersebut bisa sampai berkepanjangan hingga yang melihatnya pun jadi tidak tega.

Supaya hal ini tidak terjadi Anda harus menjelaskan tingkat kesulitannya agar jika nanti ia tidak bisa menyempurnakan kepingan puzzle tersebut, si anak tidak akan menangis. Misalnya saja dengan memberi tahu terlebih dahulu. Bahwa ayah dan bunda nya sekalipun butuh waktu yang lama untuk menyelesaikan puzzle tersebut, sebab memang tidak mudah.

3. Berikan Bantuan untuk mengatasi masalahnya

Jika anak bunda mengalami masalah maka coba berikan bantuan padanya, sebab dengan memberikan bantuan tersebut adalah salah satu cara mendidik anak agar tidak cengeng. Tetapi jika dirasa anak sudah mampu jangan diberi bantuan biarkan ia menyelesaikan masalahnya sendiri agar lebih mandiri. Dengan begitu anak tidak menjadi cengeng lagi.

Selain itu juga anak akan memahami suatu pelajaran bahwa setiap manusia yang hidup akan mengalami masalah, namun dengan masalah yang berbeda.

Demikian ini sedikit ulasan informasi yang bisa kami berikan mengenai cara mendidik anak agar tidak cengeng kepada Ayah dan Bunda semuanya..