14 Manfaat Ajaib Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

0
224
Manfaat Bayam untuk Kesehatan
Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Bidhuan.com – Jika kamu termasuk pecinta film animasi Popeye tentu tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui bahwa sayur bayam mengandung zat besi tinggi dan baik dikonsumsi untuk kesehatan. Tapi, ternyata bayam tak cuma sekedar sayuran yang mengandung zat besi. Banyak manfaat lainnya yang perlu kamu tahu! Bahkan, banyak dari orang tua yang secara turun-temurun memberikan masakan bayam bagi anak-anaknya. Penasaran bukan?

Tanaman dengan nama ilmiah Amaranthus spp atau yang lebih dikenal dengan nama BAYAM merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan MANFAAT. Sebab bayam dipercaya mengandung beragam vitamin & mineral yang amat sangat berguna bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah kandungan nutrisi yg terdapat di dalam bayam :

  • Vitamin A
  • Zat besi
  • Vitamin K
  • Klorofil (antioksidan)
  • Asam Folat
  • Magnesium
  • Mangan
  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Kalsium

Tumbuhan bayam sendiri berasal dari Amerika tropis namun kini sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia karena mudahnya tanaman ini beradaptasi. Dari kandungan nutrisi diatas kita tahu bahwa Tumbuhan bayam tidak cuma mengandung sumber zat besi yang penting. Namun, Bayam masih banyak memiliki kandungan lainnya yang juga tak kalah penting yang dibutuhkan tubuh.

Dengan beragamnya kandungan nutri yang ada dalam Tanaman bayam, tentu saja membuat bayam menjadi begitu menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat itu?

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

1. Melawan sel kanker
Manfaat pertama dari sayur bayam ialah bayam bisa melawan sel kanker. Sebab, di dalam bayam terkandung vitamin A dan C, serat, asam folat dan 13 flavonoid yang bermanfaat memerangi sel kanker. Pada sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan pada bayam bisa menurunkan resiko terserang penyakit kanker sekitar 30% .Terutama pada kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat serta kanker perut. Luar biasa bukan?

2. Menutrisi Organ Mata
Salah satu kandungan yang ada dalam tanaman bayam ialah vitamin A. Dan sebagaimana kita tahu bahwa vitamin A sangat baik menutrisi organ mata.

3. Jantung menjadi lebih sehat
Gaya hidup tidak sehat bisa memicu penyakit jantung yang kemudian dapat membuat seseorang berpotensi besar terkena serangan jantung. Dengan rutin mengkonsumsi bayam tentu saja bisa membantu mencegah serangan jantung. Berbagai nutrisi yang ada pada bayam bisa membuat jantung lebih terjaga kesehatannya sepanjang waktu.

4. Membantu Menurunkan tekanan darah tinggi
Bayam mempunyai tingkat mineral yang seimbang dan sangat bermanfaat untuk penderita hipertensi. Folat yang ada di dalam bayam juga membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta melemaskan pembuluh darah yang dapat mempertahankan kelancaran sistem aliran darah.
5. Mencegah diabetes
Kandungan magnesium yang ditemukan di dalam bayam ternyata bisa membantu mencegah komplikasi yang terjadi sesudah diabetes. Dengan mengkonsumsi bayam secara rutin, tentu saja bisa membantu menstabilkan gula darah.

Buka Page 2 untuk Baca Manfaat Bayam Selanjutnya