Inovasi Teknologi Barcode dalam Dunia Kesehatan

0
571
Inovasi Teknologi Barcode Unique Device Identification (UDI)
Inovasi Teknologi Barcode Unique Device Identification (UDI)

Bidhuan.com – Kesehatan merupakan hal paling berharga dan tak ternilai yang dimiliki oleh setiap orang. Namun terkadang karena kelalaian dan pola hidup mereka sendiri yang salah maka banyak orang yang harus rela terbaring di ranjang rumah sakit atau harus dibantu berbagai alat kesehatan agar tetap bisa melakukan berbagai kegiatan dengan baik.

Kita tahu bahwa jumlah alat kesehatan sangatlah banyak dan tak jarang perangkat medis punya kesamaan tapi dengan fungsi dan keperluan yang berbeda. Bukan hanya itu saja, alat kesehatan juga harus benar-benar terhindar dari berbagai virus atau bakteri. Penggunaannya pun ada yang hanya boleh dipakai satu kali, kalaupun bisa beberapa kali itu juga harus pada orang yang sama jangan sampai tertukar. Masalah lain yang kerap muncul ialah ketika orang yang kurang tahu mengenai alat kesehatan tapi diharuskan mencarinya sendiri. Pasti akan mengalami kesulitan untuk bisa menemukan barang yang dicari dengan cepat bukan?

Teknologi Barcode pada Alat medis kesehatan
Teknologi Barcode pada Alat medis kesehatan

Maka dari itu, US Food and Drug Administration (US FDA) mencoba menggunakan teknologi yang ada untuk mempermudah kita menemukan berbagai alat kesehatan yang diperlukan. Yaitu dengan menggunakan bantuan Unique Device Identification (UDI) atau yang kini lebih dikenal dengan Barcode.

Penggunaan Barcode berawal dari berbagai pengalaman tentang sulitnya orang-orang atau bahkan tenaga medis untuk menemukan perangkat medis dengan baik dan akurat. Sebab seperti dijelaskan sebelumnya bahwa jumlah alat medis sangatlah banyak dengan model serta versi yang berbeda-beda. Dengan adanya teknologi ini tentu diharapkan nantinya perangkat medis yang akan dicari lebih cepat didapat dan diterima dengan benar tanpa harus bolak-balik cek lagi. [Baca juga : Begini Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi di Masa Depan]

Sebagai contoh, ada seseorang yang mengalami kecelakaan dan memerlukan pin atau hip untuk lututnya. Dengan adanya teknologi barcode ini, kita akan lebih tenang sebab yakin dengan perangkat yang rumah sakit tawarkan dan berikan merupakan perangkat yang tepat dan sesuai catatan medis yang ada. Dalam mendapatkan perangkat nya pun kita tak perlu membutuhkan waktu lama dan kalaupun di area terdekat ternyata tidak berhasil menemukan kita bisa dengan mudah memesannya menggunakan barcode itu.

Manfaat lain yang bisa didapat antara lain adalah dengan barcode tersebut ialah bisa membantu membedakan produk yang asli dan yang palsu. Selain itu, pihak rumah sakit pun akan dengan mudah mengecek stok perangkat medis yang ada agar terhidar dari alat-alat yang kadang sudah lewat masa tenggang.

Salah satu perusahan alat kesehatan terkenal yang sudah mulai menerapkan penggunaan Barcode ini adalah “Johnson and Johnson”. Direktur Program dari Johnson and Johnson juga menambahkan bahwa barcode merupakan teknologi yang pada dasarnya sudah ada sejak lama dan pastinya akan sangat membantu. Sebab dengan menggunakan Barcode pencarian atau pengidentifikasian produk bisa lebih cepat dan informasi yang didapat pun akan lebih detail. Semua hal itu bisa dilakukan cukup dengan menggeseknya pada alat scanner.