Terlalu Sering Tidur jadi Tanda Timbulnya Masalah Mental

0
437
Stress akibat terlalu banyak tidur
Stress akibat terlalu banyak tidur

Bidhuan.Com – Tidur merupakan kebiasaan rutin yang dilakukan oleh setiap orang. Aktivitas tidur penting untuk kesehatan kita setelah beraktivitas seharian. Bahkan, kurang tidur kerap kali menimbulkan berbagai masalah. Sehingga memang pada dasarnya penting untuk kita tidur secara cukup.

Para Ahli berpendapat, tidur yang cukup ialah berkisar sekitar 7 – 9 Jam. Meski ada juga beberapa ahli yang mengatakan tidur selama 6 – 7 jam dalam sehari juga termasuk cukup. Dengan tidur dalam waktu yang cukup, tubuh akan beristirahat secara optimal sehingga kita akan nampak bugar dalam beraktivitas keesokan harinya. [Baca : Hahaha Gara-gara Ketiduran di Mall, Meme Foto Ibu Ini Terkenal Sedunia]

Namun, Bidhuaners tahukah kamu kalau tidur secara berlebihan itu juga tidak baik?

Seorang Direktur Klinis The Sleep School dan Pakar Insomnia dari London Bernama Dr.Guy Meadows menyatakan bahwa tidur yang terlalu lama merupakan sebuah indikasi dari timbulnya masalah mental, yaitu Depresi. Selain itu, orang yang tidur terlalu lama biasanya juga punya gejala mudah cemas.

Dalam sebuh penelitian, didapatkan hasil bahwa tidur selama 10 jam yang dilakukan orang dewasa waktu malam biasanya orang tersebut mengalami kondisi dimana kesehatan mentalnya buruk di beberapa bulan terakhir.

Pakar tidur lainnya yakni Dr. Robert Rosenberg menyatakan bahwa orang yang tidur terlalu lama juga dapat dipengaruhi oleh keadaan perilaku dan lingkungan di sekitarnya. Sakit kepala juga bisa berkaitan dengan waktu tidur yang terlalu lama.

Maka itu, Dr. Rosenberg memberikan beberapa saran agar kita terhindar dari tidur yang terlalu lama. Yang pertama ialah jangan tidur terlalu lama saat akhir pekan agar ritme sirkadian tubuh tetap normal. Yang kedua ialah, jika kamu ingin tidur siang lakukan jangan lebih dari 4 jam. Sebab, jika tidur siang dilakukan terlalu lama akan membuat kamu sulit tidur waktu malam.

Yang ketiga ialah, selalu tentukan waktu untuk bangun pagi dengan alarm. Agar kita terbiasa bangun tidur dengan disiplin sesuai waktu yang telah ditentukan. Tetap bangun pada waktu yang sama saat akhir pekan agar tubuh kita menjadi terbiasa.

Karena penyebab tidur yang terlalu lama sebagaimana dikatakan sebelumnya adalah akibat dari rasa cemas dan stress berlebihan yang kita rasakan. Maka coba cari cara untuk menghilangkannya. Misalnya dengan pergi berlibur ketempat yang kamu sukai. Namun jangan lupa, selain dengan tidur yang cukup dan tidak berlebihan, juga rajinlah berolahraga dan makan-makanan yang menyehatkan

SHARE